7 Inspirasi Desain Partisi Ruangan Kreatif untuk Apartemen

Kamu ingin menciptakan ruangan yang multifungsi dan terkesan luas tetapi tetap mau mengedepankan privasi? Nah, partisi ruangan adalah solusi yang paling pas untuk kamu. Partisi ruangan adalah alternatif yang paling cocok untuk kamu yang ingin menyekat ruangan-ruangan di dalam apartemen tetapi tidak secara permanen. Jadi jika sewaktu-waktu kamu butuh ruangan yang lebih luas untuk acara keluarga atau lainnya, kamu dapat dengan mudah membuka atau memindahkan partisi ruangan tersebut. Selain itu, dengan menggunakan partisi ruangan kamu juga bisa mendapatkan kesan ruangan yang lebih menyatu atau lebih luas.

Sumber: avso.org

Namun, menyepelekan pemilihan sekat ruangan akan memengaruhi hasil akhir dari presentasi sebuah ruangan, lho. Sebaliknya, dengan memilih sekat yang tepat, ruangan nggak hanya menjadi lebih fungsional tetapi juga mempunyai nilai tambah dari segi visual. So, untuk kamu yang ingin membuat partisi ruangan sebagai alternatif dari tembok ada beberapa desain partisi ruangan kreatif yang bisa kamu jadikan inspirasi. Apa saja? Yuk, kita lihat!

1. Partisi ruangan dari dahan pohon

Sumber: pinterest.com

Siapa yang menyangka jika sisa-sisa dari dahan dan ranting pohon yang kerap dianggap sampah ternyata dapat disulap secara kreatif menjadi partisi ruangan yang estetis? Kamu dapat menyusun rapat dahan-dahan ramping pada pot tanaman panjang sehingga kesan lebih privat antar ruang dapat tercipta.

Jika kamu ingin memberikan kesan yang lebih terbuka, kamu bisa memanfaatkan dahan pohon yang lebih besar dan menatanya lebih longgar sebagai sekat ruangan. Sekat ruangan dari dahan pohon dapat menjadi pilihan untuk ruang-ruang yang memiliki gaya natural. Kamu bisa memberikan tambahan lampu atau pencahayaan dari bagian bawah, sehingga bayangan dan cahaya yang dihasilkan menjadi lebih dinamis.

2. Partisi ruangan dari tanaman hias indoor

Tanaman hias indoor juga dapat kamu manfaatkan sebagai partisi ruangan yang kreatif. Tidak hanya dapat menyegarkan udara di dalam apartemen, tanaman hias ini juga dapat dijadikan penyekat antar ruangan yang indah. Jika kamu tidak ingin repot dengan urusan perawatan, kamu bisa membeli bunga-bunga palsu yang banyak dijual di pasaran ataupun toko dekorasi rumah online.

Sumber: danona.com

Tanaman memang tidak dapat menutupi ruang sepenuhnya, namun tumbuhan hijau tetap dapat berfungsi sebagai salah satu sekat ruangan yang membedakan antara ruang yang satu dengan lainnya.

Untuk inspirasi, kamu bisa meletakkan tanaman di rak serbaguna atau sebagai taman vertikal yang dapat menghadirkan suasana segar pada ruangan. Gunakan pipa atau tambang untuk menahan pot panjang tanaman. Untuk sekat ruang yang lebih privat, kamu juga bisa memanfaatkan tanaman rambat sehingga daunnya dapat menjadi sekat ruang yang lebih tertutup.

3. Partisi ruangan dari daur ulang panel papan kayu

Sumber: pinterest.com

Partisi ruang yang kreatif juga dapat kamu buat dari panel papan kayu yang sudah tidak terpakai lagi, lho. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu menyusun panel secara zigzag dengan menyambungkannya menggunakan engsel. Setelah panel papan kayu berdiri tegak, panel papan kayu ini bisa kamu manfaatkan sebagai partisi ruangan. Tambahkan juga penggantung agar kamu dapat memajang hiasan dinding atau foto-foto keluarga pada partisi ruangan dari panel papan kayu sehingga apartemenmu menjadi semakin menarik.

4. Partisi ruangan dari bambu

Sumber: pinterest.fr

Untuk menghidupkan kesan natural pada ruangan, batang bambu dapat menjadi alternatif pilihan material partisi ruangan selain dahan pohon. Kamu bisa menyusun batang bambu secara rapi ataupun acak dengan sudut kemiringan serta diameter yang berbeda-beda untuk menghadirkan bermacam-macam gaya dan suasana ruangan. Agar bambu tidak jatuh, kamu dapat menyangganya dengan kawat di ujung bambu yang kemudian disambungkan ke papan kayu. Batu-batu alam di bantalan bawah kayu juga dapat menghidupkan kesan ruangan yang natural dan alami. Kombinasikan sekat ruang dari bambu ini dengan ruang bergaya interior oriental untuk keserasian visual yang menarik.

5. Partisi ruangan dari tirai dekoratif

 

https://furniterus.com/wp-content/uploads/2018/07/gauzy-white-curtains-400×300.jpeg

Sumber: home-designing.com

Cara paling sederhana dan murah untuk memisahkan fungsi ruang adalah dengan memanfaatkan tirai atau gorden sebagai sekat ruang. Kombinasikan warna serta lapisan atau layering tirai, mulai dari warna tirai, tirai transparan, hingga tirai berpola agar bisa menghadirkan sekat ruangan yang tetap terlihat mewah tanpa menguras banyak biaya. Partisi ruangan dari tirai seperti ini juga dapat membuat ruangan terlihat lebih luas, lho.

Artikel Lainnya: Ruangan Lebih Luas? Intip 7 Inspirasi Partisi Ruang Tamu yang Bisa Bikin Rumah Makin Nyaman

Untuk kamu yang suka dengan kesan natural, kamu dapat memilih gorden dengan warna hitam ataupun putih polos. Nah, untuk kamu yang lebih suka gaya shabby chic, gorden dengan motif floral atau warna-warna pastel dapat membuat partisi ruangan menjadi lebih cantik.

6. Partisi ruangan dari bingkai jendela bekas

Sumber: nonagon.style

Dengan sedikit kreativitas, kamu dapat menyulap barang yang sudah tidak berguna lagi menjadi barang yang lebih bermanfaat dengan unsur dekoratif. Seperti misalnya bingkai jendela yang sudah tidak terpakai dan kamu sulap menjadi partisi ruangan. Partisi ruangan dari bingkai jendela bekas dapat memberikan kesan terbuka namun tetap memberi batas dari fungsi setiap ruangan.

7. Partisi ruangan dari boks atau krat kayu

Sumber: brit.co

Boks atau kerat kayu yang biasanya digunakan sebagai tempat telur atau minuman botol juga dapat kamu gunakan sebagai partisi ruangan. Saat ini juga sudah banyak dekorasi ruangan yang menggunakan boks atau kerat kayu untuk mendapatkan kesan yang rustic atau natural. Jika kamu ingin membangun partisi dari krat kayu, sesuaikan terlebih dahulu kira-kira model seperti apa yang akan kamu pasang. Sebab, bentuk dan tinggi partisi akan menentukan jumlah krat yang digunakan.

Beberapa inspirasi desain partisi ruangan tadi adalah bukti jika partisi ruangan atau sekat ruangan tidak melulu harus monoton, lho. Dengan kreativitas, kamu dapat menciptakan partisi ruangan yang hemat budget, namun tetap memberikan unsur dekoratif pada ruangan.

Artikel Lainnya: 9 Model Partisi Ruangan Hemat Biaya

Bukan cuman ide partisi ruangan loh yang bisa kamu temukan di Furniterus, masih banyak ide-ide dekorasi lainnya yang Furniterus terus buat setiap harinya. Tetap stay tuned ya!