Tips Memilih Kaca Kamar Mandi sebagai Partisi yang Keren

FURNITERUS.com – Kaca kamar mandi menciptakan kesan elegan dan keren, sekaligus efektif memisahkan area basah dan kering di kamar mandi. Sifatnya yang bening menciptakan kesan bersih dan modern. Namun, kesulitan pemeliharaan, tingkat pemasangan yang cukup sulit, dan kekhawatiran pecah, menjadi pertimbangan yang seringkali mengurungkan niat untuk memakainya dalam desain kamar mandi.

partisi kaca
Sumber: unsplash.com

Lalu, bagaimana cara memilih jenis dan model yang tepat sebagai partisi di kamar mandi? Bagaimana cara menyingkirkan semua kekhawatiran itu? Mari simak beberapa tips dan contoh desain berikut ini!

1. Manfaat Penggunaan Kaca sebagai Partisi

Kaca memberikan efek luas karena walau terpisah secara fisik namun tetap ada penyatuan visual. Sebagai sekat atau partisi di kamar mandi, kaca mencegah cipratan air dengan mengisolasi area basah dari area kering.

partisi kaca
Sumber: unsplash.com

Terpisahnya area basah dan kering memungkinkan tampilan gaya desain dengan berbagai bahan dan tekstur. Kemungkinan pemanfaatan lantai kayu di kamar mandi jadi memungkinkan, tanpa khawatir terpaan air akan merusak lantai.

2. Kendala Pada Kaca Kamar Mandi

Embun yang menempel di kaca, lama-kelamaan membuat kaca tidak bening lagi. Jamur kaca dan lumut menjadi kendala yang paling sering dialami dalam pemeliharaannya.

partisi kaca
Sumber: unsplash.com

Artikel lainnya: Desain Kamar Mandi Minimalis untuk Apartemen

3. Jenis Kaca Kamar Mandi yang Tepat

Kaca tempered tergolong paling aman. Terbuat dari kaca float berkualitas tinggi melalui pemanasan sampai titik lunak lalu didinginkan dengan cepat. Itulah sebabnya, elastisitasnya dan kekuatannya bisa 5 kali lebih baik dibanding kaca biasa dengan ketebalan yang sama. Kaca ini mampu menahan tekanan di kedua sisinya sekaligus sehingga mengurangi bahaya cedera ketika kaca pecah. Saat pecah, kaca tempered akan menjadi butiran kecil menyerupai butiran jagung yang relatif lebih aman dibanding pecahan kaca biasa. Selain itu, teksturnya tidak mudah buram walau sering terkena uap air.

Berbagai inovasi jenis dan model kaca terbaru terus dikembangkan, bukan hanya sebagai partisi, tetapi juga sebagai elemen estetika. Kaca transparan yang tembus pandang memberikan hasil akhir yang benar-benar jernih. Kaca cermin mampu menciptakan efek luas secara teatrikal karena pantulan bayangan yang dibentuknya. Sedangkan, jenis frosted glass memberikan efek buram, hanya menampilkan siluet, sehingga cocok untuk memberikan privasi ruang.

partisi kaca
Sumber: unsplash.com

Sebagai elemen dekor ruang, etched glass dapat menampilkan beragam motif print yang beragam pada permukaannya. Motifnya bisa berupa tulisan atau gambar. Tekstur pembuatnya sama seperti frosted glass. Kaca motif ini mampu memberikan kesan privasi, sekaligus memberi nilai estetis pada ruang.

4. Perhatikan Dimensi dan Ketebalan Kaca

Kaca setebal 8 mm masih aman digunakan untuk bidang seluas kurang dari 2 m2. Sedangkan untuk dimensi bidang lebih dari 2 m2 disarankan memanfaatkan kaca dengan ketebalan 10 mm.

partisi kaca
Sumber: unsplash.com

Artikel lainnya: 7 Jenis Keramik Lantai untuk Ubah Suasana Apartemenmu

5. Perletakan Partisi Kaca yang Tepat

Kaca sebagai partisi, terutama sebagai sekat shower, sebaiknya diletakkan di area yang terkena angin. Posisi ini untuk mencegah embun berlebih, terutama jika sering menggunakan air panas di kamar mandi. Perhatikan titik pemasangan dan jangkauan cipratan air dari shower sebagai acuan jarak perletakan kaca.

partisi kaca
Sumber: unsplash.com

6. Cara Pemasangan Kaca Kamar Mandi

Pemasangan tanpa frame paling umum digunakan. Kesan modern yang kokoh didapatkan dari tepi-tepinya yang terikat ke dinding, lantai, dan plafond. Berbeda dengan kaca yang sekelilingnya diberi frame.

partisi kaca
Sumber: unsplash.com

Model dan warna frame atau bingkai dapat menciptakan efek gaya yang diinginkan. Model garis solid mempertegas aksen minimalis, sedangkan motif melengkung memberi kesan modern. Variasi model frame bisa dibuat double panel menyerupai lis jendela.

7. Tips Pemeliharaan Kaca Kamar Mandi

Sisa uap yang terakumulasi dan menempel membuat kaca menjadi buram. Bersihkan kaca setiap hari menggunakan cairan khusus pembersih kaca dan lap hingga kering. Hindarkan dari siraman air panas dan air dingin bergantian. Susut muai kaca yang drastis bisa menyebabkan kaca retak, bahkan pecah.

partisi kaca
Sumber: unsplash.com

Pemanfaatan kaca sebagai partisi kamar mandi menjadi bukti kemajuan pemanfaatan bahan dalam desain, baik secara teknis mau pun estetika. Manfaatkan inovasi ini untuk mendapatkan berbagai ide desain yang sempurna. Lihat juga artikel dan koleksi desain interior, lemari pakaian, dan kitchen set Furniterus. Konsultasikan desain idaman yang bisa di-custom sesuai keinginan dan kebutuhan.

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

8 Tips Dekorasi Rumah yang Homey, Membuat Kamu semakin Betah!

7 Jenis Keramik Lantai untuk Ubah Suasana Apartemenmu

7 Inspirasi Lemari TV Minimalis yang Mudah Diaplikasikan di Rumah

7 Desain Sofa Minimalis yang Membuat Tampilan Hunian Semakin Kece

Desain Pagar Minimalis Kekinian yang Simpel dan Elegan

7 Dekorasi Kamar Minimalis dan Elegan yang Cocok untuk Kaum Millenial

Apa Itu Cat Duco? Yuk, Kenalan Lebih Dekat!

7 Desain Kitchen Set Mini Bar Dapur Kecil yang Menawan

Tanaman Hidroponik Menyiasati Kebutuhan Taman di Lahan Sempit

Desain Interior Apartemen yang Homey Banget

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !