7 Ide Desain Kitchen Set Bawah untuk Rumah Masa Kini

Furniterus - Kitchen set bawah. Kegiatan memasak di dapur tentu akan terasa lebih nyaman jika ada kitchen set dapur. Kitchen set ini merupakan area penyimpanan peralatan memasak, peralatan makan, hingga bumbu-bumbu dapur. Dengan adanya kitchen set di area dapur, Anda pun tidak perlu berjalan jauh untuk menyiapkan segala kebutuhan memasak karena telah tersedia di area dapur. Biasanya ada dua tipe kitchen set yang bisa Anda aplikasikan, yaitu kitchen set atas dan kitchen set bawah. Keberadaan keduanya sama-sama penting untuk mendukung aktivitas memasak. Nah, bagi Anda yang sedang mencari inspirasi untuk desain kitchen set bagian bawah, berikut adalah beberapa ide yang dapat ditiru.

1. Kitchen set bawah bukaan samping

kitchen set bawah bukaan samping

Sumber: woodmasterkitchens.com

Desain kitchen set dapur bagian bawah dengan bukaan ke samping seperti yang satu ini adalah yang paling umum digunakan. Bukaan ke samping akan memudahkan Anda saat hendak mencari barang atau perlatan masak di dalam kabinet. Memasak pun bisa menjadi lebih mudah dan lebih cepat selesai.

2. Tanpa pegangan

kitchen set bawah tanpa pegangan

Sumber: pinterest.com

Kitchen set dapur dengan pintu tanpa pegangan ini biasanya digunakan pada desain dapur yang mengusung konsep minimalis dan modern. Tanpa pegangan pintu, kitchen set dapur pun akan terlihat lebih ringkas, simpel dan elegan. Untuk mengganti pegangan pintu pada kabinet, biasanya tersedia lubang dan cekungan di bagian atas atau bawah pintu (tergantung letaknya).

3. Warna terang

kitchen set bawah warna terang

Sumber: thespruce.com

Banyak orang yang khawatir jika menggunakan warna terang untuk kitchen set dapur akan membuatnya mudah kotor karena risiko terkena cipratan bahan makanan atau minuman saat proses persiapan bahan-bahan atau pada saat memasak. Padahal, penggunaan warna terang pada kabinet akan membuat dapur terkesan lebih lapang dan terlihat lebih menarik. Saat ini pun Anda sudah bisa mendapatkan berbagai material dan lapisan kabinet yang mudah dibersihkan jika terkena kotoran seperti minyak atau saus.

Cek Juga: Katalog Model Kitchen Set Modern Klasik Furniterus

4. Kitchen set bawah laci sudut

kitchen set bawah laci sudut

Sumber: indiamart.com

Biasanya bagian sudut pada kitchen set bawah kerap terbuang sia-sia karena posisi pintu yang bertabrakan saat dibuka. Untuk Anda yang menginginkan area penyimpanan maksimal, Anda bisa menggunakan laci sudut atau lemari dapur dengan laci 90 derajat pada bagian sudutnya. Saat membuka laci, Anda bisa melakukannya tanpa bertabrakan dengan pintu kabinet lainnya. Dengan begitu, tak ada lagi kan ruang kosong yang tidak terpakai.

5. Kitchen set bawah pintu kaca

kabinet pintu kaca

Sumber: homedit.com

Kabinet dapur dengan pintu kaca akan memudahkan Anda saat hendak mencari peralatan masak atau peralatan makan karena semua barang yang tersimpan di dalam kitchen set dapat terlihat dengan jelas dari bagian luar. Biasanya pintu kaca ini dikombinasikan dengan material kabinet dari stainless steel atau kayu. Kehadirannya akan membuat dapur terlihat lebih elegan dan rapi. Namun, agar kebersihan pintu kaca pada kitchen set ini selalu terjaga, rajinlah dalam mengelap dan membersihkannya agar tidak ada noda yang menempel.

6. Kitchen set bawah tanpa pintu

kabinet tanpa pintu

Sumber: decorpad.com

Desain kitchen set selanjutnya yang bisa Anda aplikasikan adalah kabinet dapur tanpa pintu. Keunggulan dari penggunaan kabinet dapur ini adalah ruang dapur akan terlihat lebih lega. Anda pun bisa lebih mudah mencari barang saat memerlukannya. Anda juga bisa menyusun berbagai peralatan makan warna-warni yang disusun secara rapi sebagai dekorasi untuk dapur. Namun, agar dapur tetap terlihat rapi Anda harus selalu memperhatikan peletakannya agar kabinet tidak terlihat terlalu penuh dan sumpek.

7. Tambahkan lampu

Tambahkan lampu

Sumber: decorpad.com

Kitchen set bawah yang dilengkapi dengan lampu akan menjadi sumber penerangan tambahan yang akan semakin memudahkan proses memasak di dapur. Selain di bagian luar kabinet, Anda juga bisa memasang lampu di bagian dalam kabinet. Dengan penerapangan yang baik, Anda pun bisa lebih mudah dalam mencari berbagai keperluan memasak.

Nah, sekarang Anda sudah ada bayangan kan seperti apa saja desain kitchen set bawah yang bisa digunakan? Kira-kira desain yang mana nih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda? Selain melihat dari fungsinya, kitchen set dapur yang memiliki desain unik, baik itu dari model dan warnanya akan membuat aktivitas memasak bersama keluarga di rumah lebih menyenangkan.

Artikel Lainnya:8 Inspirasi Desain Mini Bar Dapur Minimalis yang Keren Banget

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Kenapa Kursi Minimalis Bisa Membuat Dekorasi Lebih Mudah?

7 Tips Renovasi Interior Rumah yang Hemat Budget

7 Tipe Plafon yang Bisa Membuat Rumah Lebih Nyaman

Apartemen 2 Kamar Ingin Terasa Nyaman? Simak Caranya!

7 Hiasan Dinding Kamar Sesuai dengan Kepribadianmu

Apa Itu Cat Duco? Yuk, Kenalan Lebih Dekat!

7 Siasat Kreatif Ciptakan Suasana Lega untuk Apartemen Minimalis

7 Model Tangga Minimalis yang Dapat Menambah Estetika Rumah

7 Desain Kamar Mandi Modern yang Nyaman untuk Relaksasi

Tips dan Trik Dekorasi Ruang Keluarga Kecil agar Lega dan Nyaman

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !