Mau Menggunakan Desain Kontemporer pada Rumah? Ini 7 Tipsnya

Furniterus -

Apa bedanya sih modern dan kontemporer? Masih banyak yang sulit membedakan antara desain modern dan juga kontemporer. Memang ada beberapa elemen dari desain modern yang bisa diadaptasi menjadi kontemporer. Namun, keduanya memiliki perbedaan. Pada dasarnya, kontemporer adalah gaya desain yang sedang ngetren saat ini. So, kontemporer lebih dinamis dan tidak terikat pada suatu era. Berbeda dengan modern yang menandakan era setelah tradisional.

Gaya kontemporer mulai berkembang dari gabungan berbagai aliran desain yang menghadirkan visual baru yang dikenal dengan aliran kontemporer. Kontemporer ingin terlepas dari aturan gaya desain konvensional dan tak terikat batas desain tertentu. Walaupun dinamis dan lebih bebas, gaya kontemporer juga memiliki ciri khas tersendiri. Nah berikut adalah ciri dari desain kontemporer yang bisa kamu aplikasikan pada rumah.

1. Warna netral

desain kontemporer
Warna netral (Sumber: freshome.com)

Salah satu tujuan dari gaya kontemporer adalah menciptakan lingkungan yang tenang dan bebas dari stres. Nah untuk memasukkan unsur tersebut ke dalam hunian kamu, mulailah dengan menggunakan palet warna netral. Pilihlah lebih banyak warna lembut dan netral untuk rumah. Beberapa warna yang bisa kamu pilih antara lain abu-abu, krem muda, atau putih bersih. Jika takut rumah terlihat monoton, kamu bisa menambahkan beberapa aksen warna seperti mint, silver, navy, dan sebagainya.

2. Pencahayaan dan bukaan yang maksimal

desain kontemporer
Pencahayaan maksimal (Sumber: chron.com)

Pada gaya kontemporer, ciri khas yang paling terlihat adalah ukuran jendela atau pintu yang besar. Desain ini telah meninggalkan penggunaan jendela kecil dan dekoratif. Jendela dan bukaan dibuat besar untuk memaksimalkan cahaya natural masuk ke dalam rumah. Untuk memberikan privasi pada rumah, kamu bisa menggunakan tirai atau blind untuk menutupnya di siang atau malam hari.

3. Ruang tanpa sekat

desain kontemporer
Ruang terbuka tanpa sekat (Sumber: homestratosphere.com)

Selain bukaan yang besar, konsep ruangan terbuka tanpa sekat juga merupakan salah satu ciri khas dari gaya kontemporer. Kontemporer membuat desain ruangan dan penataan ruang minim adanya sekat ruangan dan tembok. Ruangan di dalam rumah yang dibuat luas dengan menggabungkan beberapa fungsi ruangan akan sering kamu jumpai pada produk desain kontemporer.

4. Furnitur minimalis tanpa finishing

desain kontemporer
Minimalis tanpa finishing (Sumber: decoraid.com)

Pada desain ini, furnitur di rumah harus bisa membuat penghuninya merasa nyaman namun juga praktis dengan bentuk sederhana dan garis yang bersih. Untuk itu, aplikasikan furnitur tanpa aksen yang rumit dan detail hiasan yang mencolok. Pilihlah furnitur dengan garis bersih yang menonjol seperti meja yang halus serta ramping.

Gaya kontemporer juga lebih menghargai karakter asli dari material. Biasanya furnitur yang digunakan masih menggunakan tekstur asli dari material mentah tanpa diberikan finishing tambahan. Elemen-elemen unfisnished telah menjadi bagian dari karakter umum desain gaya kontemporer.

5. Material alami

desain kontemporer
Material alami (Sumber: onekindesign.com)

Untuk menggunaan materialnya, desain kontemporer kerap mengaplikasikan material natural dan alami seperti kayu, beton, besi yang tidak diberikan finishing. Selain itu, material organik seperti batuan alam, berbagai jenis tekstil, dan panel kayu daur ulang juga bisa menjadi alternatif pilihan material untuk rumah.

6. Less is more

desain kontemporer
Less is more (Sumber: decoraid.com)

Mengambil sifat dari desain minimalis, gaya kontemporer lebih menyukai tampilan yang rapi dan bebas dari keramaian furnitur yang membuat ruangan terkesan penuh sesak. Prinsipnya, ruangan yang bersih tanpa banyak tambahan furnitur apapun akan jauh lebih baik. Untuk menampilkan gaya kontemporer ini, jaga setiap detail di rumah agar tetap bersih dengan dekorasi seminimal mungkin. Jangan tambahkan terlalu banyak dekorasi yang furnitur yang kurang esensial untuk ruangan.

7. Elemen garis bersih sederhana

desain kontemporer
Elemen garis sederhana (Sumber: youtube.com)

Pada bagian eksterior dan interior gaya kontemporer, elemen garis lebih sering digunakan. Garis bersih akan lebih menonjol pada gaya ini. Tak hanya pada desain bangunan, garis bersih ini juga diaplikasikan pada detail interior dan pemilihan furnitur.

Artikel Lainnya: Prinsip Desain Interior dan Penerapannya  Bagi Orang Awam

Apakah kamu semakin yakin untuk mengaplikasikan desain kontemporer ke dalam hunian pribadi? Tidak sulit kok menciptakan rumah kontemporer karena pada dasarnya tak ada aturan pasti yang membatasi rancangan pada desain ini. Kamu pun bisa lebih bebas berkreasi dan mengaplikasikan berbagai gaya yang menarik untuk hunian.

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Jangan Salah! Ini Cara Memilih Warna Lampu Rumah yang Tepat

Dapur Minimalis Sederhana yang Homey dan Disukai Kaum Muda

Tipe Kitchen Sink yang Tepat Untuk Kebutuhanmu

Tata Lampu yang Tepat agar Ruang Lebih Berkesan

7 Ide Dapur Cantik Sederhana untuk Rumah Mungil

Tips Menarik Buat Kamu Penyuka Gorden Minimalis

Ketahui Ragam Material dan Desain Kitchen Sink Sebelum Membeli

6 Trik Desain Dapur Minimalis Kecil Agar Tetap Nyaman

Mau Biaya Renovasi Rumah yang Sesuai Budget? Ini 5 Caranya!

9 Desain Kamar Apartemen Studio Terpopuler di 2018

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !