Tak Perlu Bingung, Ini 7 Inspirasi Desain Dapur Minimalis 3×2

FURNITERUS.com – Dapur merupakan salah satu ruangan yang esensial di dalam hunian. Namun, seringkali dapur tidak diperhatikan penataannya dan diletakkan di area belakang rumah. Tak jarang, luas ruangan yang tersedia untuk dapur pun sangat minim ukurannya. Bagi Anda yang memiliki luas dapur 3×2, tak perlu khawatir dengan luas ruangan yang terbatas. Dengan memanfaatkan ruang yang tersedia secara cerdas, Anda tetap bisa mendapatkan dapur yang nyaman. Lalu, bagaimana caranya menata dapur berukuran 3×2 agar bisa menampung seluruh kebutuhan dapur? Agar Anda tidak bingung, lihat beberapa inspirasi desain dapur minimalis 3×2 berikut ini.

1. Aplikasikan cermin

Cermin untuk kesan lebih luas

Cermin untuk kesan lebih luas (Sumber: pinterest.com)

Cermin selalu berhasil menjadi trik untuk membuat ilusi ruangan yang lebih besar. Bermain dengan material reflektif seperti cermin akan memaksimalkan pencahayaan lampu dan efek visual yang lebih luas pada dapur berukuran 3×2 yang Anda miliki. Aplikasikan cermin pada bagian dinding backsplash atau pada daun-daun pintu kitchen set Anda. Dijamin ruangan akan terlihat dua kali lebih besar dibandingkan dengan aslinya.

2. Tambahkan kabinet

Kabinet dapur kecil

Kabinet dapur kecil (Sumber: goodhousekeeping.com)

Untuk dapur berukuran kecil, Anda harus memaksimalkan seluruh ruang kosong yang ada, baik itu pada dinding serta lantai dapur. Nah, Anda dapat mengaplikasikan kabinet-kabinet yang berguna untuk menyimpan barang di bagian atas dan bawah. Dengan begitu, seluruh ruang kosong yang ada bisa dimanfaatkan untuk menata seluruh keperluan dapur, mulai dari keperluan memasak, peralatan makan, bumbu-bumbu dapur, dan sebagainya.

3. Desain dapur minimalis 3×2 konsep dapur terbuka

Desain dapur minimalis 3x2 konsep dapur terbuka

Dapur konsep terbuka (Sumber: elledecor.com)

Cara paling efektif untuk membuat dapur mungil terlihat lebih lapang adalah dengan menggunakan konsep dapur terbuka tanpa partisi atau dinding penghalang. Hilangkan partisi yang ada pada dapur dan buat dapur seperti menyatu dengan keseluruhan ruang lain yang ada pada rumah, seperti ruang makan atau ruang keluarga. Untuk membatasi area dapur dengan ruang lainnya, Anda bisa menambahkan kitchen island dan kursi bar yang berfungsi sebagai pembatas. Agar aroma masakan dari dapur tidak menyebar ke seluruh penjuru rumah, pastikan Anda memiliki sistem ventilasi udara yang baik ya. Tambahkan cooker hood jika diperlukan.

Cek Juga: Katalog Model Kitchen Set Minimalis Modern Furniterus

4. Pencahayaan alami yang maksimal

Pencahayaan natural

Pencahayaan natural (Sumber: hgtv.com)

Pengaturan pencahayaan alami pada ruangan mungil sangat penting, termasuk pada dapur berukuran 3×2. Cahaya alami yang masuk secara maksimal akan membuat suasana dapur terasa lebih lapang dan terang. Sebisa mungkin, setiap sudut yang ada pada dapur harus mendapatkan cahaya yang cukup. Ini akan mencegah dapur dari kelembapan dan membunuh bakteri yang ada. Maksimalkan pencahayaan dengan mengaplikasikan jendela berukuran besar atau skylight di bagian atas dapur.

Pencahayaan tambahan juga penting untuk Anda perhatikan, agar aktivitas memasak di malam hari tidak terganggu. Selain lampu utama, tambahkan juga lampu pelengkap seperti lampu dinding, atau lampu pada area backsplash.

5. Minimalisir dekorasi dan pola

Minimalisir pola

Minimalisir pola (Sumber: housebeautiful.com)

Terlalu banyak pola dan dekorasi pada dapur akan membuatnya terlihat penuh, sesak, dan berantakan. Dengan meminimalisir pola dan warna, dapur pun akan terlihat lebih rapi dan minimalis. Gunakan motif keramik atau backsplash yang minimalis untuk meminimalisir pola yang bertabrakan di dalam satu ruangan.

6. Desain dapur minimalis 3×2 tanaman hijau

Desain dapur minimalis 3x2 tanaman hijau

Tanaman hijau (Sumber: thekitchn.com)

Untuk membuat udara tetap segar Anda bisa mengaplikasikan tanaman hijau di dalam dapur. Tanaman memiliki banyak manfaat saat diletakkan pada dapur karena tanaman dapat menyerap racun yang mungkin muncul pada dapur. Tak hanya memberikan udara segar, tanaman juga bisa menjauhkan semut dan serangga dari dapur, lho. Letakkan tanaman di dekat jendela dapur agar tetap bisa mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Anda juga bisa menanam tanaman yang menjadi bahan masakan sehari-hari. Saat dibutuhkan, bisa langsung dipetik sesuka hati.

7. Desain dapur minimalis 3×2 di bawah tangga

Desain dapur minimalis 3x2 di bawah tangga

Di bawah tangga (Sumber: onekindesign.com)

Manfaatkan ruang yang ada di rumah mungil Anda semaksimal mungkin. Nah, tak ada salahnya juga membuat dapur berukuran mungil di bawah tangga. Area di bawah tangga kerap tidak terpakai secara maksimal. Anda bisa menyulap area ini menjadi dapur berukuran 3×2 yang minimalis.

Tak ada yang tak mungkin, Anda bisa mendapatkan desain dapur minimalis 3×2 yang cantik, fungsional, dan memenuhi seluruh kebutuhan. Yuk, mulai sulap dapur mungil Anda menjadi lebih menarik.

Artikel Lainnya:7 Desain Dapur Minimalis 3×3 yang Rapi dan Fungsional

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Tips Menata Apartemen Studio agar Ruang Tampak Luas

6 Ide Bingkai Foto Cantik dan Unik untuk Dekorasi Kece Kamar Tidurmu

Mau Meng-Update Ruangan? Ikuti 8 Tren Desain Interior 2019 Ini

Ingin Menghemat Budget? Ini 7 Tips Sebelum Membeli Furniture Bekas

Desain Teras Rumah Mungil yang Nyaman dan Menawan

Mau Sewa Apartemen Pertama? Yuk, Perhatikan 10 Hal Penting ini!

Jangan Sampai Salah Memilih Springbed untuk Anak, Perhatikan 5 Hal Ini

8 Desain Kamar Minimalis yang Cantik tapi Hemat Biaya

8 Desain Kabinet Bawah Tangga untuk Pemanfaatan Ruang yang Efisien

Warna Top Table Kitchen Apa yang Harus Kamu Pilih

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !