Jadikan Dapurmu lebih Apik dengan 9 Ide Rak Piring Praktis Berikut ini!

Rak piring adalah salah satu solusi bagi kamu yang memiliki hunian yang hemat ruang dan tidak memiliki mesin pencuci piring. Khususnya jika kamu tinggal di apartemen, pemilihannya tidak bisa sembarangan karena sangat mempengaruhi tampilan dapur secara keseluruhan.

Sumber: homeanddecor.com.sg

Pilih yang tidak memakan banyak tempat tetapi sangat praktis, fungsional dan, tentu saja estetis. Dengan begitu, rak ini dapat sekaligus menambah dekorasi di dapurmu yang kecil. Untuk menambah inspirasimu dalam mencari rak piring yang tepat, yuk, simak beberapa rekomendasi kami.

1. Roll-up di atas wastafel

Sumber: apartmenttherapy.com

Tipe ini merupakan salah satu rekomendasi kami untuk kamu yang punya keterbatasan ruang di dapur. Tanpa perlu menyiapkan tempat khusus di countertop, kamu bisa langsung meletakkan rak piring ini di atas wastafel. Kamu juga tidak memerlukan alas rak lagi karena air dari alat makan yang telah dicuci akan langsung mengalir ke wastafel.

Seperti namanya, rak piring roll-up bisa digulung dan disingkirkan dari wastafel apabila tidak digunakan. Ia juga multifungsi karena bisa digunakan sebagai rak pendingin dan saringan sayur setelah dibersihkan.

2. Rak piring lipat

Sumber: apartmenttherapy.com

Mencari inspirasi rak piring yang cocok dengan dapur minimalis? Tipe ini adalah salah satu pilihan yang tepat! Ukurannya memang terbilang kecil, namun desainnya menarik dan cukup untuk membuat dapur terlihat lebih apik.

Dibuat dengan menggunakan tembaga, rak ini sangat aman digunakan untuk mesin pencuci piring. Ketika sedang tidak digunakan, kamu melipat dan menyingkirkannya untuk sementara. Lipatannya yang pipih juga tidak akan memakan banyak tempat jika disimpan di dalam lemari. Bahkan, kamu bisa menyandarkan lipatan rak piring ini ke backsplash dan menambah estetika dapur.

3. Frame stainless steel

Sumber: homedit.com

Rak piring yang satu ini bisa menjadi pelengkap interior kontemporer atau industrialmu. Selain tampilannya yang sleek dan menarik, ia juga punya sistem saluran yang sangat baik. Apabila diletakkan tepat di samping wastafel, aliran air dari rak piring ini dapat langsung mengalir ke wastafel, sehingga kamu tidak perlu secara manual membersihkan tetesan air dari piring yang sudah dicuci.

Ada pula tempat pengering khusus untuk gelas dan pisau, sehingga rak piring tampak lebih teratur. Tidak hanya itu. Fingerprint-proof pada permukaan frame  juga membuatnya tampak selalu rapi dan bersih.

4. Rak piring lipat berbentuk X dari bambu

Sumber: secretroomz.com

Bosan dengan rak piring stainless steel klasik? Yuk, cari tahu rak piring dari bambu berikut ini. Simpel, tapi memiliki desain yang fungsional, yang mana ada bagian-bagian tersendiri untuk mengeringkan piring, mug, gelas dan alat makan.

Meskipun tidak bisa diletakkan langsung diletakkan di atas wastafel, rak piring ini masih hemat tempat sehingga cocok untuk kamu yang memiliki dapur mungil. Karena bisa dilipat, kamu juga bisa menyingkirkan rak ini untuk sementara dari countertop saat sedang tidak digunakan. Materialnya yang kuat membuatnya tidak hanya memiliki desain yang menarik, tetapi juga tahan lama.

5. Multifungsi untuk taman mini

Sumber: response-conso.fr

Rak piring tipe ini tidak hanya berfungsi untuk mengeringkan piring, gelas dan alat makan, tetapi juga untuk bercocok tanam! Unik, kan?

Rak piring ini merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang berusaha hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan organik. Herba seperti peterseli, dill atau thyme bisa kau tanam di rak multifungsi ini. Air tetesan piring yang telah dicuci akan mengalir langsung ke tanaman tersebut. Lokasinya yang di dapur juga memudahkanmu saat memetik herba sebelum dimasak!

6. Rak piring gantung

Sumber: today.com

Jika countertop di samping wastafel cukup sempit, tetapi space dinding tidak terlalu luas, rak piring gantung ini bisa menjadi solusi untukmu. Digantung terpisah dari countertop, rak yang satu ini dapat membuat dapur tampak lebih clutter-free. Sebagai tambahan, kamu juga bisa lebih hemat tempat dan memanfaatkan countertop untuk yang lain.

Artikel Lainnya: 5 Model Rak Piring Gantung Untuk Dapur Lebih Rapih dan Bersih

7. Praktis dan modern

Sumber: homedit.com

Menggunakan warna cerah untuk rak piring juga merupakan pilihan yang menarik, lho. Kamu bisa menggunakan stainless steel sebagai rak piring dan memadukannya dengan alas berwarna cerah seperti kuning, biru muda, bahkan pink.

Pilih yang saluran airnya langsung mengarah ke wastafel sehingga kamu tidak perlu terlalu sering membersihkannya.

8. Meninggi di dinding

Sumber: decorsteals.com

Punya space yang cukup luas pada dinding dapur? Kamu bisa mencoba pilihan rak yang satu ini. Rak piring yang disusun meninggi di atas wastafel memang ideal karena menghemat tempat pada countertop. Selain itu, rak tipe ini biasanya juga multifungsi sebagai tempat penyimpanan perabotan dapur lainnya.

Rak piring dinding memiliki ukuran yang beragam, namun biasanya lebih besar dibandingkan rak piring gantung. Umumnya, ia memiliki bagian untuk menyimpan piring secara tegak lurus dan kaitan untuk mug atau cangkir. Material yang populer untuk rak piring tipe ini adalah stainless steel dan kayu.

9. Rak piring wastafel

Sumber: wayfair.com

Beberapa apartemen biasanya tidak memiliki ruang untuk banyak perabotan. Apabila kamu tidak memiliki ruang yang cukup baik di dapur maupun di dinding untuk menyimpan rak, tipe ini adalah rekomendasi dari kami.

Rak piring ini memang didesain khusus untuk digunakan di wastafel. Setelah selesi mencuci piring, rak ini bisa langsung diletakkan di atas wastafel. Keunggulannya, rak yang satu ini tidak memerlukan alas dan sangat mudah dibersihkan karena tetesan airnya akan langsung mengalir ke wastafel.

Intinya, pada saat memilih rak piring, bukan hanya desain yang perlu diperhatikan. Kamu juga perlu mempertimbangkan lokasi yang tepat untuk menyimpan rak tersebut. Lihat kembali apakah countertop atau dinding memungkinkan untuk tempat menyimpan rak piring. Cari tahu juga apakah rak piring tersebut dapat memiliki fungsi lain sehingga pemanfaatannya bisa optimal. Di dapur yang ukurannya tidak terlalu besar, perabotan dapur yang multifungsi merupakan keunggulan yang berarti.

Lihat  Juga: Katalog Kitchen Set dari Furniterus

Selain artikel ini, kami juga punya beragam informasi serta tips dan trik lainnya untuk kamu yang sednag mencari inspirasi soal dapur dan apartemen. Setiap harinya, kamu akan mendapatkan informasi baru tentang berbagai macam ide desain untuk tempat tinggalmu. Yuk, terus langsung cek blog Furniterus agar tidak ketinggalan!