Ingin Menghemat Budget? Ini 7 Tips Sebelum Membeli Furniture Bekas

Memiliki rumah yang nyaman tentunya menjadi idaman dari setiap orang, dan untuk mewujudkan hunian yang nyaman harus didukung pula dengan perabotan atau furniture rumah tangga yang tidak hanya indah, tetapi juga nyaman. Setiap pemilik rumah pasti memikirkan dengan matang mengenai pemilihan dari furniture rumah, dan biasanya ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, jika kita berbicara soal mengisi atau mendekor rumah dengan furniture favorit, siapa sih yang tidak mau mengeluarkan budget minim namun tetap mendapatkan furniture yang dapat memberikan hasil maksimal? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluarkan pembelanjaan furniture adalah dengan menggunakan furniture bekas alias second hand. Yap, furniture ini telah digunakan sebelumnya oleh orang lain. Namun jangan salah, kualitasnya masih tetap bagus lho. Kamu bahkan bisa saja menemukan “harta karun” yang dapat mempercantik rumahmu.

Masih banyak furniture dan elemen dekorasi bekas yang layak pakai dengan daya guna yang juga tidak berkurang. Kamu bisa membelinya dengan harga miring, tetapi dengan kualitas masih 99%. Pasti tertarik kan? Eits, sebelum memepercantik hunian dengan furniture bekas, jangan lupa memerhatikan hal-hal di bawah ini terlebih dahulu ya.

1. Cek kebutuhan furniture

Sumber: northernhomefargo.com

Sebelum kamu mencari furniture bekas untuk hunian, sebaiknya cek terlebih dahulu apa saja sih furniture yang kamu butuhkan untuk mengisi rumah idaman. Jika mencari furniture tanpa membuat daftar barang apa saja yang kamu butuhkan, bisa-bisa kamu lapar mata dan membeli furniture yang sebenarnya kurang kamu butuhkan. Masukan furniture yang harus ada seperti tempat tidur, sofa, meja, lampu hias, lemari, dan lainnya ke dalam list. Jangan lupa ya, tujuan utama kamu membeli furniture bekas adalah untuk menekan biaya dekorasi. Bukan sebaliknya.

Artikel Lainnya: 10 Cara Buat Apartemen Terkesan Mewah Tanpa Dana Melimpah

2. Memastikan ukuran ruangan

 

Sumber: northernhomefargo.com

Setelah membuat daftar furniture apa saja yang kamu butuhkan, pastikan pula ukuran ruangan serta perkiraan dimensi furniture yang akan kamu beli. Gunakan meteran dan bayangkan barang apa saja yang akan kamu masukan ke dalam ruangan tersebut. Jangan sampai salah membeli furniture yang malah kekecilan atau kebesaran dan juga tidak sesuai dengan konsep ruangan yang ada di rumahmu. Jika salah membeli, biasanya akan cukup sulit untuk menukarnya kembali pada sang penjual.

3. Pintar dalam mencari

 

Sumber:northernhomefargo.com

Nah setelah mempersiapkan list dan ukuran ruangan, tahap selanjutnya adalah mulai hunting furniture bekas. Sebelum kamu mencari ke pasar loak, toko-toko yang khusus menjual atau membeli furniture bekas, atau mencarinya lewat toko online, ada baiknya kamu mencari ke tempat terdekat terlebih dahulu. Misalnya ke rumah teman atau saudara yang sedang pindahan rumah. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan furniture dengan cuma-cuma. Jangan lupa untuk tetap konsisten pada list dan budget yang telah kamu buat ya. Jangan buru-buru membeli agar kamu bisa mendapatkan barang yang benar-benar sesuai dengan kondisi yang masih bagus.

4. Cek kondisi furniture bekas dengan teliti

Sumber: northernhomefargo.com

Saat berburu furniture bekas kamu harus teliti dalam melihat kondisi furniture. Periksalah barang yang kamu beli, mulai dari polesan cat, rangka yang masih utuh dan kuat, hingga kondisi yang berjamur, atau tanda keropos dimakan rayap. Pertimbangkan faktor-faktor cacat pada furniture agar kamu bisa memikirkan cara serta biaya yang perlu dikeluarkan untuk memolesnya kembali. Jika furniture yang kamu sukai sudah pudar berbau tetapi masih mempunyai rangka yang kuat dan tidak lembap, maka jangan ragu untuk membelinya ya.

5. Perbaiki furniture bekas

Sumber: northernhomefargo.com

Siapa bilang furniture bekas tidak indah? Furniture atau dekorasi rumah bekas juga bisa tampak baru dan indah dengan beberapa polesan lho. Misalnya lemari kayu yang warnanya sudah tampak pudar, dapat kamu cat atau varnish kembali. Sofa dengan cover atau jok yang sudah mulai pudar dan tidak empuk bisa kamu ganti dengan bantuan pengrajin sofa. Jadi jangan pesimis dulu ya melihat kondisi barang bekas yang kamu taksir.

6. Mengombinasikan dengan furniture lain

Sumber: northernhomefargo.com

Tantangan dalam menggunakan furniture bekas atau preloved adalah memadukannya dengan furniture atau dekorasi lain yang bergaya lebih modern. Cara ini ternyata sudah sering digunakan di beberapa negara dan disukai sebagai alternatif dekorasi rumah. Bahkan terkadang, perpaduan antara barang lama dan baru bisa terlihat lebih menarik lho.

7. Pastikan kamu yakin dengan barang yang akan dibeli

Sumber: northernhomefargo.com

Hindari membeli furniture bekas jika kamu tidak yakin 100 persen dengan barang tersebut. Salah satu indikatornya, bisa saja barang tersebut memiliki harga yang diluar budget. Atau mungkin kamu kurang yakin furniture yang akan kamu beli akan cocok dengan warna cat ruangan yang sudah kamu punya. Bagaimanapun juga ruangan yang akan dilengkapi dengan furniture bekas ini harus tampak serasi dengan konsep serta gaya ruangan yang telah ditetapkan kan?

Kamu tidak usah malu atau ragu untuk menggunakan furniture dari barang-barang bekas. Walaupun lebih murah, tetapi jika dipilih dengan tepat dan dikombinasikan dengan cerdas, furniture bekas dan elemen dekorasi lainnya dapat membawa warna baru ke dalam rumah idaman.

Namun, jika kamu merasa kurang yakin dengan membeli furniture bekas maka kamu bisa mencari furniture baru dengan harga yang tidak terlalu mahal. Furniture baru jelas lebih unggul dalam hal keawetan dan ketahanannya. Eits, tetapi jangan membeli furniture baru dengan harga murah yang tidak jelas merek produksinya ya. Bisa saja, furniture baru tersebut malah lebih cepat rusak dibandingkan furniture bekas dari merek terkenal. Intinya, kamu harus cermat dan cerdas dalam menentukan pilihan.

Artikel Lainnya: 8 Desain Kamar Minimalis yang Cantik tapi Hemat Biaya

Di Furniterus, kamu bisa menemukan berbagai macam furniture baru dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Makanya, yuk monggo dilihat berbagai macam pilihan furniture kami dan pilih yang terbaik sesuai seleramu, apabila masih belum ketemu, yuk boleh email kami agar kami bisa bantu membuat furniture yang kamu impikan.

Mau artikel lainnya yang menarik seperti ini kan, yuk dibaca terus artikel-artikel kami lainnya hanya di Furniterus.