Tips dan Trik Dekorasi Ruang Keluarga Kecil agar Lega dan Nyaman

Ruang keluarga kecil memberi kemudahan pengaturan dalam keterbatasan ruang. Berbagai potensi elemen interior dapat dipadukan dalam desain menyatu penuh inspirasi. Berbagai ide unik yang inovatif dan otentik justru tercipta dalam keterbatasan.

Ruang Keluarga Kecil
Perhatikan Ukuran Perabotan dalam Ruang Keluarga (Sumber: thespruce.com)

Tidak perlu berkecil hati memiliki ruang keluarga yang mungil. Ada berbagai tips dan trik dekorasi yang membuatnya tampil menawan dan menghadirkan rangkulan kenyamanan. Mari intip beberapa tips dan trik ampuh yang mudah diterapkan untuk menciptakan ruang keluarga yang lega dan nyaman!

1. Cermin untuk Dekorasi Apik Sepanjang Masa di Ruang Keluarga

Ini memang trik paling kuno untuk menyiasati visualisasi ruang, tapi masih ampuh dan tidak ketinggalan zaman. Ilusi ruang yang bertambah luas tercipta seketika, apalagi jika cerminnya berukuran besar. Bahkan, jika seukuran dinding, cermin akan membuat visualisasi ruang bertambah lebih dari dua kali lipatnya.

Ruang Keluarga
Ruang Keluarga dengan Cermin Besar (Sumber: idealhome.co.uk)

Selain itu, pantulan cahaya oleh cermin membuat cahaya menyebar ke sebagian besar ruang, bahkan hingga ke sudut. Optimalisasi cahaya dan reduksi sisi gelap menciptakan ruang keluarga yang terang dan terlihat lebih luas.

2. Terapkan Prinsip Minimalis agar Ruang Keluarga Mungil Tampak Lega

Prinsip minimalis yang memanfaatkan setiap elemen dengan fungsional, membuat kinerja ruang menjadi optimal walau dengan sedikit furniture. Estetika tercipta dari kecerdikan memfungsikan perabotan dengan menampilkan keindahan karakter secara jujur. Pada akhirnya, prinsip minimalis menciptakan ruang fungsional yang lega dan nyaman.

Ruang Keluarga Mungil
Ruang Keluarga Bergaya Minimalis (Sumber: housebeautifulcom)

Cerdiklah memanfaatkan dinding sebagai floating shelves atau rak penyimpanan dan area untuk memajang foto. Buatlah susunan rak memanjang secara vertikal untuk memaksimalkan pemanfaatan dinding. Warnanya bisa sama dengan latar dinding untuk menciptakan kesan menyatu. Bisa pula dicat dengan warna kontras sebagai aksen dan point of interest ruang yang mengalihkan minimnya ukuran ruang ke segi estetis ruang.

3. Perhatikan Ukuran Perabotan dalam Ruang Keluarga

Menyiasati minimnya ukuran ruang dapat diimbangi dengan pemilihan perabotan berukuran lebih kecil tanpa mengurangi nilai fungsinya. Pilihlah sofa, meja, dan perabotan lainnya dengan desain simple dan pertahankan prinsip perpaduan warna two tone dan maksimal three tone.

Ruang Keluarga Kecil
Perhatikan Ukuran Perabotan dalam Ruang Keluarga (Sumber: thespruce.com)

Pilihlah sofa dan meja dengan kaki-kaki yang ramping agar perabotan terkesan ringan dan tidak memenuhi ruang. Warna-warna netral dan alami seperti coklat, abu-abu, dan putih dapat menciptakan efek visual ruang yang lebih nyaman.

4. Pemilihan dan Perletakan Sofa yang Tepat untuk Ruang Keluarga Mungil

Sofa menjadi furniture utama yang kerap ada di ruang keluarga. Sofa bentuk L atau sofa sudut menempati sudut ruang keluarga yang terletak pinggir ruangan. Perletakan sofa ini menghindari kesan “lorong” yang biasanya ditimbulkan sofa panjang yang diletakkan di tengah ruang. Sofa bentuk L juga memaksimalkan pemanfaatan sudut ruang dan keberadaannya tidak mengganggu perletakan furniture lainnya.

Ruang Keluarga Kecil
Ruang Keluarga yang Nyaman dengan Sofa L (Sumber: freshome.com)

Jika diletakkan di ruang dengan konsep open-plan atau ruang terbuka, sofa bentuk L dapat menjadi batas dengan ruang lainnya, sambil tetap menghadirkan keterbukaan visual dan kemudahan komunikasi antar ruang.

Artikel lainnya: Cara Menciptakan Desain Ruang Keluarga Penuh Kehangatan

5. Warna Kromatik Membuat Ruang Keluarga Kecil Tampak Lega

Warna kromatik terutama warna putih, krem, dan abu-abu muda sangat cocok diterapkan untuk menciptakan efek lega pada ruang yang sempit. Warna-warna ini memantulkan cahaya dengan baik hingga ke sudut-sudut ruang dan memaksimalkan ukuran ruang yang terlihat oleh mata.

Ruang Keluarga
Warna Kromatik untuk Visualisasi Ruang yang Lebih Luas (Sumber: dekobilder.com)

Furniture berwarna senada membuat ruang terasa padu dan terlihat lebih luas. Manfaatkan sepasang kursi lengan yang ramping sebagai focal point dengan latar belakang lukisan-lukisan unik.

Artikel lainnya: Cat Ruang Tamu: Kontras atau Harmonis?

6. Tanaman Pelengkap Interior Memberi Keteduhan dan Kesan Ruang Luas

Keberadaan tanaman dalam ruang tidak dipungkiri lagi menciptakan hubungan indoor dan outdoor yang nyata. Tanaman dengan daunnya yang hijau menyegarkan membawa kealamian ruang luar ke dalam interior.

Ruang Keluarga Mid Century
Ruang Keluarga Bergaya Mid Century (Sumber: bipolar-aging.com)

Pilihlah tanaman pelengkap interior yang mudah perawatannya. Selain memberi keteduhan dan keasrian, aneka tanaman sansevieria seperti lidah mertua, menjadi penyedia oksigen yang sangat baik, sekaligus antioksidan.

Artikel lainnya: Tanaman Hidroponik Menyiasati Lahan Sempit

Ruang Keluarga
Ruang Kecil dengan Desain Luar Biasa (Sumber: freshome.com)

Terbukti berbagai tips dan trik dekorasi dapat menjadi solusi keterbatasan ruang keluarga kecil dan menghadirkan suasana nyaman yang lega, dan bahkan estetis. Jadi, tidak perlu berkecil hati memiliki ruang mungil. Justru manfaatkan setiap tantangan untuk menciptakan desain otentik yang inovatif dan menawan.

Nantikan artikel-artikel lainnya untuk mendapatkan berbagai ide desain yang sempurna. Lihat juga koleksi desain interior, lemari pakaian, dan kitchen set Furniterus dan konsultasikan desain idaman yang bisa di-custom sesuai keinginan dan kebutuhan.

Artikel Lainnya

12 Perlengkapan Dapur Wajib Untuk Apartemenmu

Hindari 5 Kesalahan Tata Ruang Rumah yang Sering Dilakukan Ini

7 Ide Rak Dapur Minimalis untuk Dapur Kecil

Ingin Sewa Apartemen? Simak Dulu Tipsnya!

Bagaimana Tren Model Rumah Minimalis 2019?

Prinsip Menata Peralatan Dapur agar Nyaman Saat Memasak

5 Tips Memilih Lampu Hias untuk Ruang Tamu Kamu

6 Trik Desain Dapur Minimalis Kecil Agar Tetap Nyaman

Kayu Jati Belanda: Material Menawan yang Tak Lekang oleh Waktu

Tips Desain Kamar Tidur Anak yang Digunakan Bersama agar Nyaman

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !