Tips Mempercantik Ruang dengan Wallpaper

Mengganti cat rumah dengan warna kesukaan memang menyenangkan dan membuat suasana rumah jadi tidak membosankan. Namun perlu diakui, hal tersebut tidak mudah. Perlu waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit, belum lagi kerepotan yang harus dialami saat memindahkan perabotan. Alasan inilah yang membuat orang memilih mempercantik ruang dengan wallpaper. Selain lebih awet sehingga menghemat biaya dan waktu, tekstur dan motifnya lebih beragam. Tahap pemasangannya juga relatif cepat dan tidak menimbulkan bau seperti cat.

Sumber: lertloy.com

Artikel ini memberikan tips mempercantik ruang dengan wallpaper. Mulai dari manfaat, jenis-jenisnya, efek visual yang bisa ditimbulkan, karya seni yang dihadirkannya, hingga tips pemilihan yang tepat, dan cara pemasangannya.

1. Manfaat Wallpaper

Sebenarnya, manfaatnya sama seperti cat, efek visual yang memberikan kenyamanan menjadi tujuan utamanya. Namun, kelebihannya adalah mampu menghadirkan tekstur dan motif yang sulit bahkan tidak mungkin didapat dari cat dinding.

Sumber: mulldezignz.blogspot.com

Misalnya, kenyamanan yang diinginkan masyarakat perkotaan dengan lingkungan hutan beton, lebih mudah dihadirkan oleh wallpaper bernuansa keasrian alam. Walau dimungkinkan juga dengan keahlian mural, namun pasti biayanya jauh lebih mahal.

2. Jenis-jenis Wallpaper

Secara arti katanya, wallpaper memang berarti kertas dinding, karena memang pada awal produksinya terbuat dari kertas. Jenis dan bahannya pun berkembang seiring kemajuan teknologi.

Sumber: pinterest.com

Wallpaper Kertas

Jenis ini memiliki kualitas corak dan detail gambar yang beragam. Namun sayangnya, mudah sobek dan kotor karena sifatnya yang menyerap noda. Jenis ini sebaiknya diterapkan di dinding yang tidak sering bersentuhan atau bergesekan dengan manusia ataupun barang. Tidak disarankan memasang jenis ini di jalur sirkulasi utama ataupun area yang sering dimanfaatkan anak-anak, karena mudah kotor.

Wallpaper Heavy Duty Paper

Pada abad ke-XIX, heavy duty paper hadir sebagai bahan pertama yang bisa dibersihkan dengan lap basah. Jenis ini juga tampil dengan motif timbul (emboss) dengan lapisan linen di belakangnya. Karakteristiknya yang tebal cukup istimewa karena dapat diberi lapisan cat. Jadi, jika bosan dengan warna yang lama, tidak perlu membeli yang baru, cukup dilapisi cat saja.

Wallpaper Vinyl

Bahan vinyl kini menjadi bahan yang paling umum diproduksi. Keunggulannya tidak mudah sobek, tidak mudah kotor karena minyak, debu, atau cipratan air. Daya tahannya pun dapat diandalkan karena tahan lembap, jadi cocok diaplikasikan di semua ruang.

Sumber: pinterest.com

Wallpaper Kain

Jenis ini berbahan dasar kain, tampil lebih elegan dan permukaannya terasa lebih halus ketika disentuh. Pemasangannya sebaiknya dikerjakan tenaga ahli yang berpengalaman karena butuh kecermatan ekstra dan perlu dialasi kertas alas khusus.

Wallpaper Serat Alami

Terbuat dari serat alami seperti bambu, kayu, kelapa, dan daun. Sangat cocok digunakan untuk menghadirkan keindahan siluet pepohonan di hutan di tengah kabut yang memberi kedamaian dan kenyamanan di kamar tidur.

Sumber: thearchitectsdiary.com

Wallpaper Foil

Efek kilap yang ditampilkan menjadi kelebihannya. Namun sayang, bahan foil cenderung tipis, mudah robek, dan menyulitkan saat proses pemasangannya. Karena tipis, sebaiknya jenis ini dipasang pada dinding yang permukaannya halus.

Sumber: idealhome.co.uk

Wallpaper Beludru

Berbahan dasar serat wol, kertas, dan kain, yang menimbulkan efek beludru pada permukaannya. Kesan klasik, retro, dan kontemporer ditampilkan dari perubahan warna yang elegan ketika terkena cahaya dari arah yang berbeda.

3. Efek Visual yang Dapat Ditampilkan dari Wallpaper

Motif, bahan, tekstur, gambar, dan warna yang ditampilkan akan sangat berpengaruh pada penciptaan suasana ruang.

Sumber: rumahkuunik.com

Ruang yang sempit bisa dibuat tampak lebih lega dengan bantuan wallpaper bermotif garis.

Sumber: mulldezignz.blogspot.com

Ruang yang sumpek karena tidak memungkinkan adanya bukaan jendela, pintu, ataupun tidak ada pemandangan, dapat dipercantik dan dibuat lebih nyaman dengan wallpaper bernuansa pemandangan.

Sumber: pinterest.com

Bahkan kini, wallpaper 3-D hadir untuk mempercantik ruang, menimbulkan efek visual yang futuristik, serta tampilan unik yang terkesan cerdas.

4. Menampilkan Karya Seni berupa Wallpaper

Seiring perkembangan zaman dan tidak terbatasnya kreativitas, semakin banyak ragam tekstur dan motif ditawarkan di pasaran. Mulai dari motif garis hingga motif mural yang menampilkan karya seni yang cantik.

Sumber: rumahkuunik.com

Wallpaper menampilkan motif unik seperti hembusan asap yang menari-menari, menyerupai lukisan mural yang keren dan elegan. Sederhana namun penuh makna.

Sumber: rumahkuunik.com

Bisa juga dipadukan dengan permainan bentuk-bentuk geometris untuk menghasilkan karya seni yang membuat ruang tamu tampak keren.

Artikel Lainnya: 7 Tips Desain Ruang Tamu Mewah Tanpa Menguras Budget

5. Tips Memilih Wallpaper

Karena akan terpasang dalam jangka waktu lama di dinding rumah Anda, sebaiknya cermatlah dalam memilihnya.

Perhatikan keistimewaan yang dimiliki setiap jenis. Sesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Pilihlah warna, motif, gambar, dan tema yang cocok dalam memberikan kenyamanan optimal.

Sumber: aliexpress.com

Beberapa merek menambahkan keistimewaan pada produknya. Tahan air, tahan lembap, anti jamur, tahan asap, dan kedap suara, menjadi faktor yang bisa dipertimbangkan saat memilih jenis yang akan dimanfaatkan.

6. Cara Pemasangan Wallpaper

Cara pemasangan yang tepat dan rapi, tentu akan menghasilkan tampilan optimal. Walau kebanyakan penjual telah menyediakan jasa pemasangan sekaligus, namun sebagai homeowner, sebaiknya tahu tahapannya agar tidak menyesal di kemudian hari karena menyerahkan semuanya kepada pihak penjual.

Tahap pertama adalah memastikan semua peralatan yang dibutuhkan telah lengkap. Mulai dari tangga, cutter, penggaris, pensil, meteran, benang dan pemberat, ember untuk lem, spons, kuas, mika, dan kape.

Periksa dulu keadaan dinding yang akan dipasang wallpaper. Jika ada rembesan air, lapisi dinding dengan bahan pelapis kedap air terlebih dulu. Jika dinding berjamur, bersihkan, dan lapisi dengan cat anti jamur dulu agar nantinya tidak menyebar. Atau jika ada bagian dinding yang tidak rata, gunakan kape atau amplas untuk meratakan dan menghaluskannya.

Sumber: id.aliexpress.com

Persiapkan lem khusus untuk wallpaper. Biasanya berbentuk bubuk yang harus dicampur dengan air. Ingatlah, jangan menggunakan air panas. Aduk campuran bubuk lem dan air biasa dengan cepat, lalu diamkan sekitar 10 menit. Buat campuran lain lagi yang lebih kental untuk bagian sambungan atau pojok dinding.

Perhitungkan ukuran dinding. Cermati bagian yang perlu disambung. Perhatikan letak sambungan agar motif dan gambar bisa tersambung dengan rapi. Cocokkan motif sebelum memotong dan lebihkan ukuran sekitar 5-10 cm untuk mengantisipasi bagian dinding yang miring. Kelebihannya bisa dipotong dengan cutter.

Manfaatkan benang dan pemberat sebagai penanda posisi agar tegak lurus dan rapi. Tandai dengan pensil.

Sumber: aeo1.alicdn.com

Setelah semua bahan dan peralatan siap, letakkan alas plastik di bawah wallpaper yang sudah dipotong dan diurutkan sesuai motifnya, agar tidak kotor dan lem tidak tumpah ke lantai. Beri lem dengan menggunakan roller secara perlahan, sampai lem meresap seluruhnya.

Tempelkan pada dinding sesuai tanda pensil yang sudah dibuat. Ratakan perlahan dengan bantuan mika atau acrylic. Aplikasikan lem yang lebih kental pada bagian sambungan, ratakan sampai sambungan tertutup rapi dan tidak terlihat.

Artikel Lainnya: Wallpaper Dinding Kamar yang Membuat Tidur Semakin Nyaman

Cek bagian sambungan dan sudut dinding. Jika semuanya sudah rapi, bersihkan seluruh permukaan dengan spons yang dibasahi air, jangan sampai ada lem yang mengering di permukaannya.

Sumber: www.muralswallpaper.co.uk

Sekarang, pasti Anda tidak ragu lagi untuk mempercantik ruang dengan wallpaper. Jika ada pertanyaan dan saran, silahkan hubungi dan berkonsultasilah dengan kami. Furniterus akan memberikan solusi terbaik dan mewujudkannya untuk Anda. Mari wujudkan ruangan yang cantik dan nyaman bersama Furniterus!