Meja Makan Minimalis Keren yang Hemat Ruang

Meja makan dapat dikategorikan minimalis keren bukan semata-mata karena gaya desainnya. Minimalis yang menjunjung fungsi sebagai patokan desain akan tampil keren jika mampu berfungsi maksimal sambil tetap menonjolkan kejujuran desain dan menjadikannya bernilai estetika tinggi.

Di zaman milenial ini, keberadaan meja makan sangat penting artinya bagi kebersamaan keluarga. Setidaknya, di meja makan inilah anggota keluarga memiliki kesempatan untuk bercengkerama di sela-sela kesibukan kegiatan sehari-hari.

Inilah sebabnya, desain meja makan perlu dipikirkan secara detail untuk memberikan kenyamanan saat makan bersama.

Sumber: home-designing.com

Di tengah sempitnya lahan dan mungilnya area hunian, desain meja makan yang hemat ruang menjadi solusi untuk menyiasati ruang. Bagaimana desain meja makan minimalis keren yang hemat ruang? Mari intip beberapa desain yang dapat dijadikan inspirasi untuk ide-ide keren lainnya!

Desain minimalis bukan berarti desainnya harus seminim dan sesederhana mungkin. Bukan pula keterbatasan desain. Walaupun filosofi utamanya adalah “less is more”, jangan ragu untuk mengikutsertakan sentuhan pribadi agar desainnya lebih unik, lebih menyatu, dan lebih nyaman.

1. Meja Makan Minimalis Skandinavian dengan Kaki Sawhorse

Kebanyakan desain minimalis menjadikan putih sebagai warna populernya. Selain tampak bersih dan terang, warna putih membuat ruang terasa lebih luas. Meja makan dengan kaki sawhorse yang terbuat dari kayu, membuat meja terlihat lebih ramping, dan menjadikannya focal point dalam ruang makan.

Sumber: home-designing.com

Sengaja dipilih warna coklat kayu yang terang agar terkesan ringan. Ukuran kedua belas kaki meja yang super ramping menunjukkan kesederhanaan, membuat meja seperti melayang, dan ruang tampak lebih lega.

2.  Meja Makan Minimalis sekaligus Kitchen Island

Menyiasati ruang agar lebih hemat, salah satunya dengan menggabungkan beberapa ruang atau perabotan yang fungsinya saling melengkapi. Ruang makan bisa digabung dengan dapur. Meja makan dapat disatukan dengan kitchen island.

Sumber: home-designing.com

Delapan kursi hitam dengan kaki ramping yang tinggi bersanding apik dengan dapur serba putih, berbaris rapi menghadap kitchen island. Garis-garis tegas horizontal dan vertikal memperkokoh estetika minimalis yang identik dengan garis.

Ruang terasa lebih luas dan terbuka. Warna hitam kelamnya menjadikan kursi makan sebagai point of interest dan memperjelas area ruang makan.

Lihat Juga: Kitchen Set Kontemporer Mikkeli

3. Meja Makan Minimalis di Dapur

Kali ini bukan kitchen island yang dimultifungsikan menjadi meja makan. Tapi meja makan yang bisa dijadikan kitchen island. Fungsi kitchen island sebagai meja untuk mengolah masakan, dapat digantikan sebuah meja makan.

Meja makan minimalis yang diletakkan di dapur, menyatukan ruang makan dan dapur, sekaligus multifungsi, sebagai meja makan dan area pengolahan bahan makanan. Penyatuan kedua ruang ini menjadi solusi menyiasati minimnya ruang.

Sumber: home-designing.com

Salah satu sisi meja ditopang oleh dinding. Sisi lainnya ditopang kaki meja berbentuk balok tipis berwarna putih, senada dengan ruang yang didominasi putih bersih. Desainnya seolah membuat peralihan sekaligus penyatuan antara fungsi meja makan dan kitchen island.

Berdiri tegak beralaskan lantai granit teracota. Bagian atas meja terbuat dari kayu yang tampak kokoh, menghadap langit-langit dengan ekspos struktur, menciptakan kesan tropis alami yang homey.

4. Meja Makan Minimalis untuk Dua Orang

Sebuah ruang tercipta dengan adanya batasan dinding. Itu pemikiran yang sudah tidak tepat diterapkan di zaman millennial ini. Sebuah ruang tercipta dengan adanya kejelasan fungsi ruang yang diwadahi dan kesan visual yang dirasakan.

Sumber: renoguide.com.au

Keterbatasan ruang seringkali memaksa penyatuan beberapa fungsi atau ruang. Walau begitu, tetap usahakan adanya ruang khusus untuk setiap kegiatan.

Misalnya, di sebuah apartemen mungil dengan dapur mungil, siapkan tempat untuk ruang makan mungil. Tidak perlu terlalu besar, cukup 60×100 cm, sudah memberi efek signifikan untuk kenyamanan ruang makan.

Manfaatkan karpet sebagai pembatas visual area ruang makan. Pilihlah meja makan mungil yang cukup untuk dua orang. Kursi berwarna terang dengan kaki ramping agar ruang terlihat lebih luas. Meja makan berkaki empat dari kayu yang terlihat lapuk akan memberi estetika gaya rustic yang menawan.

5. Meja Makan Minimalis di Pojok Ruang

Pada hunian karya developer, cerdik menyiasati ruang, tidak bisa diawali mendesain ukuran ruang yang ideal untuk mewadahi kegiatan di dalamnya. Tetapi, cerdik mengolah ruang yang ada, walaupun terbatas, menjadi ruang yang fungsional dan nyaman.

Sumber: home-designing.com

Meja makan ini letaknya di pojok ruang, hanya menempati area 1,5 x 2 m, namun sudah cukup untuk menciptakan ruang makan yang nyaman. Perpaduan minimalis dan klasik menciptakan gaya skandinavian kontemporer yang apik.

Warna coklat kayunya yang lebih gelap sedikit dari lantai parket, membuatnya terkesan kokoh namun tidak berat. Tingkat gelapnya cukup memberikan kejelasan area ruang makan.

6. Meja Makan Minimalis dari Kaca

Kaca sudah dikenal sebagai bahan hasil teknologi modern yang banyak manfaatnya. Baik berupa kaca bening mau pun cermin, kesan luas dapat tercipta dari desain yang memanfaatkan kaca.

Sumber: architectureartdesigns.com

Meja dari kaca dengan kayu bentuk U sebagai penopang kaca, terlihat modern dan keren. Desainnya hanya memanfaatkan prinsip dasar sebuah meja, ada kaki meja dan alas meja. Kesederhanaan desainnya yang fungsional diwujudkan dengan perpaduan kaca sebagai unsur modern dan kayu sebagai unsur yang tak lekang oleh zaman, menciptakan desain yang simple but elegant.

Unsur kayu menjadi pemecah kemonotonan warna putih yang mendominasi ruang, memposisikan meja makan sebagai primadona di ruang makan dengan kesan alaminya yang menawan.

7. Meja Makan Minimalis Sederhana yang Elegan

Simple but Elegant, prinsip ini sejalan dengan prinsip desain minimalis Less is More. Walaupun tampaknya sederhana, sebenarnya desain minimalis merangkul berbagai pemikiran kompleks yang disajikan dengan cara paling efektif.

Begitu juga pada desain meja makan, pemikiran untuk menciptakan meja makan yang dapat bermanfaat maksimal, memberikan kenyamanan optimal, serta menyatu dengan elemen ruang lainnya, akhirnya menciptakan sebuah desain minimalis yang estetis.

Sumber: decoist.com

Desain sederhana, hanya meja makan biasa dengan empat kaki penopang di tiap sudutnya, tapi serat kayu dan sambungan antara kaki dan alas meja, menjadi detail alami yang menawan. Ditempatkan di tengah-tengah kealamian hijaunya pohon pinus, meja makan sederhana ini menyatu dengan lingkungannya dan tampak elegan.

8. Meja Makan Minimalis untuk Banyak Orang

Meja makan minimalis keren yang hemat ruang untuk banyak orang? Hmm… sepertinya sulit untuk diwujudkan. Di sinilah letak tantangan dan kepuasan dalam mendesain. Keberhasilan menciptakan sesuatu yang dirasa mustahil akan menghasilkan sebuah karya cerdik yang memukau.

Sumber: decoist.com

Hanya perlu area 1,5 x 1,2 m2 sebagai ruang makan untuk 6-8 orang. Sebuah meja makan sederhana ditempatkan di pojok ruang. Tiga stool berada di sisi luar agar mudah disimpan rapi di kolong meja. Bangku panjang pada sisi lainnya dirancang dengan sandaran empuk berwarna perak.

Warnanya semakin berkilau elegan menyeimbangi gelap kokohnya meja makan coklat doff. Warna two tone yang sederhana, coklat doff perlambang kealamian, perak perlambang era modern. Semua elemen sederhana ini menciptakan desain ruang makan minimalis yang estetis sekaligus ergonomis.

Sumber: decoist.com

Meja makan dari logam, dengan kilaunya yang memukau, bersanding apik dengan bangku-bangku kayu. Walau tampak sangat sederhana, namun kejujuran dan keautentikannya langsung memikat. Desainnya hanya … tapi waw. Beauty in Simplicity.

9. Meja Makan Multifungsi

Desain perabotan multifungsi menjadi solusi terkeren untuk menghemat ruang. Satu perabotan yang bisa difungsikan mewadahi berbagai kegiatan, menjadi ajang unjuk kreativitas yang menakjubkan dan sangat bermanfaat.

https://furniterus.com/wp-content/uploads/2018/11/Meja-Makan-Minimalis-sekaligus-Meja-Bilyard-400×300.jpeg

Sumber: home-designing.com

Cara konvensional untuk memperluas meja makan adalah menyelipkan daun meja tambahan di sisi atau di tengah meja makan. Jika daun meja diangkat, meja makan bisa beralih fungsi menjadi meja bilyard.

Memang cara ini masih cukup efektif, namun permasalahannya, di mana meletakkan ekstra daun mejanya, apalagi jika ukuran ruang sudah cukup sempit.

Sumber: home-designing.com

Dua daun meja di kiri kanan bisa dinaikkan menjadi meja makan untuk 4 orang. Jika salah satu daun diturunkan, meja makan cukup untuk 2 orang. Butuh ruang lebih saat tidak membutuhkan meja makan? Turunkan saja kedua daun dan … voilà meja makan berubah menjadi susunan laci yang membutuhkan ruang hanya 30 cm.

Sumber: renoguide.com.au

Penampilannya yang clean look, terkesan netral dan ringan, membuat ruang terlihat bersih, modern, unik, dan keren. Pemilihan desain meja makan minimalis yang tepat dapat membuat interior ruang tampil keren, terlihat lega, dan hemat ruang.

Artikel Lainnya: 8 Desain Meja Makan sebagai Primadona di Ruang Makan

Jadi, jangan ragu dan berkonsultasilah dengan Furniterus untuk mendapatkan desain meja makan minimalis keren yang hemat ruang.