7 Inspirasi Dapur Bawah Tangga yang Hemat Ruang

Furniterus - Dapur bawah tangga. Nggak punya area yang cukup luas untuk membuat dapur? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat rumah mungil terasa lebih nyaman. Sebagai salah satu area terpenting dan wajib ada di setiap rumah, desain dapur pun harus kamu perhatikan dengan baik. Desain yang tepat akan membangun suasana yang nyaman saat kamu berada di dapur. Nah bagi kamu yang memiliki hunian 2 lantai pastinya ada ruang kosong di bawah tangga ‘kan? Maksimalkan saja ruangan ini menjadi dapur bawah tangga yang fungsional. Masih ragu? Coba dulu lihat beberapa inspirasi di bawah ini.

1. Dapur minimalis

dapur bawah tangga minimalis

Sumber: pinterest.com

Apakah kamu termasuk orang yang simple dan tidak menyukai banyak barang di rumah? Nah, inspirasi desain dapur minimalis di bawah tangga seperti ini bisa kamu jadikan pilihan. Gunakan warna cat putih untuk dapur agar terlihat lebih bersih, rapi, dan cerah. Dapur minimalis seperti yang satu ini sangat cocok digunakan oleh keluarga kecil. Walaupun sederhana, dapur ini cukup untuk meletakkan berbagai keperluan dapur. Manfaatkan area dinding untuk menyimpan berbagai koleksi peralatan makan atau perlengkapan memasak lainnya.

2. Dapur dengan rak terbuka

dapur bawah tangga rak terbuka

Sumber: homecrux.com

Area di bawah tangga biasanya dibiarkan kosong dan hanya digunakan sebagai gudang sementara. Nah, agar tampilannya lebih cantik manfaatkan saja area kosong ini sebagai rak penyimpanan untuk dapur kamu. Agar terkesan lebih luas, gunakan rak dapur yang terbuka agar ruangan tidak terasa sempit. Pada area ini, kamu bisa memanfaatkan untuk meletakkan berbagai peralatan makan dan minum, hingga peralatan memasak.

3. Dapur bergaya industrial

dapur industrial

Sumber: decorinspiratior.com

Desain dapur yang satu ini sangat kental akan unsur industrial dari lampu gantung metal yang digunakan. Gunakan lampu gantung dan buat dinding rumah dengan konsep unfinished untuk membuat kesan industrial semakin terasa pada dapur. Kamu juga bisa menambahkan mini bar untuk tempat bersantai bersama keluarga di dapur mini ini.

Artikel Lainnya: 7 Warna Kitchen Set untuk Dapur Terlihat Lebih Segar

4. Dapur modern

dapur putih modern

Sumber: homemydesign.com

Apabila kamu memiliki rumah dengan desain modern dan ingin membuat dapur dengan tampilan yang mewah, maka kamu bisa membuat dapur di bawah tangga dengan konsep seperti yang satu ini. Gunakan kitchen set gantung berwarna putih yang juga serasi dengan keseluruhan tampilan rumah. Tak lupa, tambahkan pencahayaan dengan lampu gantung agar dapur semakin terlihat tinggi dan menawan.

5. Dapur country

dapur country

Sumber: pinterest.com

Suka dengan desain yang natural? Dapur di bawah tangga yang unik dan kental akan unsur alami adalah desain dapur bergaya country seperti yang satu ini. Sentuhan kayu pada beberapa bagian dapur membuat suasana rumah terasa sejuk dan terlihat natural. Tambahkan beberapa tanaman hias dan perlengkapan memasak minimalis untuk melengkapi dapur country ini.

6. Menyatu dengan meja makan

dapur bawah tangga menyatu dengan meja makan

Sumber: youtube.com

Biasanya, tangga terletak di bagian pinggir rumah yang merapat ke dinding. Bentuk dapur di bawah tangga pun biasanya harus mengikuti sudut tersebut. Untuk memaksimalkan ruang yang ada, kamu juga bisa lho menambahkan meja makan di dekat area dapur. Dengan begitu, sudut rumah yang satu ini bisa menjadi area dapur sekaligus area makan yang cantik. Manfaatkan juga area di bawah tangga sebagai ruang penyimpanan alat makan dan alat rumah tangga lainnya.

7. Bar di bawah tangga

bar bawah tangga

Sumber: pinterest.com

Apabila area di bawah tangga kamu sangat kecil dan tidak cukup untuk kegiatan memasak, kamu juga bisa mengubahnya menjadi area bar mungil. Kamu bisa membuat mini bar dengan rak penyimpanan minuman di dapur bawah tangga. Jangan lupa untuk menambahkan rak khusus untuk menyimpan gelas. Tak hanya bar, kamu juga bisa meletakkan coffee maker untuk membuat kopi di pagi hari. Lengkapi tampilannya dengan kursi kecil untuk menikmati minuman atau kopi buatanmu.

Ternyata area yang tak terpakai pun bisa diubah menjadi dapur bawah tangga yang fungsional dan dekoratif untuk rumah. Sudah tidak ada lagi kan halangan untuk memiliki dapur yang cantik di rumah mungil? Dari beberapa contoh di atas, dapur mana yang paling ingin kamu terapkan pada hunian impian?

Artikel Lainnya: 7 Desain Dapur Bersih yang Bisa Jadi Pusat Perhatian

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

7 Warna Kitchen Set untuk Dapur Terlihat Lebih Segar

8 Desain Meja Makan sebagai Primadona di Ruang Makan

Rumah Sederhana Minimalis yang Lega dan Nyaman

Desain Lemari Pakaian yang Cocok untuk Kamar Tidurmu

Meja Makan Minimalis Keren yang Hemat Ruang

Cara Menciptakan Desain Ruang Keluarga Penuh Kehangatan

Milenial Wajib Tahu! Ini 5 Desain Rak Dapur Kekinian

Rangkaian Ide Desain Plafon Minimalis 2018

Wallpaper Dinding Kamar yang Membuat Tidur Semakin Nyaman

Cat Ruang Tamu yang Menawan: Kontras atau Harmonis?

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !