8 Tips Dapur Sehat untuk Keluarga Sehat

Furniterus - Dapur sehat. Sebagai tempat dibuatnya berbagai macam makanan untuk keluarga tercinta, kebersihan dapur tentunya sangat penting untuk diperhatikan. Dapur yang bersih merupakan kunci dari teciptanya dapur sehat, agar makanan yang dihidangkan tetap higienis dan terjaga kesehatannya. Namun nyatanya, dapur pun menjadi salah satu ruangan di dalam rumah yang sangat rentan terkena bakteri, virus, serta hama pembawa penyakit yang akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Lalu, bagaimana ya cara yang tepat untuk menciptakan dapur sehat? Ikuti tipsnya berikut ini.

1. Bersihkan lantai dan tempat sampah agar dapur sehat

bersihkan lantai untuk dapur sehat

Sumber: lovetoknow.com

Sebagai area yang paling rentan terkena kotoran, lantai dapur harus dijaga kebersihannya sebaik mungkin. Bersihkan lantai dapur dengan menggunakan pembersih khusus lantai atau cairan disinfektan secara teratur. Selain lantai, kamu juga harus memastikan membuang sampah setiap hari dan bersihkan tempat sampah yang telah digunakna dengan menggunakan sabun atau disinfektan. Untuk perhatian ekstra, kamu juga bisa menyemprot tempat sampah dengan sanitizer atau cairan pembasmi kuman.

2. Buang makanan atau bahan masakan yang tidak dibutuhkan

buang bahan masakan yang tidak dibutuhkan

Sumber: eatright.org

Untuk dapur yang lebih sehat, mulailah untuk menyingkirkan makanan yang tidak sehat seperti makanan tinggi lemak, gorengan, dan makanan manis. Coba cek lemari es kamu, apakah di dalamnya masih banyak menyimpan jus kemasan atau minuman manis yang berlebihan. Selain itu, cek secara berkala tanggal kadaluarsa dari bahan-bahan masakan di dapur.

3. Bersihkan tempat cuci piring dan countertop

bersihkan tempat cuci piring untuk dapur sehat

Sumber: tasteofhome.com

Kunci selanjutnya dari dapur yang sehat adalah menjaga kebersihan tempat cuci piring dan area meja dapur atau countertop. Tempat cuci piring bisa jauh lebih kotor dan memiliki bakteri yang lebih banyak dibandingkan tempat sampah atau toilet, lho.

Untuk menjaga kebersihannya, kamu bisa membersihkannya dengan air hangat, sabun, atau larutan disinfektan setiap hari atau tiap selesai digunakan. Cuci piring dan peralatan masak segera setelah digunakan. Biasakan pula untuk membersihkan saluran pembuangan wastafel dari sisa makanan dan bahan masakan.

4. Bersihkan spons pencuci piring sesering mungkin

bersihkan spons untuk dapur sehat

Sumber: thenewdaily.com.au

Spons cuci piring yang lembap sangat rentan untuk menjadi rumah bagi ratusan jenis bakteri di dapur. Agar bebas bakteri kamu harus merendam spons dalam air yang telah dicampur dengan pemutih selama satu menit, kemudian bilas menggunakan air hangat. Cara lainnya, kamu bisa memanaskan spons basah di dalam microwave selama 1-2 menit untuk membunuh bakteri berbahaya. Pastikan untuk selalu mencuci spons setiap selesai digunakan dan ganti spons pencuci piring setidaknya tiap 1 atau 2 minggu sekali.

Artikel Lainnya: Dapur Elegan dengan 7 Desain Kitchen Set Kayu yang Berkarakter

5. Gunakan beberapa talenan

Gunakan talenan yang berbeda untuk dapur sehat

Sumber: chopslide.com

Talenan yang digunakan untuk memotong berbagai macam jenis bahan masakan ini juga bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri, lho. Untuk itu disarankan untuk memotong sayuran dan daging mentah di talenan yang berbeda. Hal ini untuk menghindari kontaminasi dan penyebaran bakteri berbahaya. Setelah digunakan, cuci bersih talenan menggunakan sabun dan bilas dengan air yang mengalir. Sesekali kamu juga bisa membilasnya dengan air hangat.

6. Bersihkan permukaan yang sering disentuh

Bersihkan permukaan yang sering disentuh

Sumber: rd.com

Bersihkan seluruh area atau benda di dapur yang sering kamu sentuh. Mulai dari keran untuk mencuci piring, gagang pintu dapur, gagang kulkas, kompor gas, lap dapur, tempat sampah, handuk pengering tangan, rak piring, dan sebagainya. Lap dan bersihkan seluruh permukaan bagian tersebut dengan cairan pembersih secara rutin.

7. Perhatikan sirkulasi udara untuk dapur sehat

Perhatikan sirkulasi udara

Sumber: pella.com

Tak ketinggalan, sirkulasi udara yang baik pada dapur juga sangat penting untuk kamu perhatikan lho. Sebab, saat memasak akan muncul banyak asap yang bisa menyebar ke seluruh penjuru rumah. Sirkulasi udara yang baik juga akan menghindari dapur dari bau yang tak sedap. Pastikan kamu memiliki jendela yang cukup besar, dan buka jendela saat masak atau saat membersihkan dapur.

8. Jaga kebersihan diri dan makanan agar dapur sehat

jaga kebersihan diri

Sumber: eatthis.com

Hal yang paling terpenting saat menjaga kesehatan dapur adalah memulainya dari diri sendiri. Rajinlah cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan setelah makan, atau setiap membersihkan area dapur. Cuci semua bahan masakan sebelum dimasak untuk menghilangkan kotoran.

Menjaga kebersihan dapur sangat penting untuk menciptakan dapur sehat untuk keamanan keluarga. Lakukan secara teratur dan disiplin untuk menjaga dapur sehat.

Artikel Lainnya: Anti Bosan dengan 6 Hiasan Dapur Cantik Sederhana

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Tips Pemilihan Lighting Lampu Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak

6 Cara Merawat Wallpaper agar Kecantikannya Tetap Terjaga

Bagaimana Tren Model Rumah Minimalis 2019?

Tips Agar Tinggal di Apartemen Bisa Lebih Hemat dan Berkualitas

Betah Nonton TV Seharian dengan 6 Cara Menata Ruang TV Cerdas

Tips dan Trik Dekorasi Ruang Keluarga Kecil agar Lega dan Nyaman

Dapur Minimalis Sederhana yang Homey dan Disukai Kaum Muda

8 Tips Dekorasi Rumah yang Homey, Membuat Kamu semakin Betah!

Lantai Vinyl, Pilihan Material Selain Keramik untuk Desain yang Unik

5 Alasan Milenial Membeli Apartemen Dibandingkan Rumah

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !