Lemari Gantung Dapur Kekinian yang Simpel dan Keren

Lemari gantung dapur atau yang juga dikenal kabinet gantung dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai keperluan memasak dan peralatan makan. Keberadaannya tidak mengganggu luas ruang karena digantung di dinding. Malah dapat membuat dapur terasa lebih lega karena penyimpanan dilakukan secara vertikal.

https://furniterus.com/wp-content/uploads/2019/03/Lemari-Gantung-Dapur-Warna-Kuning-yang-Cantik-400×300.jpeg

Sumber: hgtv.com

Selain memberikan area untuk penyimpanan, adanya lemari gantung di dapur dapat mengisi kekosongan antara kabinet bawah dan plafon. Dinding dapur terlihat lebih terisi dan bermanfaat. Bentuk, material, dan warna lemari gantung yang tepat juga bisa menambah nilai estetika bahkan menjadi focal point di dapur.

Nah, ingin lebih jauh lagi mengenal lemari gantung dapur? Apa manfaatnya dan bagaimana memilih desainnya? Mari lihat beberapa contoh desain lemari gantung dapur kekinian yang simpel dan keren!

1. Mengapa Perlu Lemari Gantung Dapur?

Di antara plafon dan kabinet bawah, yang biasanya dipergunakan untuk tempat cuci piring, kompor, dan meja pengolahan bahan makanan, pasti ada ruang yang cukup besar dan sayang jika tidak dimanfaatkan. Apalagi pada dapur mungil, ruang ini sangat bermanfaat untuk menambah area penyimpanan tanpa menambah luas ruang, dan bahkan meminimalisir luas dapur.

Inilah pentingnya lemari gantung dapur. Dalam pemilihan desainnya, memang harus hati-hati dan pastikan benar-benar optimal dari segi fungsi maupun estetika.

Sumber: contemporist.com

Di bawah lemari gantung bisa diletakkan lampu untuk menerangi meja di atas kabinet bawah. Cahayanya akan lebih terfokus dan terang walau dengan daya lampu yang kecil, dibanding jika hanya mengandalkan cahaya lampu dari plafon.

2. Lemari Gantung Dapur Sebagai Elemen Estetika

Coba bayangkan sebuah dapur dengan kabinet yang dilengkapi tempat cuci piring dan kompor. Berdirilah menghadap kabinet, lalu arahkan pandangkan ke atas menatap plafon. Saat mata menelusuri dinding antara kabinet dan plafon, ada ruang kosong yang terasa tidak nyaman. Di ruang kosong itulah seharusnya diletakkan lemari gantung.

Sumber: housebeautiful.com

Kini, kehadiran lemari gantung dengan berbagai desain fungsional yang keren akan mempercantik dapur dan membuat kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan. Perkakas dapur tersimpan rapi, mudah dijangkau, dan tidak berdebu.

3. Lemari Gantung yang Simpel untuk Dapur yang Menawan

Gaya hidup minimalis yang kian digandrungi kaum urban, ikut mempengaruhi gaya desain. Berbagai desain yang simpel dengan konsep fungsional menambah nilai estetika ruang dengan tampilan yang sederhana namun elegan dan menawan.

Sumber: housebeautiful.com

Sebuah lemari gantung, tidak harus berupa kabinet tertutup. Variasikan dengan deretan rak terbuka yang akan memperkuat kesan minimalis lewat garis-garis horizontalnya. Garis horizontal ini membuat dapur terkesan lebih lebar, sedangkan susunan rak memberi kesan dapur lebih tinggi lewat garis vertikal yang tersamar.

Padukan warna-warna harmonis, putih dan abu-abu untuk area lemari gantung. Kabinet warna hitam glossy seolah menjadi dasar yang kokoh dan menampilkan dapur yang tampak elegan sekaligus bersih.

4. Lemari Gantung Dapur Minimalis

Pintu lemari dengan motif garis vertikal tampak menyeimbangkan garis horizontal pada lemari gantung yang memanjang. Selain memperkuat gaya minimalis yang diusung, perpaduan kedua garis menciptakan pola keteraturan yang membuat dapur terkesan rapi dan secara psikologis menunjukkan ketekunan.

Sumber: housebeautiful.com

Warna hijau kebiruan menyerupai warna zamrud memberikan kesegaran, menonjolkan keindahannya di dinding dapur serba putih. Saat mendesain dapur, pikirkan juga warna yang dapat menciptakan kenyamanan dan gaya desain yang diinginkan. Warna hijau zamrud dengan latar belakang putih dan beralaskan lantai parket coklat gelap, menampilkan kesan alami yang indah dan juga menawan.

Artikel Lainnya: 5 Model Rak Piring Gantung Untuk Dapur Lebih Rapih dan bersih

5. Lemari Gantung Dapur Warna Pastel

Warna pastel seringkali mewakili desain yang simpel dan keren. Kelembutan warnanya membuat warna pastel mudah dipadukan dengan berbagai model, material, dan warna lainnya, bahkan dengan warna-warna kontras. Namun, jika tidak hati-hati memadukannya, warna pastel bisa membuat sebuah desain tampak membosankan.

Sumber: housebeautiful.com

Untuk tampilan netral sambil tetap mempertahankan kekuatan karakter warna, warna hijau pistachio cocok menjadi warna untuk kabinet dan lemari gantung. Padukan dengan warna putih marmer pada kitchen island dan meja dapur, serta backsplash putih dengan tekstur bergelombang, untuk membuat tampilan dapur terasa ringan dan menyegarkan.

6. Pintu Kaca untuk Tampilan Lemari Gantung yang Keren

Kaca dikenal sebagai bahan modern yang mampu memberikan kesan elegan. Desain lemari gantung dengan pintu kaca, selain tampak keren juga memudahkan melihat ke dalamnya. Namun, jika khawatir dengan isi lemari yang berantakan, manfaatkan kaca buram atau stiker kaca sebagai penyamaran.

Sumber: zefene.com

Perpaduan material kayu solid dengan warna gelap, coklat atau hitam doff dengan material kaca pada pintu lemari gantung, akan menciptakan keseimbangan berat dan ringan, gelap dan terang.

7. Lemari Gantung Dapur yang Apik dengan Permainan Warna

Warna menjadi salah satu bagian penting dalam desain. Perpaduan berbagai warna atau perpaduan warna dengan berbagai tekstur dan bahan akan menciptakan kesan yang berbeda. Lemari gantung dapur dapat tampil berbeda, unik, dan keren dengan perpaduan warna yang menawan.

Sumber: housebeautiful.com

Perpaduan warna gelap dan terang, membuat warna terang tampil lebih cerah dan terkesan bersih. Warna gelap semakin menonjol, terlihat lebih elegan, dan dapat menjadi point of interest. Warna gelap tidak melulu hitam. Jika hitam terkesan sudah biasa dan membosankan, warna navy blue bisa dijadikan pilihan untuk tampilan dapur yang keren.

Sumber: housebeautiful.com

Lihat juga koleksi kitchen set dan lemari pakaian Furniterus dan berkonsultasilah untuk mendapatkan berbagai ide desain yang sempurna yang bisa di-custom sesuai keinginan dan kebutuhan.

Artikel Lainnya: 10 Inspirasi Model Rak Piring Cantik untuk Kitchen Set Minimalis

Artikel Lainnya

Desain Pagar Minimalis Kekinian yang Simpel dan Elegan

6 Trik Karpet Ruang Tamu untuk Buat Ruangan Lebih Hangat

7 Tips Desain Interior Rumah Minimalis yang Tak Lekang oleh Waktu

7 Model Tangga Minimalis yang Dapat Menambah Estetika Rumah

Dekorasi Apartemen Pasangan Muda yang Cozy dan Homey

5 Tips Memilih Bingkai Foto untuk Dekorasi Ruangan

Desain Interior Apartemen yang Homey Banget

Meja Makan Minimalis Keren yang Hemat Ruang

Milenial, Ini Waktu yang Tepat Beli Apartemen Impianmu

7 Tipe Apartemen Incaran Pasangan Muda

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !