Tips Memilih Warna Gorden Apartemen Paling Tepat beserta Model dan Jenisnya

Apartemen biasanya memiliki luas yang cenderung terbatas. Gorden atau tirai bisa menjadi salah satu faktor utama yang akan menentukan kenyamanan ruangan apartemen. Salah memilih, ruangan apartemen kamu akan terlihat gelap dan cenderung sumpek. Dalam hal memilih gorden yang tepat, kamu harus mengingat bahwa tiap ruangan memiliki ciri khasnya masing-masing. Maka, kamu tidak bisa hanya memilih satu warna atau jenis gorden untuk keseluruhan ruangan apartemen. Kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menjatuhkan pilihan agar bisa mendapatkan gorden yang benar-benar tepat.

Dengan berbagai jenis gorden yang tersedia di pasaran, kamu tentu saja akan membutuhkan pedoman untuk menyederhanakan pilihan. Salah satu aspek yang paling penting adalah mengenai pemilihan warna. Seperti apa ya tips pemilihan warna yang tepat untuk apartemen? Lalu, bagaimana dengan aspek lain seperti jenis, model kain, dan cara pemasangannya?

1. Bermain aman dengan warna netral

Sumber: incantovn.com

Bila kamu bingung dalam menentukan warna dan motif, kamu bisa memilih warna-warna netral seperti putih, abu-abu, atau putih gading. Warna-warna netral ini merupakan pilihan yang tepat karena akan lebih mudah berbaur dengan dekorasi ruangan. Gorden cantik berwarna netral juga bisa dipergunakan untuk menyeimbangkan kesan berani pada sebuah ruangan dengan warna dinding yang cerah seperti merah atau ungu.

Bila kamu ingin menggunakan warna yang sedikit lebih berani, cobalah bermain dengan warna gradasi yang tentu akan menghadirkan suasana lain dari biasanya. Agar tidak salah memilih, kamu bisa memulainya dengan bermain di warna-warna gradasi lembut. Dijamin apartemen kamu akan berubah menjadi lebih unik dan berbeda.

2. Gorden polos untuk ruangan dengan banyak motif

Sumber: homedesignersuite.co

Untuk ruangan yang penuh dengan perabot dan banyak corak misalnya seperti guci, lukisan penuh warna, atau motif karpet yang sudah cukup ramai, akan lebih cocok bila kamu menggunakan gorden polos agar ruangan apartemen tidak terlihat terlalu ramai. Ingat, kamu harus ekstra cerdas dalam memilih warna dan motif keseluruhan ruangan apartemen agar tetap terlihat selaras dan cantik.

3. Gorden bermotif untuk ruangan polos

Sumber: pt.dhgate.com

Berkebalikan dari poin sebelumnya, bila kamu mempunyai ruangan yang terkesan monoton dan datar, kamu bisa menggunakan gorden bermotif bunga atau garis pada jendela atau kaca apartemen. Kedua motif ini biasanya paling netral dan menjadi favorit hingga kini. Mau memberikan kesan yang berbeda dan tampak lebih Indonesia? Kamu bisa mengaplikasikan motif batik pada ruangan.

Artikel Lainnya: Gorden Jendela Minimalis yang Cocok Agar Ruangan Terlihat Lebih Luas

4. Sesuaikan warna dengan desain ruangan dan warna tembok

Sumber: kalvez.com

Untuk menampilkan kesan yang monokromatik, kamu bisa memilih gorden dengan warna polos yang senada dengan warna dinding. Nah, untuk tampilan yang lebih berwarna kamu juga bisa menggunakan gorden dengan pola, corak dan warna yang sesuai dengan selera. Namun, sebaiknya pilihlah pola dan corak gorden yang memiliki warna yang serupa dengan dinding ataupun aspek dekorasi lain pada ruangan tersebut.

5. Selain warna, perhatikan juga model dan materi kain

Kain merupakan faktor dasar dari pemilihan gorden karena materi kain tersebut akan menentukan fungsi dan lama pemakaian gorden untuk apartemen. Apabila materi gorden yang kamu pilih terlalu tebal, maka gorden tersebut akan sulit untuk ditata. Namun apabila materinya terlalu tipis, maka gorden tersebut akan sulit untuk jatuh dengan teratur. Jadi, pilihlah bahan yang paling baik dan sesuai untuk dijadikan gorden.

Sumber: pinterest.com

Jangan lupa, sinar matahari juga dapat memudarkan warna kain. Oleh sebab itu, untuk ruangan yang akan terkena sinar matahari secara konstan seperti ruang tamu, lebih baik kamu jangan memilih warna kain yang terang. Hal ini akan menyebabkan warna cepat pudar, dan memilih warna yang lebih netral (seperti warna putih gading).

Ada beberapa jenis kain yang cocok digunakan untuk gorden, seperti kain sutra, katun, faux silk, linen, dan beludru. Namun, pemakaiannya tergantung pada kesan yang ingin kamu tampilkan. Untuk kesan ringan, pilihlah kain linen dan katun. Untuk kesan dramatik, gunakan kain jenis beludru. Kain sutra dan faux silk akan memberikan kesan mewah.

Selain itu, kamu juga perlu tahu bahwa ada materi-materi kain yang dapat menghangatkan atau mendinginkan ruangan. Untuk membuat suasana apartemen tampak seperti hotel, kamu bisa menggunakan suede atau velvet sebagai bahan tirai karena materi tersebut dapat menghalau sinar dan menghangatkan ruangan.

Yuk, terapkan tips memilih warna gorden apartemen beserta model dan jenisnya ini untuk mendapatkan suasana ruangan apartemen yang nyaman dan selaras.

Artikel Lainnya: 7 Tips Memilih Warna Gorden Sesuai dengan Selera Pengguna Apartemen