7 Model Tangga Minimalis yang Dapat Menambah Estetika Rumah

FURNITERUS.com – Ingin membuat rumah bertingkat? Salah satu unsur yang tak boleh ketinggalan tentu saja adalah desain tangga minimalis. Tangga sebagai akses penghubung antara lantai satu dan lantai dua sangat penting untuk diperhatikan desain serta kekuatannya. Sebab tangga tak hanya berfungsi sebagai penghubung saja, tetapi juga dapat menyumbang nilai estetika pada rumah. Dengan tangga yang mewah dan cantik, nilai estetika dari interior pun akan bertambah. Masih bingung memilih desain tangga minimalis yang cocok untuk tampilan rumah? Lihat inspirasinya terlebih dahulu yuk.

1. Tangga lurus

Tangga lurus
(Sumber: keuka-studios.com)

Model tangga yang satu ini terbilang sangat sederhana karena bentuknya yang hanya memanjang ke atas tanpa adanya cabang atau belokan. Bentuk tangga seperti ini biasanya disebut sebagai tangga model linear atau lurus. Untuk menerapkan tangga model ini kamu harus memiliki ruangan yang cukup luas, karena faktor kemiringan tangga ini kurang cocok diterapkan pada ruangan kecil. Tips untuk menerapkan model tangga lurus adalah jangan membuat sudut yang terlalu curam karena dapat memabahayakan penggunanya.

2. Tangga spiral

Tangga spiral
(Sumber: moneypit.com)

Tak hanya desainnya yang unik, tangga spiral juga cocok diaplikasikan pada rumah minimalis dengan ruangan yang cukup sempit. Tangga putar ini lebih fleksibel daripada jenis tangga lainnya, karena dapat menghemat lebih banyak ruang dan tidak terlalu memakan tempat. Sayangnya, masih banyak orang yang beranggapan bahwa tangga jenis ini lebih tepat digunakan pada area di belakang rumah, padahal dengan sedikit trik tangga ini bisa terlihat cantik saat diletakkan di area utama rumah.

Hanya saja, tangga spiral memiliki ukuran lebar yang berbeda pada setiap anak tangganya. Sehingga jika kamu belum terbiasa, akan sulit untuk berjalan hingga memindahkan barang menggunakan tangga ini.

3. Tangga “U”

Tangga “U”
(Sumber: signaturestairs.com.au)

Model tangga berbentuk U sering sangat umum digunakan pada banyak gaya rumah karena desainnya yang simpel dan mudah diaplikasikan. Tangga berbentuk U ini sangat pas digunakan pada rumah minimalis karena bentuknya yang berbelok arah cocok untuk diaplikaskan pada ruangan kecil. Tangga seperti ini juga bisa dibuat mengarah ke kanan atau ke kiri lho.

Cek Juga: Katalog Model Lemari Pakaian Furniterus

4. Tangga zigzag

Tangga zigzag
(Sumber: remodeling.hw.net)

Kamu suka dengan sesuatu yang unik dan berbeda? Menggunakan desain tangga zigzag bisa memberikan tampilan yang out of the box pada keseluruhan rumah lho. Saat menaiki tangga rumah yang zigzag, pengalaman yang terasa pastinya juga akan berbeda dibandingkan dengan tangga pada umumnya. Tangga zigzag juga bisa menjadi trik cerdas untuk menjawab tantangan keterbatasan ruang pada hunian dengan luas terbatas.

5. Tangga minimalis tanpa pegangan

Tangga minimalis tanpa pegangan
(Sumber: archiexpo.com)

Ingin membuat rumah terkesan modern dan futuristik? Model tangga minimalis tanpa pegangan ini bisa menjadi pilihan. Tangga yang disebut sebagai handrailing ini terlihat seperti hanya satu garis tanpa penopang. Desainnya yang terlihat simpel dan fungsional cocok untuk diterapkan pada rumah berkonsep minimalis. Biasanya, material tangga yang digunakan adalah material kayu yang terkenal kuat dan kokoh. Desain tangga seperti ini bisa juga membuat rumah terkesan lebih lapang lho.

6. Tangga minimalis berbahan beton atau semen

berbahan beton atau semen
(Sumber: miragestudio7.com)

Desain tangga yang satu ini terbilang lebih sederhana, karena kamu tidak harus menggunakan banyak material untuk desain ini. Walaupun hanya berbahan dasar semen, tak membuat tangga ini kehilangan kecantikan dan keunikannya. Dengan mengekspos material semen secara langsung, nuansa minimalis pada ruangan pun tetap terlihat semakin hidup. Tangga model ini sangat cocok untuk desain rumah yang ingin terlihat simpel dan tetap memiliki unsur natural.

7. Tangga minimalis berbahan kaca

berbahan kaca
(Sumber: homedit.com)

Mau mengaplikasikan sesuatu yang anti-mainstream? Tangga kaca harus kamu coba aplikasikan di dalam rumah. Tak hanya mendukung kesan minimalis, sensasi saat menaikinya pun akan sangat menarik sebab kamu akan merasa seperti tidak menapaki apapun. Orang pun akan kaget saat melihatmu menuruni tangga. Untuk menambahkan sentuhan efek futuristik, kamu bisa menambahkan lampu LED pada sisi kanan atau kiri tangga.

Menarik ‘kan? Setelah melihat beberapa inspirasi tangga minimalis tadi, kamu sekarang bisa memilih kira-kira desain mana yang paling sesuai dengan luas ruangan serta suasana rumah kamu.

Artikel Lainnya: 8 Desain Kabinet Bawah Tangga untuk Pemanfaatan Ruang yang Efisien

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Buat Kamar Lebih Berwarna dengan 6 Dekorasi Dinding Kamar Unik

Desain Rumah Bergaya Skandinavia, Solusi untuk Apartemen Kecil

6 Desain Kitchen Set Minimalis yang Menjadi Tren Tahun ini

6 Desain Lemari Pakaian Minimalis Modern yang Super Stylish

Mungil tapi Nyaman, Ini 6 Desain Dapur Minimalis 2x2 yang Bisa Ditiru

7 Inspirasi Desain Partisi Ruangan Kreatif untuk Apartemen

Tips Memilih Karpet Lantai untuk Ruangan Minimalis

5 Tips Memilih Lampu Hias untuk Ruang Tamu Kamu

Desain Interior Apartemen ala Milenial: Super Cozy tapi Budget Terjangkau

Tips Desain Kamar Tidur Anak yang Digunakan Bersama agar Nyaman

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !