Ingin Anak Nyaman Bermain? Praktikan 5 Tips Interior Ruang Bermain Anak yang Children-Friendly

Furniterus - etiap orang tua pasti ingin memberikan fasilitas terbaik untuk anaknya. Salah satu caranya adalah dengan mewujudkan ruang bermain anak yang ideal untuk pertumbuhan si kecil di rumah ataupun apartemen. Ruang bermain akan membantu hunian jauh lebih rapi dan terhindar dari barang-barang atau mainan si kecil, karena bisa menjadi tempat menyimpan barang-barang mainannya. Namun, merancang ruang bermain anak nggak hanya sekadar menata dan mendekorasi lho. Diperlukan juga cara cermat agar ruang bermain anak bisa menjadi tempat yang menyenangkan, sekaligus aman dan nyaman bagi si kecil. Bagaimana caranya? Yuk, ciptakan interior ruang bermain anak yang children-friendly dengan tips berikut ini.

1. Pilih furniture yang aman dan fungsional

Sumber: freshome.com

Kamu tidak bisa sembarangan memilih furniture untuk ruang bermain anak. Kriteria furniture yang aman ditempatkan di ruang bermain anak adalah furniture berkualitas dari material yang kokoh, bebas bahan kimia atau non-toxic, dan desainnya ergonomis. Pilih juga furniture yang mudah dibersihkan dan tidak akan menjadi sarang debu, seperti sofa dengan kain lembut dan lemari berkaki.

Kamu perlu memperhatikan juga ruang penyimpanan yang digunakan pada ruang bermain. Ruang bermain memang akan menjadi tempat untuk menyimpan berbagai mainan anak, namun bukan berarti mainan ini boleh berantakan di ruang bermain ya. Penggunaan furniture yang multifungsi pada ruang bermain anak juga bisa menjadi alternatif dalam menghemat ruang. Ukuran furniture juga harus disesuaikan dengan ukuran tubuh anak dan mudah dijangkau oleh si kecil. Lemari yang terlalu tinggi akan mendorong anak memanjat untuk menjangkau mainannya. Hal ini tentu saja berbahaya.

2.  Pilih mainan yang edukatif untuk anak

Sumber: freshome.com

Ruang bermain juga harus dapat digunakan sebagai ruang belajar bagi anak. Tempatkan satu set meja dan kursi, dekorasi lucu, serta papan tulis agar mereka bisa semakin produktif berkarya. Cara ini juga bisa menjadi salah satu cara berinteraksi dan mengajarkan banyak hal pada si kecil. Jangan lupa untuk menggunakan furniture atau mainan yang bersudut tumpul, sehingga aman untuk digunakan. Kamu juga bisa menempatkan mainan atraktif pada ruang bermain anak seperti tenda kain yang juga bisa dimanfaatkan untuk tempat bersantai si kecil sambil membaca buku.

3. Latih motorik anak lewat dekorasi ruang

https://furniterus.com/wp-content/uploads/2019/04/Pirate-fantasy-childs-playroom-with-bordered-walls-and-dragon-rocking-horse-400×267.jpeg

Sumber: home-designing.com

Menghadirkan ayunan, perosotan, atau area memanjat sebagai dekorasi ruang bermain bisa memberikan manfaat tersendiri untuk anak. Jika area ruang bermain yang kamu miliki cukup memadai, kamu bisa menghadirkan berbagai objek bermain ini sebagai dekorasi untuk melatih kinerja motorik anak. Tidak hanya menghadirkan ruang untuk si kecil bergerak bebas, hadirkan juga dekorasi yang memacu gerak motorik seperti kasur bertingkat dengan kolong tempat tidur yang bisa difungsikan sebagai rumah bermain.

4. Dekorasi ruang bermain dengan sistem zoning ruang

Sumber: homemydesign.com

Saat membuat dekorasi ruang bermain anak, maka kamu perlu memastikan untuk membagi dengan jelas area antara tempat tidur, tempat bermain, tempat belajar dan sebagainya. Tentu kamu nggak mau ‘kan ada mainan yang bertebaran di tempat tidurnya? Pisahkan area kerja anak seperti meja belajar dan kursi untuk tempatnya membaca dan menulis di satu sudut ruangan. Pada area ini kamu bisa menandakan area baca dengan menambahkan dekorasi ruang berupa rak buku kecil sebagai mini library.

Siapkan juga area kotor yang jauh dari dekorasi ruang bermain yang mungkin akan sulit dibersihkan jika terkena noda seperti tempat tidur dan sofa. Di area kotor ini, kamu bisa memberikan bidang lukis untuk anak bermain dengan alat menggambarnya. Biarkan si kecil mengekspresikan bakat seni yang ia miliki.

Artikel Lainnya: 7 Tips Cerdas Desain Kamar Tidur Anak Jangka Panjang

5. Dekorasi ruangan dengan material yang aman, kuat, dan mudah dibersihkan

https://furniterus.com/wp-content/uploads/2019/04/1405401249754-400×300.jpeg

Sumber: hgtv.com

Hal terpenting dalam mendekorasi ruang bermain adalah keamanan dan kekuatan. Kecerobohan sedikit saja dalam dekor ruang bermain bisa berakibat fatal bagi si kecil lho. Pastikan hal-hal seperti cat dinding dan furniture plastik tidak mengandung racun. Hindari juga dekorasi ruang bermain yang memiliki sudut tajam. Gunakan perabot lengkung tanpa sudut untuk mengurangi risiko benturan yang berbahaya.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, dijamin ruang bermain anak akan aman dan menyenangkan untuk anak. Yuk, dicoba!

Artikel Lainnya: Cara Menciptakan Desain Ruang Keluarga Penuh Kehangatan

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Mau Biaya Renovasi Rumah yang Sesuai Budget? Ini 5 Caranya!

10 Cara Buat Apartemen Terkesan Mewah Tanpa Dana Melimpah

7 Model Meja Tamu untuk Ruang Tamu Modern Minimalis

7 Desain Kamar Mandi Minimalis yang Kekinian dan Menenangkan

Lemari Gantung Dapur Kekinian yang Simpel dan Keren

Dekorasi Apartemen Pasangan Muda yang Cozy dan Homey

5 Cara Memilih Keramik Sesuai Kebutuhan dan Fungsi Ruangan

Desain Lemari Pakaian yang Cocok untuk Kamar Tidurmu

Apa Itu Cat Duco? Yuk, Kenalan Lebih Dekat!

Mau Sewa Apartemen Pertama? Yuk, Perhatikan 10 Hal Penting ini!

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !