Bagaimana Tren Model Rumah Minimalis 2019?

Furniterus - Penggemar rumah minimalis? Desain rumah minimalis yang sederhana dan terkesan modern memang semakin digemari setiap tahunnya. Rumah minimalis yang tergolong fleksibel juga memudahkan tiap orang untuk membangunnya di lahan luas atau lahan sempit. Rumah yang minimalis juga sering diadopsi oleh keluarga milenial. Nah berkembangnya desain minimalis, membuat semakin banyak inovasi dan kreasi dari desain minimalis yang bermunculan. Mau lihat model rumah minimalis 2019 terbaru yang sedang tren? Yuk, lihat beberapa desainnya berikut ini sebagai sumber inspirasimu.

1. Rumah minimalis Jepang

Sumber: japantimes.co.jp

Budaya Jepang juga memberikan daya tarik tersendiri dalam perkembangan desain minimalis. Bahkan, konsep minimalis sendiri sudah cukup lama diterapkan dalam rumah Jepang. Kamu bisa lho mengadopsi konsep minimalis Jepang ini ke dalam hunianmu. Hunian Jepang ini mampu memberikan kesan hangat, sederhana dan menyatu dengan alam. Ini ditandai dengan pemilihan material kayu dan bambu pada hunian. Baik itu untuk dinding, pintu, lantai hingga bagian rumah lainnya.

Ciri khas rumah minimalis Jepang yang paling unik adalah sliding door-nya. Selain fungsional, pintu model ini juga akan lebih menghemat tempat dibandingkan pintu biasa. Untuk furniture, gaya Jepang biasanya tidak begitu menggunakan banyak furniture agar rumah lebih luas dan fungsional.

2. Rumah minimalis monokrom

Sumber: theinteriorsaddict.com

Salah satu model rumah minimalis yang sedang tren adalah rumah dengan warna fasad bertema monokromatis. Penerapan warna monokrom ini sebenarnya mengadopsi tren rumah minimalis yang sudah populer sejak tahun 2016 dengan ciri khas warna sederhana. Nah tren ini diprediksi akan terus menjadi tren rumah minimalis terbaru di tahun-tahun berikutnya.

Biasanya warna monokrom pada fasad tidak hanya digunakan pada finishing cat saja, tetapi juga digunakan pada kusen pintu dan jendela rumah.

3. Rumah minimalis bergaya klasik

Sumber: pinterest.com

Ingin memberikan kesan mewah pada ruangan? Minimalis juga bisa membuat rumah terlihat mewah lho. Coba terapkan desain klasik yang mewah pada hunian. Untuk mempertahankan konsep minimalis, pilihlah furniture fungsional yang tetap berkesan elegan. Cara mempekuat kesan mewah, jangan lupa untuk memoleskan warna-warna elegan di setiap sisi rumah.

4. Rumah dengan konsep split level

Sumber: pinterest.com

Tren yang satu ini semakin banyak digunakan oleh milenial. Lahan yang terbatas dan mahal untuk mendirikan rumah membuat kita harus ekstra kreatif dalam memisah ruang di sebuah rumah. Split level dapat menjadi solusi untuk membuat tampilan rumah minimalis terlihat apik dan juga membuat penataan tata ruang menjadi lebih optimal.

Konsep split level ini berkaitan dengan teknik konstruksi untuk menciptakan ruang lebih dengan menonjolkan perbedaan ketinggian lantai. Perbedaan ketinggian lantai pada rumah dengan konsep ini akan membuat seluruh ruangan terlihat lebih besar dan lapang, walaupun dibangun di lahan terbatas.

Artikel Lainnya: 7 Tips Desain Interior Rumah Minimalis yang Tak Lekang oleh Waktu

5. Rumah dengan konsep split-grow

Sumber: berriestoreliving.com

Jika split level bisa menjadi solusi rumah di lahan sempit, maka split-grow akan menjadi solusi rumah di lahan besar namun dengan anggaran terbatas. Konsep ini merupakan konsep konstruksi rumah yang masih menyisakan ruang untuk bisa dikembangkan di kemudian hari. Jadi, dengan konsep ini pemilik rumah bisa membangun ruang penting terlebih dahulu. Prinsip dari konsep split-grow ini adalah kekuatan dan daya tahan yang memungkinkan rumah untuk dikembangkan di kemudian hari.

6. Rumah dengan dominasi full height window

Sumber: allthingselegant.tumblr.com

Tren selanjutnya adalah rumah yang menggunakan full height window di hampir seluruh bagian fasad. Penggunaan material kaca bening pada jendela yang berukuran besar membuat desain rumah minimalis terbaru yang satu ini terkesan mewah, megah, dan luas. Rumah pun menjadi terlihat lebih sederhana sekaligus stylish dengan adanya kaca berukuran besar.

Penggunaan full height window juga akan menjadikan rumah lebih ramah lingkungan lho. Sinar matahari bisa masuk lebih maksimal di pagi dan siang hari untuk menerangi seluruh bagian rumah. Hal ini akan membuat rumah terhindar dari kesan pengap dan lembab.

7. Rumah dengan finishing kayu

Sumber: homestratosphere.com

Kayu yang digunakan pada desain rumah minimalis yang sedang menjadi tren ini biasanya dicat dalam satu warna polos atau hanya dipoles untuk mempertahankan warna aslinya. Bentuk kayu yang digunakan pun sederhana, biasanya hanya berupa lembaran atau batangan lurus tanpa adanya ukiran atau bentuk rumit lainnya. Material kayu ini bisa kamu gunakan untuk shading jendela, pintu garasi, railing balkon, pagar, anak tangga beserta handrail-nya, atau rangka kanopi.

Artikel Lainnya: Rumah Sederhana Minimalis yang Lega dan Nyaman

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Material Kitchen Set Multiplek, Bahan Andalan yang Kuat dan Tahan Air

Akali Keterbatasan Ruang dengan 6 Ide Pembatas Ruangan

Interior Apartemen untuk Keluarga Muda yang Dinamis

7 Desain Lantai Rumah untuk Kamu yang Stylish

7 Ide Memilih Plafon Kamar untuk Tidur Lebih Nyenyak

Gorden Jendela Minimalis yang Cocok Agar Ruangan Terlihat Lebih Luas

Desain Kamar Anak Penuh Petualangan yang Memotivasi Kreativitas

7 Desain Interior Rumah Tipe 36 yang Nyaman untuk Pasangan Muda

6 Cara Merawat Wallpaper agar Kecantikannya Tetap Terjaga

Prinsip Menata Peralatan Dapur agar Nyaman Saat Memasak

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !