7 Tips Memilih Furniture Apartemen yang Hemat Ruang

Furniterus - Memilih tinggal di apartemen mungkin menjadi pilihan sebagian besar warga kota besar terutama di Jakarta saat ini. Kemacetan lalu lintas yang hampir selalu terjadi, membuat sebagian besar warga ibukota memilih untuk tinggal di apartemen yang dekat dengan pusat kota agar lebih mudah dalam hal mobilitas. Namun tinggal di apartemen juga memiliki risikonya tersendiri, yaitu ukuran ruangan yang sangat terbatas. Ukuran ini membuat kamu harus ekstra cerdas dalam menatanya, seperti dalam pemilihan furniture apartemen. Apa saja ya furniture yang bisa kamu pilih? Yuk, simak kiatnya berikut ini.

1. Tempat tidur lipat

Sumber: pinterest.com

Tempat tidur adalah salah satu furniture yang akan paling memakan banyak tempat di apartemen karena ukurannya yang cukup besar. Nah kamu bisa menyiasatinya dengan memilih furniture multifungsi yang diciptakan agar ruangan terasa lebih luas yaitu tempat tidur lipat. Tempat tidur ini bisa dilipat ke atas atau ke samping saat tidak digunakan, sehingga kamu bisa memanfaatkan ruangan di bawahnya untuk kegiatan lain seperti bekerja atau hanya untuk duduk santai.

2. Sofa bed

Sumber: kwpaylessfurniture.ca

Furniture yang satu ini paling banyak dipilih oleh mereka yang ingin menghemat ruang. Saat tidak digunakan untuk tidur, sofa bed dapat berfungsi sebagai tempat duduk untuk kamu bersantai nonton TV atau tempat berkumpul dengan tamu dan keluarga. Saat ada tamu yang menginap, kamu pun bisa mengubah sofa ini untuk digunakan sebagai tempat tidur. Bahkan, banyak juga lho yang menggunakan sofa bed sebagai tempat tidur utama.

3. Ranjang tingkat multifungsi

Sumber: 500iso.com

Saat ini banyak model ranjang tingkat yang bagian bawahnya bukan lagi berupa ranjang, tetapi bisa digunakan sebagai meja atau rak buku. Ranjang ini sangat cocok digunakan pada apartemen dengan luas terbatas. Kamu bisa tidur di ranjang bagian atas dan menjadikan bagian bawahnya sebagai ruang kerja mini atau bahkan tempat menyimpan pakaian. Sangat cerdas bukan untuk memanfaatkan satu lahan ke dalam dua fungsi yang berbeda?

4. Penyimpanan tersembunyi

Sumber: homedit.com

Apartemen kecil akan sangat mudah terlihat berantakan jika kamu tidak mempunyai sistem penyimpanan yang tepat. Kapasitas lemari di apartemen sering terbatas luas penyimpanannya, sehingga barang-barang tanpa wadah biasanya akan berakhir berserakan di lantai atau permukaan lainnya. Solusi untuk membuat barang tetap rapi adalah dengan menggunakan penyimpanan tersembunyi. Furniture ini akan menyembunyikan semua benda berserakan sehingga membuat ruangan apartemen tetap bersih dan lapang.

5. Pilih sofa yang ramping

Sumber: dezeen.com

Selain tempat tidur, sofa biasanya menjadi furniture yang paling banyak memakan tempat di apartemen. Maka, kamu harus ekstra cerdas dalam memilih sofa. Pilihlah sofa yang memiliki kedalaman dangkal 94cm atau kurang. Hindari pemakaian sofa dengan ukuran terlalu besar dan hilangkan sofa berlengan karena dapat membuang banyak ruang. Gunakan furniture minimalis dengan gaya modern dan sleek berlengan tipis. Sofa tanpa lengan atau kursi berlengan satu adalah solusi cerdas untuk menghemat ruang duduk di apatemen.

Artikel Lainnya: 7 Desain Sofa Minimalis yang Membuat Tampilan Hunian Semakin Kece

6. Meja lipat dinding

Sumber: pinterest.com

Dinding harus sangat dimanfaatkan untuk meletakkan furniture di ruangan yang sempit. Saat ini sudah tersedia sebuah furniture cerdas berupa meja lipat dinding yang akan sangat menghemat ruang. Jika tidak digunakan, meja ini akan terlihat seperti lemari gantung. Kamu juga bisa menyimpan banyak hal di sini. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membuka lipatannya dan meja ini langsung bisa digunakan sebagaimana mestinya.

7. Rak buku dan meja jadi satu

Sumber: domino.com

Tidak ada yang lebih bisa menghemat ruang selain dua furniture yang digabung menjadi satu. Kamu tentu tidak mau ‘kan bekerja di atas kasur? Tentu saja kamu akan cepat ngantuk dan tidak produktif. Nah solusinya, kamu bisa nih menggabungkan meja kerja sekaligus rak buku. Fungsinya yang ganda sebagai tempat penyimpanan buku dan meja, membuat kamu bisa benar-benar menghemat ruang. Saat ini juga sudah banyak furniture meja sekaligus rak yang dijual di berbagai toko dengan desain yang menarik. Kamu bisa memilih salah satunya setelah mencocokan dengan kebutuhan juga desain apartemen.

Bagaimana? Kira-kira furniture mana yang cocok untuk digunakan di apartemenmu? Pilihlah furniture yang paling efisien untuk apartemen dan tentunya bisa berfungsi ganda.

Artikel Lainnya: Momen Paling Tepat Membeli Furniture Apartemen

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

7 Desain Kamar Mandi Minimalis yang Kekinian dan Menenangkan

6 Variasi Tipe Ukiran Tradisional yang Bisa Kamu Aplikasikan pada Rumah

Prinsip Menata Peralatan Dapur agar Nyaman Saat Memasak

Solid Surface Tak Kalah Menawan dari Granit dan Marmer

7 Dekorasi Kamar Minimalis dan Elegan yang Cocok untuk Kaum Millenial

Tanaman Hidroponik Menyiasati Kebutuhan Taman di Lahan Sempit

10 Jenis Kayu untuk Membuat Furniture Zaman Sekarang

8 Desain Kabinet Bawah Tangga untuk Pemanfaatan Ruang yang Efisien

Tips Menata Kamar Tidur agar Apartemen Sehat

Ingin Sewa Apartemen? Simak Dulu Tipsnya!

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !