7 Tips Memilih Warna Gorden Sesuai dengan Selera Pengguna Apartemen

Furniterus - Apakah kamu mengalami kesulitan dalam memilih warna gorden untuk ruangan apartemen? Sebagai bagian dari furniture ruang, gorden juga punya peranan penting yang bervariasi. Mulai dari fungsi praktis untuk melindungi ruangan dari sinar matahari atau penunjang privasi penghuni, hingga fungsi estetis sebagai elemen dekorasi untuk menciptakan nuansa ruang dan citra pemilik yang ingin ditampilkan. Fungsi ganda ini pun difasilitasi dengan adanya beragam model, bahan, motif, dan warna gorden di pasaran yang dapat kamu pilih sesuai selera.

Pemilihan warna gorden apartemen sebaiknya disesuaikan dengan warna dominan interior atau motif sarung bantal. Jangan ragu untuk mengombinasikan warna gorden dengan dinding ruang. Kamu bisa menyeragamkan salah satu warna dinding atau justru memilih warna lain yang menjadi kontras, atau memilih tone yang lebih tua atau muda. Intinya, berkreasilah dan padupadankan warna sesuai selera. Namun perlu diingat usahakan agar warna bisa menyatu dan senada dengan furniture dan tema ruang.

Nah, agar kamu nggak bingung lagi, berikut adalah beberapa inspirasi motif dan warna gorden yang bisa kamu tiru!

1. Warna gorden gradasi

Warna gorden gradasi

Sumber: dhgate.com

Warna gradasi yang sempat menjadi tren beberapa waktu lalu ternyata bisa diterapkan untuk gorden apartemen. Karena warnanya yang sudah menarik, maka bentuk gorden pun tidak perlu dibuat rumit. Warna-warna gradasi lembut yang bisa kamu gunakan untuk tampilan ruangan yang modern dan minimalis antara lain hijau-putih, biru-putih, krem-putih, atau kuning-putih.

2. Desain minimalis dan modern dengan warna abu-abu

Desain minimalis dan modern dengan warna abu-abu

Sumber: pinterest.com

Gorden apartemen berwarna abu-abu sangat cocok digunakan pada desain interior bergaya minimalis dan modern. Agar suasana kamar atau ruangan tidak terlalu gelap, kamu bisa memadukan gorden berwarna abu-abu ini dengan sheer curtain. Saat siang hari, gunakan sheer curtain untuk mengatur jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan.

3. Tampilan elegan dengan warna keemasan

Tampilan elegan dengan warna keemasan

Sumber: decoraport.com

Ingin menampilkan desain yang lebih elegan dan mewah? Kamu bisa memilih gorden jendela dengan warna keemasan. Warna ini bisa memberikan kesan mewah dan juga terlihat classy. Bahan gorden yang bisa kamu pilih adalah bahan transparan agar bisa menampilkan kesan yang lebih elegan dan tidak membuat ruangan terlihat gelap atau sempit.

4. Warna gorden putih atau krem sebagai pemisah ruang sempit

Warna gorden putih atau krem sebagai pemisah ruang sempit

Sumber: homedit.com

Ruangan apartemen biasanya memiliki luas yang terbatas. Hal ini membuat kamu perlu pintar-pintar untuk mengakalinya agar setiap ruang tetap terlihat lebih luas. Salah satu cara cerdas yang bisa kamu coba adalah dengan memisahkan ruang di apartemen dengan menggunakan sheer curtain berwarna putih atau krem. Pemisah ruangan menggunakan sheer curtain sudah cukup umum digunakan pada apartemen. Hilangnya sekat ruangan permanen pada apartemen akan membuat ruangan terlihat lebih lapang.

5. Warna gorden pink lembut untuk kesan romantis

pink lembut untuk kesan romantis

Sumber: pinterest.com

Warna pink yang lembut pada gorden ini mampu memberikan kesan romantis dan terang dalam ruangan, terutama kamar tidur. Karena sudah tampil menonjol, kamu pun tidak perlu lagi menambahkan berbagai aksesoris jendela lainnya. Saat ingin membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar, kamu cukup mengikatnya dengan tali khusus. Sederhana namun tetap menarik ‘kan?

6. Memadukan dua warna kain

Memadukan dua warna kain

Sumber: alluring-window.com

Menggunakan satu warna kain pada gorden akan terasa membosankan dan terkesan biasa. Untuk kamu para milenial yang ingin memberikan tampilan berbeda pada apartemen, kamu bisa memadukan dua warna kain yang dipasang selang-seling seperti gorden yang menggunakan warna putih dan orange ini. Namun, pastikan kamu menggunakan kain yang terbuat dari bahan yang sama ya, agar tampilan gorden bisa tetap selaras.

7. Warna gorden hitam untuk ruang tamu atau ruang keluarga

hitam untuk ruang tamu atau ruang keluarga

Sumber: pinterest.com

Untuk ruang keluarga yang biasanya terletak di bagian tengah apartemen dan tidak terlihat dari luar, kamu bisa menggunakan sheer curtain berwarna hitam untuk tampilan yang lebih maskulin. Jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam ruang keluarga melalui sheer curtain ini pun akan terasa lebih redup sekaligus menciptakan privasi bagi keluargamu.

Nah itulah tadi tips yang bisa kamu terapkan sesuai dengan selera dan kebutuhan ruang apartemenmu. Ide mana yang paling kamu sukai? Coba share di kolom komentar ya!

Artikel Lainnya: Gorden Jendela Minimalis yang Cocok Agar Ruangan Terlihat Lebih Luas

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Lemari Gantung Dapur Kekinian yang Simpel dan Keren

6 Model Keramik Dapur yang Disukai Generasi Muda

Cara Menciptakan Desain Ruang Keluarga Penuh Kehangatan

7 Tips Memilih Furniture Apartemen yang Hemat Ruang

4 Inspirasi Lampu LED untuk Desain Lemari Masa Kini dan Manfaatnya

Kitchen set Kayu Jati: Kelebihan dan Kekurangannya yang Harus Diketahui

Buat Kamar Lebih Berwarna dengan 6 Dekorasi Dinding Kamar Unik

Tips Memilih Kaca Kamar Mandi sebagai Partisi yang Keren

Pasangan Baru? Ini 8 Perabotan Rumah Tangga Wajib Ada di Hunian Kamu

8 Desain Rumah Minimalis ini Masih jadi Tren di 2018, lho!

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !