Ingin Sewa Apartemen? Simak Dulu Tipsnya!

Generasi milenial sering disebut sebagai generasi yang akan sulit mempunyai rumah karena harga properti dan tanah yang semakin mahal. Harga ini dianggap tidak sebanding dengan penghasilan para milenial. Salah satu solusi yang paling banyak diambil adalah dengan menyewa apartemen. Namun untuk mencari apartemen yang ideal merupakan tugas yang nggak gampang. Kamu harus menemukan yang pas di kantong sekaligus nyaman. Nah agar kamu nggak salah pilih ada beberapa hal nih yang perlu kamu perhatikan sebelum sewa apartemen.

1. Pilih lokasi yang paling tepat

Sumber: equityapartments.com

Demi memudahkan mobilisasi kamu sehari-hari, maka pilihlah lokasi apartemen yang tepat dan strategis. Survei dan lihat apakah apartemen pilihanmu dekat dengan kantor, sekolah, kampus, rumah sakit, dan lainnya. Kemudian pertimbangan juga kemudahan akses transportasinya, seperti dekat dengan jalan tol, jalur LRT atau MRT, KRL ataupun dilalui angkot dan bus umum.

2. Survei secara pribadi dan cek unit dengan seksama

Sumber: hattiesburgapartments.com

Survei langsung ke apartemen dan lingkungan sekitarnya tentu akan memberikan kamu penilaian yang lebih baik tentang apartemen. Jangan juga membatasi pencarian ke satu properti aja, kunjungi setidaknya dua pilihan, sehingga kamu memiliki perbandingan.

Kemudian cek unit apartemen yang akan disewa secara detail. Lihat kondisinya, mulai dari saluran air dan toilet apakah bisa digunakan dengan baik, periksa juga listrik, pendingin ruangan, lampu, dan sebagainya. Selain di dalam unit, kamu pun perlu mengecek area sekitarnya seperti lorong-lorong apartemen. Pastikan apakah pengelola menyediakan alat pemadam, tangga darurat, dan fasilitas lainnya.

3. Sesuaikan dengan budget

Sumber: storycountyso.com

Pikirkan penawaran apartemen dengan matang agar nantinya tidak ada kendala. Kemampuan budget tidak hanya semata-mata kamu sanggup membayar sewa bulanan atau tidak, tetapi juga biaya lainnya. Tanyakan fasilitas apa saja yang sudah termasuk dalam biaya sewa dan apa yang belum. Misalnya saja biaya internet, maintenance, kebersihan, atau asuransi sewa. Biaya-biaya ini penting masuk perhitungan karena merupakan biaya tambahan yang harus kamu siapkan setiap bulannya.

Perhitungan budget yang akurat penting untuk kamu lakukan. Jika tidak, kamu bisa saja menunggak banyak tagihan. So, sebelum pindah ke apartemen, buat rencana anggaran terlebih dahulu dan sesuaikan dengan budget yang kamu punya.

4. Ketahui apakah apartemen furnished/unfurnished

Sumber: rentals.ca

Setelah kamu cocok dengan unit yang ditawarkan, langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan interiornya terutama dalam hal furniture. Memilih apartemen yang sudah termasuk dengan furniture bisa menjadi pilihan ideal untuk kamu. Hal ini tentu saja akan menghemat pengeluaran kamu karena kamu tidak perlu repot-repot membeli furniture yang sesuai dengan luas dan desain apartemen. Manfaatkanlah furniture yang telah disediakan. Jika apartemen belum memiliki furniture, maka kamu perlu memperhitungkan kembali biaya untuk mengisi apartemen sesuai dengan kebutuhanmu.

5. Pertimbangkan keamanan

Sumber: protechsecurity.com

Sebelum kamu menyewa apartemen, salah satu pertimbangan paling penting adalah apa saja fasilitas keamanan yang disediakan. Apakah ada CCTV dan penjaga keamanan yang bertugas 24 jam? Atau apakah penghuni mendapatkan kartu akses pribadi, dan lain sebagainya. Jika perlu, coba tanyakan informasi mengenai tindak kriminalitas pada satu dua orang yang berada di lingkungan tersebut saat kamu survei secara langsung.

6. Tanyakan apakah banyak penyewa jangka panjang

Sumber: ericksonliving.com

Sama seperti di sebuah perusahaan, turnover penyewa yang tinggi menunjukkan ada sesuatu yang nggak beres dengan apartemen yang akan kamu sewa tersebut. Apalagi jika apartemen bukan secara khusus ditujukan untuk penyewa jangka pendek (harian atau mingguan). Nah untuk memprediksi kondisi lingkungan sekitar, kamu bisa menanyakan karakteristik mayoritas penyewa. Apakah rata-rata merupakan karyawan, pelajar, atau keluarga?

7. Buat perjanjian sewa

Sumber: naahq.org

Hal yang satu ini tentu penting untuk kamu perhatikan. Kamu harus membuat perjanjian sewa yang isinya adalah sebagai berikut:

  • Jumlah uang sewa
  • Biaya-biaya tambahan
  • Jangka waktu sewa
  • Siapa yang bertanggung jawab terhadap kerusakan
  • Fasilitas apa saja yang menjadi hak penghuni
  • Dan sebagainya

Buat surat perjanjian rangkap dua untuk dipegang masing-masing pihak. Perjanjian ini menjadi bukti legal kamu dalam menghuni apartemen. Bubuhkan juga materai secukupnya untuk menambah keasliannya.

Nah itulah tadi tips yang perlu kamu lakukan sebelum memutuskan untuk menyewa unit apartemen agar nggak salah pilih. Selamat berburu!

Artikel Lainnya

9 Model Partisi Ruangan Hemat Biaya

7 Desain Lantai Rumah untuk Kamu yang Stylish

7 Model Meja Tamu untuk Ruang Tamu Modern Minimalis

6 Model Keramik Dapur yang Disukai Generasi Muda

Ruangan Lebih Luas? Intip 7 Inspirasi Partisi Ruang Tamu yang Bisa Bikin Rumah Makin Nyaman

Desain Pagar Minimalis Kekinian yang Simpel dan Elegan

Mau Tidur Lebih Nyenyak? Simak 7 Tips Memilih Warna Seprai Sesuai Karakter

7 Tips Desain Ruang Tamu Mewah Tanpa Menguras Budget

5 Jenis Material Pembuat Furnitur Berbahan Dasar Kayu

Desain Rumah Sederhana tapi Tetap Terkesan Mewah

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !