7 Trik Membuat Kamar Terlihat Luas dengan Karpet

Apakah kamu ingin memberikan kesan hangat pada kamar tidur? Maka, karpet adalah jawabannya. Sebenarnya ada banyak fungsi karpet pada kamar tidur, mulai dari melapisi ubin, menghangatkan suhu ketika diinjak, tempat lesehan saat bersantai, hingga meminimalisir pecahan atau kerusakan jika ada benda yang jatuh dari atas meja. Namun, tentu memilih karpet tidak hanya dilihat dari sisi kegunaan saja tetapi juga dari segi estetika. Memilih karpet yang cantik dan berkualitas pastinya akan menambah keindahan dan kenyamanan ruangan.

Tahukah kamu jika ternyata karpet dapat kamu gunakan untuk menyiasati kamar tidur yang terlihat sempit hingga terkesan lebih luas? Yap, untuk kamu yang saat ini tinggal di apartemen atau daerah perkotaan, memiliki lahan luas dan lapang dapat menjadi sesuatu yang langka dan mahal. Kamu nggak usah khawatir karena hanya dengan mengikuti beberapa trik tertentu, kamu bisa mengubah kamar yang sempit menjadi tampak luas hanya dengan karpet. Gimana caranya? Yuk, simak cara membuat kamar sempit terlihat luas dengan karpet berikut ini.

1. Pilih karpet dengan motif yang besar untuk menciptakan kesan luas

 

Sumber: pinterest.com

Memilih karpet untuk kamar yang berukuran terbatas tidak harus selalu polos, lho. Kamu bisa juga bereksperimen dengan karpet bermotif. Nah, untuk memberikan ilusi ruangan kamar yang lebih luas pilihlah karpet dengan bentuk pola besar. Karpet dengan motif yang terlalu detail dan kecil biasanya justru akan membuat ruangan terasa lebih penuh dan sempit. Namun, kamu jangan juga jadi membatasi diri untuk berkreasi hanya karena anggapan ini ya. Pemilihan pola karpet juga harus kembali bergantung pada furniture seperti apa yang kamu pilih serta faktor pendukung lainnya, seperti gorden, cermin, motif sprei, atau jendela.

2. Seimbangkan ukuran karpet dengan ruangan

 

Sumber: home-designing.com

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat akan memilih karpet untuk kamar adalah perbandingan ukuran karpet dan ruangan. Jangan sampai karpet pilihanmu justru membuat kamar terlihat sempit dan tampak sesak. Panduan mudahnya, karpet sebaiknya tidak menutupi lebih dari 50% luas alas ruangan. Namun jangan juga terlalu kecil hingga tampak terpisah sendiri sebagai salah satu unsur ruangan. Karpet yang terlalu kecil akan membuat ruangan terlihat kurang seimbang.

Artikel Lainnya: Tips Memilih Karpet Lantai untuk Ruangan Minimalis

3. Cocokkan dengan tema ruangan

 

Sumber: rememberingfallenjs.com

Selanjutnya, kamu perlu memerhatikan terlebih dulu apa tema dari kamar. Jangan sampai kehadiran karpet justru mendistraksi dekorasi ruangan yang sudah ada. Untuk kamar yang sempit, sebaiknya kamu tidak menerapkan tema yang terlalu ramai seperti gaya bohemian. Jika kamu sudah mempunyai beberapa furniture yang berwarna, pilihlah karpet dengan warna natural dan polos supaya ruangan lebih netral.

4. Permainan corak dan warna karpet

 

Sumber: deavita.net

Permainan corak dan warna karpet akan membantu kamu membuat ruangan kamar terlihat lebih lapang. Warna-warna yang lembut seperti putih, krem, dan warna-warna muda dapat kamu pilih untuk memberikan kesan yang lebih terang sekaligus luas pada ruangan. Jangan lupa untuk menyesuaikan juga dengan pencahayaan yang ada pada kamar. Jika pencahayaan sudah cukup terang, pilihlah karpet yang berwarna hangat. Kamu juga dapat memadukan beberapa warna karpet dalam satu ruangan kamar, tetapi perlu diingat untuk tetap menyesuaikannya dengan warna furniture-furniture yang ada. Hindari memilih motif dengan ukuran besar atau terlalu rumit. Pilihlah karpet bercorak garis-garis yang dapat membuat ruangan terlihat lebih panjang.

5. Perhatikan tekstur karpet sebelum membeli

 

Sumber: hative.com

Biasanya kebanyakan orang akan lebih sibuk dengan memilih ukuran maupun warna, hingga mengabaikan tekstur karpet. Padahal tekstur juga akan menjadi penentu dari tampilan interior kamar secara keseluruhan. Nah, untuk kamu yang selalu up-to-date terhadap tren terkini, maka karpet bulu-bulu fluffy seperti pada gambar di atas pasti sudah menjadi salah satu item incaran kamu kan? Tekstur seperti ini memang tidak hanya akan terlihat lucu saat dipandang, tetapi juga dapat menghidupkan kesan hangat sekaligus memberikan sentuhan mewah pada kamar.

Artikel Lainnya: Karpet Bulu, Tips Memilih dan Cara Perawatannya

6. Atur posisi furniture

 

Sumber: poserpedia.com

Setelah kamu memutuskan ukuran dan bahan karpet yang sesuai, selanjutnya adalah mengatur posisi furniture di atas karpet. Agar kamar terlihat lebih luas, kamu dapat meletakkan semua kaki furniture menginjak karpet. Cara ini cocok jika seluruh ruangan terlapisi karpet atau karpet hanya digunakan untuk furniture spesifik, seperti misalnya meja rias.

Untuk desain ruangan kamar yang terlihat lebih mengalir saat menggunakan beberapa karpet dalam satu ruang, kamu harus memastikan gaya dan corak karpet cocok atau senada antara yang satu dengan yang lainnya. Selain mencegah ruangan tampak terpisah-pisah, hal ini juga akan membuat pengaturan furniture menjadi lebih mudah dan fleksibel.

7. Pilih karpet yang aman bagi kesehatan

 

Sumber: dma-upd.org

Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan karena selain kasur, karpet adalah benda yang paling sering diduduki bahkan ditiduri. Karpet di dalam kamar seringkali menjadi area santai untuk menonton tv, mengerjakan tugas atau bekerja, hingga menjadi area bermain anak untuk kamu yang sudah berkeluarga. Karpet yang mudah menyerap banyak debu pastinya akan membuat ruangan terasa pengap, terutama jika terhirup. Pasti akan mengganggu kualitas tidur juga kan? Maka, walaupun bahan organik seperti wol dan rami dianggap lebih sehat untuk digunakan, jangan lupa untuk selalu rajin membersihkannya agar kotoran tidak terperangkap. Perhatikan juga bahan pewarna karpet, karena pewarna kimia yang tidak aman bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

Artikel Lainnya: 9 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terasa lebih Luas

Siapa yang menyangka hanya dengan mengaplikasikan cara sederhana seperti menambahkan karpet yang tepat akan membuatnya terlihat lebih lega dan nyaman. Semoga tips di atas bermanfaat untuk kamu ya. So, selamat mencoba!

Masih banyak loh tips dan trik lainnya yang bisa membantu membuat ruangan mu jadi semakin luas, semua hanya di Furniterus :).