Tips Pemilihan Lighting Lampu Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak

Lampu kamar, sepertinya hal ini sederhana. Hanya tinggal meletakkan lampu seperlunya. Letakkan saja lampu di tengah ruang atau beberapa lampu di sekeliling plafon dan di atas nakas untuk membuat kamar tidur terlihat lebih elegan.

Sumber: home-designing.com

Namun, pemikiran ini tidak tepat. Lampu kamar berperan penting dalam penciptaan kenyamanan dalam kamar tidur. Lampu kamar, bersama elemen desain lainnya, membuat suasana lebih hangat dan tidur lebih nyenyak. Kesalahan memilih jenis, warna, dan tata letak lampu akan membuat kamar terasa dingin dan tidak menyenangkan.

Lalu, bagaimana lighting lampu kamar yang tepat agar tidur lebih nyenyak, bangun segar kembali, dan bersemangat memulai aktivitas setiap pagi?

1. Lampu Kamar yang Tepat untuk Kamar Tidur yang Nyaman  

Beragam lampu kamar dengan warna, bentuk, dan daya lampu dihadirkan para produsen lampu. Untuk kenyamanan kamar tidur, sebaiknya pilih lampu 2000-4000 lumen, tergantung kesan ruang yang ingin diciptakan. Sebaiknya, pilih lampu yang bisa di-dim agar tingkat terang redupnya bisa diatur tergantung kebutuhan.

Sumber: thesleepjudge.com

Warna daylight, cooldaylight, dan warmlight memberi tingkat luminasi yang berbeda dan kesan ruang yang berbeda. Daylight dan cooldaylight yang cenderung berwarna putih kebiruan, memicu produksi hormon melatonin yang membuat mata lebih terjaga, dan cocok untuk aktivitas aktif. Warmlight dengan warna kekuningan cocok untuk aktivitas di kamar tidur, seperti membaca, menonton TV, dan beristirahat.

2. Penataan Lampu Kamar dengan Sistem Layer

Pencahayaan di ruang apapun, termasuk di kamar tidur, akan berfungsi maksimal dengan sistem layer. General light atau ambient light berfungsi sama seperti pencahayaan alami, membuat kegiatan sehari-hari menjadi lebih mudah. Accent light untuk menampilkan elemen focal point, seperti lukisan, patung, atau dinding, menjadi lebih menarik dan elegan. Task lighting memfokuskan pencahayaan untuk baca tulis, menjahit, dan pekerjaan khusus lainnya.

Saat menata pencahayaan kamar tidur, ingatlah suasana keseluruhan yang diciptakannya harus menenangkan dan membuat nyaman. Sediakan juga pencahayaan khusus yang lebih terang di area-area yang diperlukan.

Sumber: ledhut.co.uk

Sistem layer yang tepat menjadi kunci kesuksesan lighting kamar tidur yang nyaman. Keseimbangan antara general, accent, dan task lighting memungkinkan penciptaan pencahayaan untuk segala suasana dan aktivitas dengan hanya menekan switch atau saklar.

3. Perpaduan Lampu Kamar dengan Plafon

Sebagai bagian pembentuk ruang, plafon tetap berperan penting dalam penciptaan suasana ruang. Luasnya yang menaungi keseluruhan ruang memberi banyak peluang desain yang bisa membawa suasana nyaman di kamar tidur.

Sumber: home-designing.com

Lampu kuning yang tersembunyi di sekeliling plafon, memantulkan kehangatan cahayanya yang tidak menyilaukan dan memberi kesan kamar tidur yang sangat nyaman. Pantulan cahayanya menerangi dinding di bawahnya dengan gradasi cahaya yang tampak elegan, membuat dinding latar kepala ranjang menjadi point of interest dan memperkuat ranjang sebagai primadona di kamar tidur.

Artikel Lainnya: Lampu Tidur Kekinian agar Kamar Tidur Lebih Cantik

4. Lampu Kamar agar Kamar Tidur Lebih Menarik 

Accent lighting ditujukan untuk menarik perhatian, membuat sebuah elemen terlihat semakin elegan. Bahkan elemen yang bukan karya seni pun, bisa menyerupai karya seni yang bernilai seni tinggi.

Sumber: home-designing.com

Tata pencahayaan yang baik dengan warna, luminasi, dan perletakan yang tepat, sangatlah penting. Tidak hanya menjadi salah satu kunci kesuksesan penciptaan gaya arsitektur yang ingin ditampilkan, tetapi menghantarkan pemiliknya ke suasana tidur yang berkualitas.

Potongan papan kayu menyerupai puzzle dengan semburan cahaya yang keluar dari antara sambungannya, menciptakan dinding latar kepala ranjang yang elegan, dengan warna lampu kuning yang lembut, perasaan terlindungi, sekaligus membawa tidur ke tahap yang paling nyaman.

5. Perpaduan Lampu Kamar dengan Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami, terutama di siang hari, yang didapat dari jendela, void, atau skylight, juga berpengaruh terhadap kebutuhan pencahayaan buatan dari lampu.

Sumber: home-designing.com

Sebuah kamar tidur yang baik, memanfaatkan pencahayaan alami dengan optimal dan memadukannya dengan lighting buatan dari lampu. Pancaran terang cahaya matahari yang memasuki kamar tidur didampingi bayangan dari benda-benda yang dilewatinya, memberi keindahan alami untuk kamar tidur. Kombinasi warna yang unik dengan pencahayaan dari lampu di atas plafon dengan lampu dari kepala ranjang, membuat dinding di atas kepala ranjang menjadi focal point yang menarik.

6. Lampu Kamar Gantung yang Elegan dan Hemat Ruang

Lampu gantung dapat menjadi task light yang menemani saat membaca sambil berselonjor di atas ranjang. Posisinya yang digantung dari langit-langit membebaskan area nakas untuk dijadikan perletakan benda lainnya. Bentuk dan konstruksinya yang menawan, membuat kamar tidur terlihat unik dan elegan.

Sumber: thesleepjudge.com

Apapun pilihan lighting untuk kamar tidur, pastikan keberadaannya mendukung fungsi utama kamar tidur sebagai tempat beristirahat. Desainlah tata pencahayaan yang dapat membuat saat beristirahat terasa lebih nyaman dan tidur lebih berkualitas untuk hidup yang lebih sehat.

Nantikan artikel-artikel lainnya untuk mendapatkan berbagai ide desain yang sempurna. Lihat juga koleksi lemari pakaian dan kitchen set Furniterus dan konsultasikan desain idaman yang bisa di-custom sesuai keinginan dan kebutuhan.

Artikel Lainnya: Lampu Gantung Kekinian yang Minimalis dan Modern