Kitchen set Kayu Jati: Kelebihan dan Kekurangannya yang Harus Diketahui

FURNITERUS.com – Kayu memang menjadi material yang favorit untuk dijadikan sebagai bahan bangunan atau furnitur rumah tangga. Nah, salah satu jenis kayu yang kerap dianggap sebagai primadona adalah kayu jati. Kayu jati dipercaya lebih kuat dan awet dibandingkan jenis kayu lainnya. Banyak perabotan rumah yang dibuat dari material kayu jati, termasuk kitchen set kayu jati. Kitchen set yang menggunakan material kayu jati memiliki tampilan yang berbeda dan karakter serta perawatan yang berbeda dibandingkan material lainnya. Bagi Anda yang sedang berniat untuk mengaplikasikan kitchen set ini, lihat beberapa kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Kitchen set Kayu Jati

1. Lebih kuat

Inilah faktor utama yang menjadikan kayu jati sebagai material favorit. Sudah tidak diragukan lagi, kayu jati memiliki ketahanan dan kekuatan yang sangat tinggi. Dapur yang biasanya memiliki kelembapan yang tinggi tentu memerlukan material yang memiliki daya tahan yang sangat kuat seperti kayu jati ini.

Selain tahan pada jamur dan kelembapan, kayu jati juga tahan terhadap rayap dan berbagai serangga yang biasanya merusak kayu. Apabila dirawat dengan baik, kayu jati bahkan dapat bertahan hingga ratusan tahun, lho.

kitchen set kayu jati

Kayu jati tahan lama (Sumber: artsindo.com)

2. Bukan material penghantar panas

Dapur adalah area di dalam rumah yang sangat rentan dengan perubahan suhu karena memiliki kompor serta perabot elektronik lainnya. Nah, kayu jati berbeda dengan kayu lainnya yang memiliki sifat alami sebagai isolator atau penghantar panas. Kayu jati bisa menjadi sangat adaptif terhadap suku yang ada, termasuk suhu panas yang ada di dapur.

3. Tampilannya menarik

Selain kekuatannya yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, tampilan dari kayu jati juga sangat cantik dan menawan. Kayu jati dapat memberikan kesan natural yang kental pada dapur. Warna kayu jati yang cokelat keemasan dengan pola yang lurus membuatnya terlihat estetis dan juga bisa memberikan kesan mewah di dapur Anda.

Kelebihan Kitchen set Kayu Jati

Tampilannya menarik (Sumber: jualmebel-jepara.com)

4. Mudah untuk dibentuk

Bagi para pengrajin, kayu jati menjadi salah satu material yang sangat menyenangkan untuk digunakan sebagai furnitur rumah tangga karena memiliki ukuran yang beragam dan mudah untuk dibentuk. Maka dari itu, ada banyak sekali ragam furnitur antik atau karya seni yang menggunakan kayu jati sebagai material utamanya.

5. Cocok dipadukan dengan berbagai material dan gaya ruangan

Sebagai material dengan kesan natural yang kental, kayu jati tetap serasi untuk dipadukan dengan berbagai material dan gaya ruangan. Kayu jati dapat berbaur dengan sangat baik saat dipadukan dengan material dapur lainnya seperti stainless steel, alumunium, atau besi.

Cek Juga: Katalog Model Kitchen Set Modern Klasik Furniterus

Kekurangan Kitchen set Kayu Jati

1. Kitchen set kayu jati harganya mahal

Kayu jati termasuk material yang langka dan sulit didapatkan. Hal ini menjadi faktor kayu jati memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan material lainnya. Namun, ketahanan dan kekuatannya yang sangat baik tentu menjadi faktor tersendiri yang patut Anda pertimbangkan.

kitchen set gantung dari material kayu jati

Kayu jati cenderung lebih mahal (Sumber: rumahminimalisoi.com)

2. Memiliki bobot yang berat

Kepadatan dari kayu jati membuatnya memiliki bobot yang berat. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi Anda yang ingin memiliki kitchen set gantung dari material kayu jati. Pastikan Anda memberikan penyangga yang kuat untuk menahan bobot kitchen set yang berat. Salah sedikit bisa-bisa seluruh barang Anda terjatuh akibat penopang yang kurang kuat.

3. Butuh perawatan ekstra

Walaupun kayu jati memiliki kekuatan dan daya tahan yang kuat, sifat alami dari kayu jati tentu tetap perlu diperhatikan. Kayu jati memerlukan perawatan ekstra agar tetap kuat dengan memberikan lapisan pada permukaannya yang perlu diperbarui setiap 2 hingga 3 tahun sekali.

Nah, bagaimana? Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan kitchen set kayu jati, apakah Anda sudah semakin yakin untuk menggunakannya pada dapur hunian? Material yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memberikan kesan natural, elegan, dan mewah pada dapur. Daya tahannya yang kuat pun membuat Anda tidak perlu khawatir harus mengganti kitchen set Anda dalam beberapa tahun sekali. Semoga artikel ini membantu Anda dalam mendapatkan keputusan yang paling tepat ya!

Artikel Lainnya:7 Desain Dapur Minimalis 3×3 yang Rapi dan Fungsional

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Layout Rumah untuk Pasangan Muda agar Semakin Harmonis

Langkah Cepat Membasmi Kutu Kasur agar Tidur Lebih Nyenyak

Apartemen 2 Kamar Ingin Terasa Nyaman? Simak Caranya!

Keramik Dinding Dapur: Jenis Material dan Variasi Desain

Material Kitchen Set Multiplek, Bahan Andalan yang Kuat dan Tahan Air

7 Cara Mudah Menata Ruang Tamu Idaman

8 Desain Kabinet Bawah Tangga untuk Pemanfaatan Ruang yang Efisien

Mau Tidur Lebih Nyenyak? Simak 7 Tips Memilih Warna Seprai Sesuai Karakter

8 Desain Meja Makan sebagai Primadona di Ruang Makan

5 Jenis Material Pembuat Furnitur Berbahan Dasar Kayu

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !