Cara Memilih Desainer Interior yang Pas untuk Kebutuhan

Siapa yang tidak ingin memiliki desain interior rumah yang nyaman dan indah? Tentu saja semua orang menginginkannya. Namun, keinginan ini seringkali terbentur kesulitan menemukan desain yang tepat. Sebagian orang berpikir untuk mendesainnya sendiri dengan mengambil referensi dari berbagai artikel dan majalah interior. Tetapi, tidak semua tips dari berbagai sumber itu, dapat dipraktekkan dengan mudah. Bahkan seringkali masih dirasa kurang pas dengan keinginan dan kebutuhan.

Memilih Desainer Interior
Memilih Desainer Interior (Sumber: medium.com)

Memang, cara paling tepat untuk mendapatkan desain interior yang cocok adalah dengan menyerahkannya kepada para ahli, yaitu para desainer interior. Namun ternyata, sekali lagi terkendala masalah bagaimana memilih desainer interior yang tepat, pas di hati dan pas di kantong. Nah, agar tidak salah memilih, sebaiknya kita kenali dulu siapakah desainer interior dan deskripsi pekerjaan seperti apa yang dapat mereka lakukan sesuai keahliannya.

1. Siapakah Desainer Interior Itu?

Sesuai namanya, desainer interior adalah seorang profesional yang ahli dalam merancang interior ruang bagian dalam untuk menciptakan suasana dan efek khusus yang diinginkan. Lingkup kerjanya berfokus pada satu ruang atau satu bagian ruang saja. Tanggung jawab untuk semua aspek yang berkaitan dengan interior, termasuk perletakan dan memadukan berbagai elemen ruang berada di pundak mereka.

Desainer interior berperan menciptakan ruang fungsional yang aman, nyaman, efisien, dan estetis. Suasana yang tercipta pun harus mendukung fungsi ruang tersebut.

Memilih Desainer Interior
Memilih Desainer Interior untuk Ruang Tinggal yang Berkualitas (Sumber: home-designing.com)

Secara detail, mereka bertanggung jawab terhadap desain pencahayaan, jenis, sifat, tekstur, warna bahan, serta pemanfaatannya. Selain itu, desainer interior juga harus mengerti teori dan sejarah desain serta sistem dan teknologi bangunan agar gaya desain interior dapat sejalan, sepadu, dan mendukung arsitektur bangunan secara keseluruhan. Secara mudah, desainer interior adalah profesional yang membantu memudahkan terwujudnya desain interior idaman berkualitas dengan cara terbaik.

2. Desainer Interior yang Profesional

Sebagai ruang tinggal, mengubah interior rumah tidaklah semudah menjentikkan jari, apalagi jika harus melibatkan pekerjaan pembongkaran dinding atau pengecatan ulang. Itulah sebabnya, seorang desainer interior yang profesional, harus mampu menyajikan desain yang tahan lama dan tidak ketinggalan zaman.

Memilih Desainer Interior
Memilih Desainer Interior untuk Apartemen Mungil (Sumber: home-designing.com)

Desain ruang yang tercipta harus bermanfaat dan mudah diakses, dan bukan sekedar estetika belaka.

Selain piawai menciptakan ruang fungsional yang nyaman, mereka juga harus memiliki jaringan komunikasi yang baik dengan pihak terkait, mulai dari arsitek, supplier cat, hingga pedagang kain di pasar grosir. Kemampuan ini sangat diperlukan agar semua ide desain dapat terimplementasi dengan baik dan optimal.

3. Memilih Profesional yang Handal dan Tepat  

Sebenarnya menemukan desainer interior tidaklah sulit, namun untuk menemukan yang berbakat dan profesional, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan. Artikel dan majalah interior, baik offline maupun online dapat membantu memilih desainer yang karyanya cocok dengan selera.

Memilih Desainer Interior
Memilih Desainer Interior Lewat Portfolio (Sumber: creativemarket.com)

Pilihlah setidaknya tiga desain dengan gaya yang diinginkan, gaya minimalis, industrial, modern, kontemporer, mid-century, mediteranian, klasik, etnik atau perpaduannya. Desainer interior dengan portfolio bisa dijadikan acuan keterampilannya. 

4. Cara Memastikan Kepiawaian Desainer Interior

Saat berkonsultasi, pastikan kemampuan menggambarnya. Kemukakan semua gambaran yang interior yang diinginkan. Seorang desainer yang handal akan menjadi pendengar dan pemerhati yang baik. Semua cita-cita desain akan ditampung dan disimpulkan secara profesional dalam sketsa yang memudahkan klien memvisualisasikan keinginannya.

Memilih Desainer Interior
Memilih Desainer Interior yang Pas untuk Kebutuhan (Sumber: home-designing.com)

Biasanya, desainer yang profesional akan menggambarkan sketsa, langsung saat klien mengemukakan kebutuhan dan keinginannya.

5. Menciptakan Desain Berkualitas yang Hemat Biaya dan Waktu

Mereka tidak sekedar mengiyakan semua hal yang dikatakan klien, tetapi juga memberikan saran untuk mendapatkan hasil terbaik. Hasil desain yang dihasilkan bukan sekedar memenuhi keinginan klien, tetapi ajang pembuktian kepiawaian mereka, bukti diri bahwa mereka pantas disebut desainer interior yang handal.

Memilih Desainer Interior
Memilih Desainer Interior agar Dapur Tampak Rapi (Sumber: archiexpo.fr)

Selain pandai menggambarkan sketsa, desainer interior juga pandai menghitung. Cek kisaran biaya untuk mengimplementasikan desain dan sesuaikan pula dengan dana yang dimiliki.

Artikel Lainnya: Prinsip Desain Interior dan Penerapannya  Bagi Orang Awam

6. Pilihlah Desainer Interior yang Pas untuk Kebutuhan

Pilihlah desainer interior yang berkualitas dan kredibilitasnya tidak diragukan lagi, salah satunya furniterus.com. Memang, kepiawaian mendesain berkembang seiring pengalaman, namun tidak tertutup kemungkinan, para desainer baru memiliki bakat dan cita rasa tinggi yang membuat hasil karya mereka unik dan fresh.

Memilih Desainer Interior untuk Apartemen (Sumber: furniterus.com)

Interior sangat menentukan kualitas hidup orang yang beraktivitas di dalamnya. Agar tidak salah pilih, tidak perlu ragu, berkonsultasilah dan tentukan desainer yang “chemistry”nya paling pas dengan kebutuhan. Temukan juga koleksi lemari pakaian dan kitchen set idaman yang bisa di-custom sesuai keinginan dan kebutuhan. Mari temukan desain-desain terbaik untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Artikel Lainnya

7 Siasat Kreatif Ciptakan Suasana Lega untuk Apartemen Minimalis

8 Inspirasi Dapur Cantik yang Hemat Ruang di Apartemenmu

7 Jenis Keramik Lantai untuk Ubah Suasana Apartemenmu

7 Cara Mudah Menata Ruang Tamu Idaman

Dekorasi Apartemen dan Rumah, Apa Sih Bedanya?

7 Tips Cerdas Desain Kamar Tidur Anak Jangka Panjang

Furniture Paketan vs Furniture Satuan: Mana yang Lebih Baik?

Tren Desain Interior 2020 untuk Rumah Kaum Urban yang Dinamis

Dekorasi Apartemen Pasangan Muda yang Cozy dan Homey

Dekorasi Apartemen Terasa Membosankan? Ini Solusi Cerdiknya!

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !