Kamar Anak Perempuan Dengan Desain Apik yang Bikin Jatuh Hati

Bagi anak perempuan, memiliki kamar tidur sendiri sangat penting artinya. Mereka bisa lebih bebas mengeksplorasi bakat. Apalagi jika diberi kebebasan untuk mengatur dan mendekor sendiri. Kamar penuh warna dan desain kreatif hasil karya sendiri memberikan kebanggaan tersendiri. Tapi bagaimana mengarahkan dan membantu anak perempuan mengatur dan mendesain kamar yang nyaman dan menyenangkan? Mari kita intip beberapa desain kamar menakjubkan yang bikin jatuh hati ini!

Kamar Anak Perempuan
Kamar Anak Perempuan yang Bikin Jatuh Hati (Sumber: somto.co)

1. Prinsip Desain Kamar Anak Perempuan

Seorang anak perempuan, berapa pun usianya, sangat pemilih dalam menentukan dekorasi dan aksesoris. Ketika orang tua memilihkan dan menentukan desain kamarnya, awalnya mereka mungkin akan menerima. Namun, sedikit demi sedikit tapi pasti, kamarnya akan diubah sesuai keinginan sendiri. Jadi, lebih baik libatkan anak saat mendesain kamarnya. Ingatlah, mereka owner-nya, mereka ratunya.

Kamar Bernuansa Alam
Kamar Nyaman dengan Dekorasi Bernuansa Alam (Sumber:
volperossadesign.blogspot.com

Bagi orang tua, ide-ide mereka mungkin terlalu liar, tidak terarah, kekanakan, dan hanya bersifat desain sementara, yang sebentar lagi akan membosankan. Berdiskusilah, bernegosiasilah, tentukan tema desain yang bisa menyenangkan anak, sekaligus memenuhi keinginan orang tua untuk memberikan kamar yang ikut tumbuh sesuai usia anak.

2. Kamar Penuh Warna Dan Pernak-Pernik Unik Yang Menyenangkan

Tuangkan kreativitas di seluruh bagian kamarnya. Wallpaper, pola bentuk dan warna pada dinding, lantai, plafond, bahkan perabotannya, semuanya bisa menjadi media berkarya. Mendekorasi sendiri, selain menjadi sarana penyaluran kreativitasnya, juga bisa meningkat rasa percaya diri dan keinginan untuk terus berkembang.

Kamar Anak Perempuan
Kamar Penuh Warna Dan Pernak-Pernik Unik Yang Menyenangkan (Sumber: idealhome.co.uk)

Artikel lainnya: Cara Memilih Cat Kamar Tidur yang Tepat

3. Sediakan Art Center untuk Mengembangkan Kreativitasnya

Di tengah kesibukan orang tua, jangan biarkan anak hanya sibuk dengan gawainya. Sediakan area untuk mengembangkan bakatnya. Kebanyakan anak perempuan senang membuat kerajinan tangan dari benang dan resin, mempercantik bukunya dengan kaligrafi brush pen, melukis dengan cat acrylic, atau bermain musik. Kenali dan arahkan bakat anak dengan menyediakan art center di kamarnya.

Kamar Anak Perempuan
Kamar dengan Art Center untuk Menyalurkan Bakat dan Hobi (Sumber: hellomagazine.com)

4. Nuansa Pink Tetap Menjadi Warna Favorit Kamar Anak Perempuan

Kini, teknologi tinting memperkaya pilihan warna pink yang bisa mempercantik kamar. Setidaknya ada 50 varian warna pink; fuschia pink, flamingo pink, coral blush, hingga varian unik hollywood taxi dan purple pizzazz bisa diaplikasikan dan dipadukan untuk menciptakan berbagai nuansa kenyamanan di kamar tidur.

Cat Kamar Pink
Nuansa Pink Warna Favorit Kamar Anak Perempuan (Sumber: idealhome.co.uk)

Aplikasi warna pink tidak harus menyeluruh. Jika takut nantinya anak berganti selera dan warna kesukaan, pakai warna-warna netral di lantai, dinding, dan plafond. Tempel wallpaper dan sticker kesukaan yang mudah dibuka saat anak sudah beranjak dewasa.  

Artikel lainnya: Cat Rumah 2020: 15 Tren Warna untuk Tampilan Baru yang Memukau

5. Tempat Tidur Tanpa Dipan untuk Kamar Tidur Balita

Jika sejak bayi, anak sudah memiliki kamar sendiri, pastikan keamanannya. Tempat tidur tanpa dipan membuatnya terbebas dari risiko “gelundung”. Perhatikan juga perabotan lainnya. Sebisa mungkin, tidak ada sudut tajam yang bisa membahayakan. Posisikan rak buku atau rak mainannya di tempat yang mudah dijangkau dan bisa membantunya belajar berdiri dan berjalan.

Kamar Bayi
Kamar Balita yang Aman dan Nyaman (Sumber:
kidsbedroomideas.eu

6. Kamar Mungil Multifungsi untuk Berbagai Aktivitas

Desain kamar yang baik mampu mengakomodasi semua kebutuhan dan dapat beradaptasi seiring tumbuh kembang anak. Atur dan posisikan area penyimpanan yang fleksibel dan mudah dijangkau. Berikan sentuhan aksen warna dan perabotan yang bisa berevolusi sejak anak balita hingga remaja.

Kamar Tidur Mungil
Kamar Mungil Multifungsi untuk Berbagai Aktivitas (Sumber: girlschannel.net)

Kabinet di bawah ranjang, selain mengisi area kosong di bagian dipan, juga membuat ruang mungil lebih lega dan tertata rapi. Manfaatkan cermin besar untuk memanipulasi visual agar ruang terlihat luas.

Artikel lainnya: Cara Memilih Desainer Interior yang Pas untuk Kebutuhan

7. Kamar Bergaya Bohemian yang Cantik

Gaya Bohemian kontemporer alias Boho bisa mewujudkan kamar tidur impian seperti milik seorang putri. Inspirasi gaya tradisional Bohemian dipadukan dengan gaya modern. Tampilan akhir yang kasual dengan sentuhan warna natural menciptakan nuansa kehangatan yang elegan.

Dinding peach pastel yang lembut menjadi latar “nook” susunan jok tipis dengan cushion yang nyaman untuk membaca dan bersantai, sambil bercengkerama dengan teman. Lengkapi dengan tirai yang digantung dari plafond sebagai pembatas ruang yang keren.

Kamar Tidur Bohemian
Kamar Gaya Bohemian yang Cantik (Sumber: shutterfly.com)

Usahakan desain kamar hasil rancangan anak dan orang tua dapat menjadi ruang belajar, bersantai, mengembangkan bakat, dan ruang tidur yang nyaman, yang berevolusi seiring bertambahnya usia anak.  

Temukan berbagai ide kreatif dalam artikel lainnya. Konsultasikan dan wujudkan desain interior, lemari pakaian, dan kitchen set menjadi desain sempurna yang bisa di-custom bersama Furniterus.

Artikel Lainnya

6 Cara Merawat Wallpaper agar Kecantikannya Tetap Terjaga

Wallpaper Dinding Kamar yang Membuat Tidur Semakin Nyaman

5 Cara Memilih Keramik Sesuai Kebutuhan dan Fungsi Ruangan

Keramik Granit, Si Bahan Ambigu yang Memukau dan Terjangkau

7 Cara Mudah Merapikan Lemari Pakaian agar Enak Dilihat

Ingin Menghemat Budget? Ini 7 Tips Sebelum Membeli Furniture Bekas

7 Tipe Apartemen Incaran Pasangan Muda

7 Cara Memaksimalkan Taman Minimalis Depan Rumah Berlahan Sempit

Mau Tinggal Nyaman di Apartemen? Simak 6 Rahasianya

Kayu Jati Belanda: Material Menawan yang Tak Lekang oleh Waktu

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !