8 Desain Rumah Minimalis ini Masih jadi Tren di 2018, lho!

Salah satu hasil survey paling mengejutkan di akhir tahun 2017 adalah bahwa tren desain rumah minimalis tahun 2018 menurun sebanyak 3%. Para desainer juga mulai mencari inspirasi interior lain yang bisa digunakan untuk mengikuti tren.

Tahun 2018 ini, kenyamanan ruangan merupakan faktor yang lebih diutamakan customer dibandingkan dengan gaya yang cool dan teratur. Banyak orang cenderung lebih memilih ruangan yang bisa memberikan mereka suasana yang aman dan rumahan.

Sumber: elabrazo.info

Walaupun begitu, bukan berarti desain rumah minimalis hilang sepenuhnya dari dunia desain interior. Gaya yang praktis, rapi dan elegan menjadikan desain rumah yang satu ini tetap menjadi pilihan banyak orang, sehingga sampai sekarang masih sering ditemui.

Kalau kamu salah satu penyuka desain rumah minimalis dan baru mau mulai mengaplikasikannya, yuk simak 8 inspirasi dari kami berikut ini!

1. Palet warna monokrom

Sumber: interiordesign.net

Meskipun dunia interior sedang tren dengan gaya maksimalis, bukan berarti warna-warna kalem yang ada tersedia di pasaran jadi pasaran. Desain rumah minimalis tidak hilang sepenuhnya. Bahkan desain dengan gaya ini semakin kuat dengan palet warna monokrom yang gradasi warnanya berasal dari warna yang sama.

Desain rumah minimalis dengan palet warna monokrom ini menjadi pilihan yang tepat kalau kamu ingin mengikuti tren tetapi di sisi lain, tidak mainstream. Palet warna monokrom juga membuat desain rumah minimalis memiliki kesan teratur dan sophisticated pada saat yang bersamaan.

2. Warna netral, selalu menjadi tren

Sumber: photoframesandart via Instagram

Tetapi, warna netral apa yang masih menjadi tren untuk desain rumah minimalis tahun ini? Para ahli desain interior sepakat bahwa tahun ini warna-warna netral dengan corak earthy-lah yang menjadi highlight. Warna sage, misalnya. Jenis warna hijau kalem dengan undertone abu-abu ini bisa menjadi pilihan bagi desain rumah minimalis yang ingin menampilkan kesan hangat dan ramah.

Dilihat sekilas, warna ini memang cenderung bold. Akan tetapi, jika dipadukan dengan palet warna krem, warna hijau sage akan tampak lebih kalem dan homey. Warna netral lain yang bisa diaplikasikan untuk desain rumah minimalis adalah warna mustard muda, jade, dan olive.

3. Dekorasi dari pertengahan abad ke-20

Sumber: thanhlyvanphong.com.vn

Meski periodenya sudah berlalu, ciri khas pertengahan abad ke-20 masih cukup sering ditemui di bermacam-macam desain interior, termasuk desain rumah minimalis. Hingga saat ini saja, masih banyak yang bisa dijadikan eksperimen dari masa tersebut.

Motif abstrak dan geometri dengan warna monokrom, ditambah dengan aksen indigo, terracotta atau kuning, memberikan kesan retro pada desain rumah minimalis. Sedikit sentuhan retro inilah yang merupakan kombinasi antara desain minimalis dengan tren warna-warna terang 2018.

4. Tekstur berbeda, corak warna serupa

Sumber: sisalla.com.au

Desain rumah minimalis dengan warna-warna netral seringkali cenderung terkesan dingin dan membosankan. Namun, ada trik yang bisa kamu lakukan untuk menghindari ini: bermain dengan tekstur. Buat desain rumah minimalis jadi lebih hangat dengan throw blanket rajut di atas sofa, karpet di atas meja kopi, atau beberapa dekorasi dinding yang permukaannya berkilau. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan rak dinding kayu berwarna coklat terang. Untuk yang satu ini, pastikan serat kayunya masih terlihat jelas, ya.

Pada prinsipnya, desain rumah minimalis memang berarti membuat ruangan selapang mungkin, dengan kombinasi warna yang sesedikit mungkin. Tetapi, bukan berarti kamu jadi terbatas untuk menambahkan sentuhan personal.

Artikel Lainnya: 5 Tren Cat Rumah Minimalis untuk Semua Ukuran Ruang

Saat mengombinasikan tekstur dan material permukaan desain rumah minimalis, pastikan bahwa hanya ada satu warna dasar di ruangan tersebut. Jangan pula gunakan lebih dari 3 tekstur untuk ruangan yang sama, apalagi jika ruangan tersebut relatif kecil.

5. Tempat penyimpanan stylish, investasi berbagai gaya ruangan

Sumber: interieurplus.be

Desain rumah minimalis identik dengan adanya tempat penyimpanan atau rak tertutup. Hal ini bertujuan untuk membuat berbagai macam barang yang sebenarnya berantakan tertutup oleh tampilan luar yang mengesankan. Bagi kamu penyuka gaya minimalis tetapi juga memiliki sisi maksimalis, ini tentu menjadi solusi yang tepat. Kamu tidak perlu menghilangkan jiwa kolektormu hanya untuk mengikuti desain rumah minimalis. Kamu hanya perlu mencari “jalan tengahnya”.

Tapi, tentu saja tidak semua tempat penyimpanan bisa cocok dengan desain rumah minimalis. Meskipun tempat penyimpanan polos merupakan pilihan yang aman untuk desain rumah yang satu ini, para desainer interior merekomendasikan untuk memilih tempat penyimpanan yang lebih stylish. Selain menghindari kemonotonan dan menambah karakteristik ruangan, tempat penyimpanan seperti ini juga lebih mudah beradaptasi dengan desain rumah lain, seperti gaya maksimalis.

6. Furniture metalik yang simpel

Sumber: weinda.com

Furniture dengan aksen metalik merupakan salah satu rekomendasi untuk menampilkan desain rumah minimalis. Bentuk yang geometris, rapi dan simpel memberikan nuansa modern pada ruangan. Beruntung, tren yang satu ini tidak hilang seiring bergantinya tahun.

Furniture metal menciptakan tampilan menarik, apalagi jika dipadukan dengan kayu—kesan elegan pada desain rumah minimalis. Akan tetapi, ada yang berbeda dengan tren furniture metalik tahun ini. Warna metalik yang menjadi tren bukan lagi kuning atau pink keemasan, melainkan warna-warna metal alami. Mulai dari silver, kuningan hingga nikel, warna-warna tersebut akan menambah elemen alam di desain rumah alami.

7. Tampilan sleek dan modern

Sumber: homedit.com

Dari bermacam-macam tipe desain rumah minimalis, tipe sleek dan modern inilah yang masih menjadi tren di tahun 2018 ini. Di tengah gaya interior yang mengutamakan kenyamanan dan menerima sedikit clutter, desain rumah minimalis yang satu ini memberikan referensi bagi kamu yang menyukai ruangan yang lebih teratur.

Kalau kamu benar-benar ingin mendapatkan nuansa dan tampilan desain rumah minimalis secara keseluruhan, kamu perlu memperhatikan lagi barang-barang yang memenuhi ruanganmu.

Pisahkan barang-barang tersebut berdasarkan keperluannya. Tidak perlu sama sekali berarti disumbangkan atau dijual secondhand. Yang sangat jarang digunakan bisa disimpan di gudang. Yang esensial, sering digunakan tetapi memakan banyak tempat, bisa disimpan di rak yang mudah diambil. Jika konsisten dengan proses ini setiap beberapa bulan sekali, rumahmu juga akan tampak lebih fresh.

8. Ruang terbuka

Sumber: ofdesain.net

Desain rumah minimalis pada dasarnya memang memiliki konsep yang airy, yang biasanya ditandai dengan tidak adanya sekat antar ruangan. Selain membuat rumah lebih lega dan rapi, desain ini juga bisa kok, menjadikan rumahmu lebih nyaman. Karena itulah desain rumah minimalis yang satu ini masih banyak digunakan tahun ini. Ketika konsep interior yang mengedepankan coziness banyak dicari belakangan ini, gaya minimalis yang sudah menjadi tren dari beberapa tahun terakhir.

Ruangan yang airy membuat penghuninya lebih mudah untuk istirahat dan menikmati waktu untuk bersantai. Ruangan yang nyaman dan estetis menciptakan suasana yang charming pada desain rumah minimalis milikmu.

Artikel Lainnya: 7 Tips Desain Interior Rumah Minimalis yang Tak Lekang oleh Waktu

Dari 8 desain rumah minimalis di atas, adakah yang ingin segera kamu gunakan?

Jangan khawatir akan ketinggalan zaman kalau kamu menyukai desain rumah minimalis. Banyaknya sisi yang bisa dieksplor menjadikannya mampu mengikuti berbagai tren baru di interior. Jadi, kamu juga bisa mengikuti desain yang kamu sukai tanpa harus ketinggalan tren.

Selain desain rumah minimalis, Furniterus juga punya banyak inspirasi desain lain, khususnya yang sesuai dengan rumah dengan ruang terbatas. Agar tidak ketinggalan inspirasi, tren serta tips dan trik lainnya, jangan lupa intip artikel kami yang lain, ya!

Artikel Lainnya

7 Ide Memilih Plafon Kamar untuk Tidur Lebih Nyenyak

6 Cara Merawat Wallpaper agar Kecantikannya Tetap Terjaga

Hindari 7 Kesalahan Dekorasi Rumah Ini Kalau Nggak Mau Menyesal

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Kekinian yang Pas untuk Rumah Mungil

5 Ide Lemari Dapur Minimalis yang Praktis nan Unik

Kenapa Harus Menciptakan Kesan Luas di Apartemen Impianmu?

8 Model Dapur Minimalis yang Estetis dan Memikat Hati

5 Model Rak Piring Gantung Untuk Dapur Lebih Rapih dan Bersih

10 Inspirasi Model Rak Piring Cantik untuk Kitchen Set Minimalis

Sebelum Memasang, Ketahui Plus Minus Lantai Parket

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !