7 Cara Memaksimalkan Taman Minimalis Depan Rumah Berlahan Sempit

Kamu mempunyai lahan yang terbatas tetapi tetap ingin memiliki taman di depan rumah? Yap, semakin sempitnya lahan perumahan, terutama di wilayah perkotaan, membuat banyak hunian memiliki lahan yang tidak cukup untuk dibangun taman. Tenang saja, impianmu ini tetap bisa kamu wujudkan dengan sedikit kreativitas. Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar taman minimalis depan rumah tampak cantik dan asri. Hal ini penting, sebab jika kamu salah menata, kamu justru akan membuat taman terlihat sumpek dan kehilangan keindahannya. Mau tahu cara memaksimalkan taman minimalis depan rumah di lahan sempit? Yuk, temukan jawabannya.

1. Hitung luas area taman minimalis depan rumah

Sumber: decoist.com

Langkah pertama, kamu perlu menghitung dan mengukur luas area taman minimalis depan rumah. Perhitungan luas area taman ini penting untuk penentuan konsep dan tema taman yang akan kita bahas di poin selanjutnya. Mengetahui luas area lahan juga akan berpengaruh pada penentuan jenis dan jumlah tanaman yang tepat. Jika luar area lahan taman memiliki ruang yang cukup, kamu bisa menempatkan beberapa jenis tanaman hias yang dilengkapi dengan kolam. Namun jika luas areanya terbatas, kamu bisa mencoba menerapkan konsep taman vertikal.

2. Tentukan konsepnya sesuai dengan gaya rumah

Sumber: homedsgn.com

Setelah menghitung luas area lahan, kamu bisa mulai membuat desain dan konsep taman sesuai dengan luasnya. Jika area cukup luas, kamu bisa menambahkan kolam, kursi taman, atau bahkan membuat jalan setapak untuk memperindah taman. Menyesuaikan gaya rumah dan tanaman yang menghiasi taman juga sangat penting untuk menciptakan visual yang harmonis pada rumah.

Penentuan konsep juga akan berpengaruh pada jenis media penempatan tanaman. Jika kamu ingin menciptakan kesan luas pada taman, sebaiknya lakukanlah penanaman langsung ke tanah. Untuk taman yang mempunyai luas yang cukup, kamu bisa menggunakan pot sebagai media tanam.

3. Pilih tanaman yang sesuai dengan konsep

Sumber: thesweethouseofmadness.com

Pemilihan jenis tanaman harus disesuaikan dengan luas, konsep taman minimalis, serta iklim di daerah kamu tinggal. Kamu juga perlu memperhatikan kebutuhan tanaman akan cahaya matahari, sebab ada tanaman yang kuat terkena paparan sinar matahari langsung dan ada yang tidak. Untuk mendukung visual taman, kamu juga bisa menambahkan pencahayaan yang tepat. Jangan lupa untuk menutupi lahan terbuka dengan rumput.

4. Tata tanaman di taman minimalis depan rumah dengan tepat

Sumber: interiorstylehunter.com

Perlu diingat, penataan adalah kunci penting untuk taman minimalis depan rumah. Hindari menempatkan tanaman dengan jarak yang sangat berdekatan karena akan membuat taman terlihat semakin sempit. Tempatkanlah tanaman dengan sistem penataan yang lurus dan beri jarak agar tetap terlihat rapi. Jangan hanya menempatkan satu jenis tanaman saja karena akan membuat tampilan terlihat monoton. Kreasikan taman minimalismu dengan beberapa jenis tanaman.

Artikel Lainnya: Tanaman Hidroponik Menyiasati Kebutuhan Taman di Lahan Sempit

5. Konsultasi dengan desainer landscape taman

Sumber: thespruce.com

Membuat taman minimalis depan rumah di lahan yang terbatas tentu tidak mudah. Untuk mencari solusi yang tepat, kamu bisa berkonsultasi dengan desainer landscape taman atau setidaknya kepada teman yang sudah pernah membuat taman depan rumah sendiri. Berkonsultasi dengan desainer landscape juga akan membantu kamu dalam menentukan target serta anggaran yang realistis dalam membuat taman depan rumah. Kamu juga bisa mengurangi biaya tak terduga, karena para ahli sudah berpengalaman sehingga kemungkinan terjadi kesalahan pembangunan sangat kecil terjadi.

6. Perhatikan pembuatan drainase taman

Sumber: cgreens.com

Unsur penting lainnya dalam pembuatan taman minimalis depan rumah adalah sistem drainase yang baik. Pastikan saluran drainase yang kamu bangun terhubung dengan saluran pembuangan air di rumah. Buatlah lubang drainase sedikit di bawah permukaan taman untuk memudahkan penyerapan air. Kemudian, pilihlah penutup drainase dengan lubang yang kecil untuk menyaring daun atau bunga yang jatuh agar tidak menyumbat saluran.

7. Sulap lantai teras menjadi pot bunga

Sumber: gardenbuilders.co.uk

Apakah kamu mempunyai lahan taman minimalis depan rumah yang sangat terbatas? Kamu juga bisa lho menyulap lantai teras rumahmu menjadi pot bunga. Teras yang dipenuhi dengan pot berisi bunga akan membuat teras rumahmu terlihat seperti taman. Namun, jangan asal menata dan memilih pot ya. Bisa-bisa terasmu menjadi sempit dan menggangu aktivitas. Kamu bisa menanam bunga pada pot yang tebuat dari cekungan pada teras seperti gambar. So, kamu tidak perlu repot menata banyak pot.

Artikel Lainnya: Ide Taman Minimalis untuk Apartemen di Jakarta

Sudah siap untuk merancang taman minimalis depan rumahmu?