Tren Desain Interior 2020 untuk Rumah Kaum Urban yang Dinamis

Furniterus - v style="height:20px" aria-hidden="true" class="wp-block-spacer">

Tren desain interior 2020 diharapkan dapat beriringan dengan dinamisnya kehidupan kaum urban terutama di perkotaan. Kesibukan pekerjaan dan kehidupan kota yang dinamis dengan intensitas kegiatan yang tinggi, gaya hidup, dan keterbatasan lahan, perlu diimbangi dengan desain interior yang fungsional.

Cat Rumah 2020
Ruang Open Plan Tren Desain Interior 2020 (Sumber: loveproperty.com)

Tuntutan kenyamanan dan dinamisasi ruang fungsional melahirkan tren desain yang modern, multifungsi, simple, dan inovatif.

Seperti apa desain interior yang tren di tahun 2020? Mari kita intip desainnya!

1. Tren Desain Interior Retro dengan Motif Abstrak

Karya seni abstrak kembali menginspirasi tren desain interior tahun ini. Motif abstrak dengan permainan pola geometris, bentuk sketsa, doodle, dan color block yang playful, menciptakan interior yang menyenangkan, ceria, dan bebas berekspresi.

Tren Desain Interior 2020
Tren Desain Interior 2020 Motif Abstrak (Sumber: decoomo.com)

Sifat abstrak yang memberi kebebasan berinovasi menampilkan interior yang mencerminkan kepribadian dengan sebenar-benarnya, sehingga tercipta kenyamanan optimal.

2. Motif dan Permainan Bentuk Geometris Menghiasi Desain Interior 2020

Dominasi geometris pada perabotan, motif dinding, lantai, bahkan plafon menjadi pilihan desain interior yang pas untuk kaum urban yang identik dengan gaya hidup minimalis dinamis. Garis horizontal, vertikal, diagonal, dan lengkung dipadukan untuk menciptakan ruang fungsional yang nyaman dan tertata rapi.

Tren Desain Interior 2020
Tren Desain Interior 2020 untuk Dapur Minimalis Multifungsi (Sumber: home-designing.com)

Tatanan backsplash keramik membuat dinding dapur terlihat rapi dan bersih. Bahkan lebih rapi lagi dan seperti desain profesional jika ukuran keramik dan kitchen set dibuat dalam modul yang sama. Cat rumah 2020 diwakili blush pink yang terkesan hangat berpadu dengan ash abu-abu yang elegan menjadikan interior rumah semakin kekinian. Lampu downlight dari kitchen set membuat tampilan dapur semakin elegan.

3. Nuansa Tropis Menjadi Tren Interior

Himpitan hutan beton membuat kaum urban kangen keindahan dan keasrian alam. Tanaman pelengkap interior, terutama tanaman bernuansa tropis dengan daun yang unik berwarna hijau segar, dapat mengobati rasa rindu ini.

Tanaman Pelengkap Interior
Tanaman Pelengkap Interior untuk Interior 2020 (Sumber: thesill.com)

Aneka tanaman imitasi berkualitas baik dan menyerupai asli dapat diikutsertakan dalam estetika interior. Tapi, alangkah baiknya jika tanaman asli yang berada dalam rumah. Pilihlah tanaman yang mudah perawatannya dan dikenal sebagai penyedia oksigen dan antioksidan, seperti jenis Philodendron  dan Monstera. Tidak hanya asri dengan tampilan unik, rumah akan lebih sehat dengan kualitas udara yang lebih baik.

Artikel lainnya: Tanaman Hidroponik Menyiasati Lahan Sempit

4. Desain Interior Nordic Kian Tren di 2020

Perkembangan gaya skandinavia ini tetap mengusung gaya hidup minimalis yang mengutamakan optimalisasi fungsi dan kenyamanan. Kesederhanaan dan kebersahajaan tetap menjadi fokus utamanya, walau tidak seminimalis gaya skandinavia.   

Desain Interior Nordic
Desain Interior Nordic Kian Tren di 2020 (Sumber: behance.net)

Kenyamanan bentuk dan tekstur sofa, penataan perabotan dengan rak-rak yang tersusun rapi sebaris dengan dinding, menciptakan ruang dengan fungsionalitas yang maksimal dan aliran gerak yang nyaman. Warna abu-abu yang elegan dipadukan dengan permainan geometris yang unik pada karpet lantai. Keduanya memperkuat perwakilan warna dan bentuk yang sedang tren di tahun 2020. Artikel lainnya: Karpet Bulu, Tips Memilih dan Cara Perawatannya

5. Gaya Retro 1980-an Hadir Kembali di Tahun 2020

Keseruan desain 1980-an dengan detail yang mengkilap, warna cerah, permukaan holografik, dan hadirnya lampu neon, menjadi salah satu tren interior di tahun 2020.

Tren Desain Interior 2020
Gaya Retro dengan Dinding Bata yang Tren di Tahun 2020 (Sumber: cuded.com)

Gaya desain campuran klasik dan kontemporer semakin keren dengan finishing warna emas atau tembaga.

Wall covering dari gipsum atau wallpaper dan dinding ekspos bata menjadikan ruang semakin terasa hangat dan nyaman.

6. Ruang Open-Plan dengan Perabotan Multifungsi

Minimnya lahan hunian memaksa kaum urban tinggal dalam keterbatasan ruang. Berbagai inovasi desain termasuk konsep ruang terbuka dan aneka desain perabotan multifungsi diciptakan untuk membuat ruang mungil tetap nyaman maksimal.

Furniture Multifungsi
Perabotan Multifungsi Tren Interior 2020 (Sumber: interiorzine.com)

Menyiasati ruang agar berfungsi maksimal dilakukan dengan optimalisasi dinding vertikal dan area di bawah plafon sebagai area penyimpanan. Ruang mungil namun dapat menampung banyak kegiatan sambil mengutamakan fungsi dan kenyamanan ruang yang lega.

Tren Desain Interior 2020
Tren Desain Interior 2020 (Sumber: cuded.com)

Tren desain interior 2020 kembali fokus pada kenyamanan yang estetis dalam menghadirkan ruang fungsional untuk kaum urban yang dinamis. Berbagai inovasi desain dihadirkan untuk menyiasati mungilnya ruang sambil tetap menciptakan interior yang bisa membawa semangat baru setiap hari.

Nantikan artikel lainnya untuk mendapatkan berbagai ide desain yang sempurna untuk kenyamanan dan kualitas hidup yang lebih baik. Lihat juga koleksi desain interior, lemari pakaian, dan kitchen set Furniterus dan konsultasikan desain idaman yang bisa di-custom sesuai keinginan dan kebutuhan.

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

7 Desain Dapur Outdoor untuk Aktivitas Memasak Lebih Nyaman

10 Cara Buat Apartemen Terkesan Mewah Tanpa Dana Melimpah

Dekorasi Apartemen Terasa Membosankan? Ini Solusi Cerdiknya!

Ingin Anak Nyaman Bermain? Praktikan 5 Tips Interior Ruang Bermain Anak yang Children-Friendly

Mau Sewa Apartemen Pertama? Yuk, Perhatikan 10 Hal Penting ini!

7 Inspirasi Desain Partisi Ruangan Kreatif untuk Apartemen

Tips Agar Tinggal di Apartemen Bisa Lebih Hemat dan Berkualitas

Rumah Anti Rayap dengan 8 Cara Alami Ini

9 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terasa lebih Luas

7 Desain Kamar Mandi Minimalis yang Kekinian dan Menenangkan

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !