Jangan Ragu, Ini 5 Manfaat Kitchen Island untuk Dapur

Suka memasak ataupun tidak, memiliki dapur yang nyaman dengan desain interior yang sesuai dengan kriteria kamu tentu menjadi idaman. Nah untuk mewujudkan hal ini, sebagian besar hunian membagi dapur ke dalam dua jenis, yaitu dapur kotor dan dapur bersih. Biasanya, dapur kotor berfungsi sebagai tempat aktivitas memasak, sementara dapur bersih hanya berfungsi sebagai tempat menyajikan makanan. Selain itu, dapur modern masa kini juga kerap menerapkan model kitchen island. Model dapur ini dilengkapi dengan sebuah meja kecil dengan beberapa kursi di sekelilingnya.  

Walaupun sekilas tampak seperti meja makan, model dapur island ini digunakan untuk meletakkan bahan-bahan yang akan dimasak. Kamu juga bisa memaksimalkan fungsinya menjadi meja makan atau bar mini. Beberapa tipe kitchen island juga dilengkapi dengan kabinet fungsional yang berguna untuk menyimpan berbagai peralatan makan atau memasak.

Bagi kamu yang masih ragu untuk menambahkan kitchen island pada dapur, ketahui lebih dalam mengenai manfaat dari penerapan kitchen island.

1. Memudahkan aktivitas memasak di dapur

kitchen island
Memudahkan aktivitas di dapur (Sumber: countryliving.com)

Dapur island dapat menjadi tempat tambahan untuk mengolah bahan makanan dan menyajikannya. Dengan begitu, kamu pun bisa jadi lebih leluasa dalam beraktivitas di dapur. Kegiatan memasak juga akan terasa lebih mudah dan menyenangkan karena ruang yang tersedia pun menjadi lebih banyak. Jika kamu memiliki ukuran dapur yang luas, maka dapur island bisa menjadi sekat agar pergerakan bisa lebih efektif. Sebaliknya, bagi kamu yang memiliki dapur mungil, dapur island bisa menjadi tempat tambahan untuk menyajikan makanan. Kamu pun bisa memiliki meja makan dengan hanya menambahkan beberapa kursi tinggi di sekitarnya.

2. Tempat penyimpanan tambahan

kitchen island
Tempat penyimpanan tambahan (Sumber; housebeautiful.com)

Meja island dapat dilengkapi dengan kabinet sebagai tempat penyimpanan tambahan. Kamu bisa menyimpan berbagai perlengkapan seperti sendok, garpu, piring, gelas, atau peralatan memasak seperti panci dan sebagainya. Tempat penyimpanan di meja island juga akan memudahkan kamu saat memasak karena lebih mudah dalam mencari berbagai perlengkapan yang dibutuhkan dan membuat barang lebih rapi dan teratur.

3. Ruang makan informal

kitchen island
Ruang makan informal (Sumber: dissolve.com)

Tak punya ruang tambahan untuk menjadikannya ruang makan? Kamu bisa menjadikan meja island sebagai meja makan di dapur. Cukup dengan menambahkan kursi di sekitar meja dan kamu sudah bisa mendapatkan ruang makan informal. Anggota keluarga kamu pun bisa menunggu atau membantu menyiapkan bahan masakan saat kamu memasak di meja island.

Meja island juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat yang nyaman untuk beramah-tamah dengan saudara ataupun tamu yang datang. Dengan begitu, tamu atau kerabat yang datang akan merasa disambut dengan hangat serta tidak ada jarak di antara tamu dan penghuni rumah.

4. Tempat untuk memasak bersama keluarga

kitchen island
Memasak bersama keluarga (Sumber: gbika.org)

Bagi kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, kamu bisa lho mengajarkan pekerjaan dapur kepada anak sejak dini dengan mengajaknya terlibat langsung dalam proses memasak. Kamu bisa menambahkan kursi tinggi di dekat meja island dan biarkan anak mengamati proses menyiapkan masakan. Tak hanya menambah kedekatan hubungan kamu dan anak, cara ini juga bisa membuat anak lebih menghargai makanan yang akan dia makan sehingga ia pun tidak akan membuang-buang atau menyisakan makanan.

Kegiatan memasak bersama keluarga di rumah pun menjadi lebih nyaman karena keberadaan meja island tidak akan membuat dapur sumpek saat kamu harus menyiapkan bahan masakan bersama-sama.

5. Membuat dapur terlihat lebih mewah

kitchen island
Dapur terlihat lebih mewah (Sumber: porcelanosa.com)

Tak hanya untuk memasak, meja island juga bisa digunakan untuk sarapan, bersantai, atau menjadi aksen menarik bagi dapur. Adanya meja island membuat tampilan dapur pun lebih mewah dan menawan. Berbagai pilihan desain dan material untuk kitchen island juga dapat membuat dapur terlihat lebih stylish.

Artikel Lainnya: Desain Rumah Sederhana tapi Tetap Terkesan Mewah.

Tertarik untuk mengaplikasikan kitchen island? Banyak sekali pilihan desain yang cocok diaplikasikan sesuai dengan desain hunian kamu. Mulai dari gaya modern, minimalis, hingga klasik bisa kamu pilih. Saat ini, juga sudah banyak produsen yang menawarkan konsep desain built-in untuk menyesuaikan luas dari dapur kamu. Praktis dan menarik banget kan?

Artikel Lainnya

7 Tipe Dapur yang Wajib Kamu Tahu

10 Inspirasi Model Rak Piring Cantik untuk Kitchen Set Minimalis

7 Ide Desain Kitchen Set Minibar untuk Milenial

Cara Menata Dapur yang Tepat dan Nyaman

Dekorasi Apartemen Penyewa yang Digemari dengan Harga Sewa Tinggi

7 Cara Memaksimalkan Taman Minimalis Depan Rumah Berlahan Sempit

Kenapa Kursi Minimalis Bisa Membuat Dekorasi Lebih Mudah?

Mau Biaya Renovasi Rumah yang Sesuai Budget? Ini 5 Caranya!

Desain Rumah Sederhana tapi Tetap Terkesan Mewah

7 Ide Memilih Plafon Kamar untuk Tidur Lebih Nyenyak

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !