8 Tips Dekorasi Rumah yang Homey, Membuat Kamu semakin Betah!

Furniterus - span style="font-weight: 400;">Yang namanya rumah, sudah seharusnya bisa membuat penghuninya merasa nyaman dan betah—sehingga tidak hanya menjadi tempat untuk tidur. Mulai dari desain, furniture dan dekorasi rumah, semuanya perlu saling melengkapi agar bisa menciptakan suasana seperti rumah yang seharusnya. Bagaimanapun, apalah arti home tanpa homey, bukan?

Lagipula, siapa sih, yang tidak ingin memiliki rumah yang aman, hangat, dan menyenangkan? Di saat sedang lelah setelah beraktivitas seharian, atau sesederhana ingin me time, rumah harus bisa diandalkan untuk itu. Dan kalau kamu tidak bisa melakukan banyak renovasi untuk menjadikan rumah lebih nyaman, dekorasi rumah adalah jawabannya.

Sumber: cocolapinedesign.com

Kamu tidak perlu mengganti desain atau bahkan furniture. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memilih dekorasi rumah yang sesuai. Untuk membantumu menentukan dekorasi rumah yang homey, berikut ini delapan tips yang bisa menjadi inspirasimu.

1. Jangan takut untuk menunjukkan karakteristikmu

Sumber: thedesignfiles.net

Anggap ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur sama personalnya dengan kamar tidur. Jangan takut untuk memasang dekorasi rumah yang menunjukkan karakteristikmu di ruangan-ruangan tersebut.

Berikan sentuhan warna yang kamu sukai di dapur. Gantung karya seni favoritmu di dinding ruang tamu. Tambahkan kaktus atau succulent di meja dekat jendela ruang keluarga. Kuncinya adalah menemukan dekorasi rumah yang perpaduannya tepat dan dapat memunculkan kesan personal.

2. Manfaatkan layer sebanyak mungkin

Sumber: decordots.com

Kamu tidak akan pernah salah jika bermain dengan layer saat menentukan dekorasi rumah. Rumah yang kosong dan terkesan kaku hanya akan menjadi turn-off tidak hanya bagi tamu tapi juga bagi penghuninya. Karena itulah, menambahkan layer pada ruangan, seperti foto di dinding, barang-barang di kabinet, karpet, throw blanket dan bantal ekstra sofa bisa membantumu menciptakan layer ini.

Meskipun Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia cenderung panas, bukan berarti kamu tidak bisa menambahkan dekorasi rumah seperti throw blanket hangat. AC rumah yang terkadang terlalu dingin (apalagi ketika baru mendapatkan perawatan rutin), membuat throw blanket sangat berguna. Ciptakan rasa nyaman dan bahagia saat menghangatkan diri dengan throw blanket sambil menonton film favorit di ruang keluarga.

3. Padukan beberapa material dan tekstur sekaligus

Sumber: rosario3.com

Jangan khawatir, rumahmu tidak akan terkesan berantakan kok, hanya karena kamu memadukan material dan tekstur yang berbeda-beda. Asal kamu dapat menyusun semuanya dengan tepat, dekorasi rumah ini akan terlihat mengagumkan dan membuatmu semakin betah di rumah—bukan malah berantakan.

Kalau merenovasi dinding dan lantai rumah tidak memungkinkan (apalagi apabila kamu menyewa rumah atau apartemen), masih banyak alternatif dekorasi rumah yang bisa kamu gunakan. Sofa dari kulit bisa menjadi padanan yang cocok untuk meja kaca. Dipan dengan warna bold favorit akan membuat kamarmu lebih fresh. Karpet wol akan memberikan nuansa yang luar biasa cozy di ruang keluarga.

4. Personal memento sebagai dekorasi rumah

Sumber: beaconchamber.or

Foto bersama keluarga, teman, significant other dan hewan peliharaan juga bisa menjadi pelengkap dekorasi rumah. Foto-foto ini akan memberikan rumahmu sentuhan yang sangat personal, membuatnya terasa lebih homey dan membuat lebih betah.

Ingin menambahkan dekorasi rumah personal yang lain? Bisa! Mulai dari boneka dan mainan masa kecil, action figures idola, hingga vas bunga turun-temurun keluarga bisa juga menjadi pilihanmu.

Artikel Lainnya: 5 Tips Memilih Bingkai Foto untuk Dekorasi Ruangan

5. Hunian monokromatik dengan sentuhan alami

Sumber: freshome.com

Ruang keluarga dengan tema monokromatik, dipadukan beberapa dekorasi rumah dengan elemen alam akan memberikan tampilan chic dan stylish sekaligus suasana homey. Bentuk dan tekstur tanaman menjadi pelengkap bagi ruang keluarga yang didominasi warna putih, menciptakan kesan yang lebih nyaman dan menenangkan.

Warna hijau dari tanaman yang kamu gunakan sebagai dekorasi rumah akan membuat ruangan terlihat lebih fresh dan menyejukkan. Belum lagi berbagai manfaat kesehatan yang kamu dapatkan dari jenis tanaman yang berbeda-beda.

6. Pencahayaan yang lebih soft

Sumber: thediyplaybook.com

Cara mudah lainnya untuk menciptakan suasana yang lebih homey di rumah adalah dengan mengatur pencahayaan. Dekorasi rumah yang satu ini memang punya peran penting dalam menciptakan berbagai suasana, dan kali ini tidak terkecuali. Dengan menggunakan lampu lantai dan lampu meja, kamu bisa memberikan cahaya yang lebih soft pada ruangan, tanpa bergantung penuh pada lampu atas.

Di malam hari, untuk menciptakan nuansa yang lebih cozy, kamu bisa mematikan semua lampu atas dan menyalakan lampu-lampu lainnya. Dekorasi rumah yang dirancang seperti ini akan membuat cahaya di dalam rumah lebih menenangkan, sehingga membuatmu merasa lebih baik setelah pulang kantor setelah hari yang melelahkan.

7. Mug

Sumber: experienceencore.com

Minuman panas tidak pernah gagal membuat hari-hari terasa lebih menenangkan. Apalagi jika meminum kopi, teh dan coklat panas bersama teman-teman terdekat. Tapi, tahukah kamu bahwa mug juga bisa dijadikan dekorasi rumah?

Menyimpan mug di rak terbuka di ruang keluarga atau ruang makan akan memberikan kesan bahwa kamu perlu bersantai dan menikmati waktu di rumah lebih sering—tidak ada perasaan yang lebih homey dari ini, kan? Karena itulah, menjadikan mug sebagai dekorasi rumah tidak hanya mempermudahmu saat ingin membuat minuman panas, tetapi juga membuatmu lebih betah di rumah. Belum lagi warna dan motif mug yang bermacam-macam bisa kamu sesuaikan dengan selera dan desain interior pilihanmu. Dengan begitu, kamu bisa merasa nyaman tanpa mengorbankan keseluruhan tampilan rumah.

8. Lilin

Sumber: bloglovin.com

Rasa homey seakan belum lengkap tanpa lilin, dan inilah inspirasi dekorasi rumah terakhir yang ingin kami rekomendasikan untukmu. Lilin dapat membangun ambience yang sangat romantis dan menenangkan di rumah, bahkan melebihi lampu-lampu kecil. Tidak heran bahwa ide candlelight dinner sangat populer.

Begitupun di rumah. Lilin dapat membuat suasana rumah terasa lebih whimsical dan spesial, apalagi jika ditemani dengan throw blanket dan minuman panas. Saat ini, lilin memiliki berbagai bentuk dan warna, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan bentuk membosankan yang bisa merusak tampilan rumahmu. Sekarang bahkan sudah semakin banyak varian lilin dengan aromaterapi. Tidak hanya memilih lilin yang sesuai dengan desain rumah, kamu pun bisa memilih aroma yang cocok untuk bersantai dan menenangkan diri, seperti peppermint atau lavender. Sebuah dekorasi rumah yang banyak perannya, bukan?

Artikel Lainnya: Desain Interior Apartemen yang Homey Banget

Menambahkan dekorasi rumah yang personal dan nyaman tidak harus ribet dan mahal kan? Dengan tips-tips kreatif di atas, kamu pasti bisa menjadikan rumah sebagai tempat yang benar-benar mencerminkan style-mu, serta tetap estetis dan, yang terpenting, homey. Menariknya, semua ini juga bisa diaplikasikan di apartemen sewaan, lho.

Kalau kamu, dekorasi rumah seperti apa yang akan kamu pilih? Saling sharing yuk, di kolom komentar. Kalau kamu menyukai tips dan trik seperti ini, tetap stay tuned di blog Furniterus karena akan ada inspirasi desain dan furniture terbaru yang menunggumu!

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Prinsip Desain Interior dan Penerapannya Bagi Orang Awam

Ruangan Lebih Luas? Intip 7 Inspirasi Partisi Ruang Tamu yang Bisa Bikin Rumah Makin Nyaman

Kerja Lebih Produktif dengan 6 Trik Menata Ruang Kerja Mini

Desain Lemari Pakaian yang Cocok untuk Kamar Tidurmu

6 Trik Desain Dapur Minimalis Kecil Agar Tetap Nyaman

Tips Menarik Buat Kamu Penyuka Gorden Minimalis

Tips Menata Kamar Tidur agar Apartemen Sehat

8 Desain Kamar Minimalis yang Cantik tapi Hemat Biaya

Lantai Vinyl, Pilihan Material Selain Keramik untuk Desain yang Unik

5 Tips Mempercantik Dinding dengan Dekorasi Piring Hias

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !