Hindari 7 Kesalahan Dekorasi Rumah Ini Kalau Nggak Mau Menyesal

Bosan dan mau memberikan suasana baru pada rumah? Mendekorasi ulang hunian kamu memang perlu dilakukan untuk membuatnya lebih fresh dan up to date dengan tren interior saat ini. Namun sayangnya, banyak orang yang sering melakukan kesalahan dekorasi rumah saat akan memberikan tampilan baru pada rumah mereka. Bukannya semakin menarik, rumah malah terkesan berantakan, tidak nyaman, dan tidak enak dilihat. Jangan sampai kamu termasuk salah seorang yang melakukan kesalahan dalam dekorasi ini ya. So, simak dulu yuk beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mendekor rumah agar bisa dihindari.

1. Terlalu banyak barang

Kesalahan Dekorasi Rumah
Sumber: twitter.com

Punya banyak barang tapi tidak punya tempat penyimpanan yang cukup? Kebiasaan ini akan merusak dekorasi rumah kamu. Apalagi jika kamu meletakkan seluruh barang-barang tersebut sembarangan. Cobalah untuk memulai kebiasaan menyortir barang-barang yang dimiliki, mulai dari mana yang masih bisa dipakai dan mana yang sudah tak terpakai lagi. Masukkan barang yang masih bisa dipakai ke dalam sebuah kotak penyimpanan agar tidak terlihat berantakan atau mengotori rumah. Kemudian, buang atau berikan barang yang sudah tidak dipakai kepada yang lebih membutuhkan.

2. Terlalu penuh

Kesalahan Dekorasi Rumah
Sumber: radicalresthomes.com

Godaan utama saat sedang mendekorasi rumah adalah ingin memasukkan berbagai barang yang dimiliki ke dalam rumah. Mulai dari, sofa, meja, kursi, lemari, dan dekorasi lainnya. Banyak orang yang terlalu semangat dalam menata seluruh furnitur ini dengan memanfaatkan ruang yang ada. Namun sayangnya, karena terlalu banyak barang, tampilan ruangan malah terlihat penuh sesak.

3. Membeli furnitur yang kurang menarik

Kesalahan Dekorasi Rumah
Sumber: ladolcevitablog.com

Saat memilih furnitur untuk rumah impian, tentu kamu ingin memilih furnitur yang sesuai dengan selera. Hal ini wajar-wajar saja, asalkan furnitur yang dipilih tidak memiliki corak dan warna yang sama. Untuk itu, pilihlah furnitur dengan sentuhan warna dan bentuk yang bervariasi agar tidak memberikan kesan monoton pada keseluruhan ruangan.

4. Keliru memilih ukuran karpet

Kesalahan Dekorasi Rumah
Sumber: youtube.com

Karpet biasanya menjadi pelengkap atau aksesoris tambahan untuk interior ruangan, terutama ruang tamu dan kamar. Karpet mampu membuat sebuah ruangan menjadi lebih hangat dan nyaman. Sayangnya, masih banyak orang yang hanya memilih karpet berdasarkan coraknya saja, tanpa memikirkan kecocokan ukuran karpet dengan ruangan. Saat memilih karpet, pilihlah yang memiliki ukuran lebih lebar dibandingkan furnitur ruangan. Dengan begitu, karpet dapat berfungsi sebagai alas duduk yang nyaman. Untuk kamar tidur, pilih karpet dengan ukuran sedang untuk menjadi alas bawah tempat tidur atau hiasan.

5. Kurang memikirkan pencahayaan

Kesalahan Dekorasi Rumah
Sumber: architectureartdesigns.com

Pencahayaan, baik itu lampu atau alami sangat berpengaruh pada suasana ruangan. Pencahayaan dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih lega sekaligus memberi kenyamanan bagi penghuninya. Tanpa keberadaan pencahayaan yang baik, dekorasi rumah akan sia-sia. Ruangan bisa saja terkesan sumpek dan suram. Buatlah jendela berukuran besar agar sinar matahari bisa menyinari seluruh sudut ruangan di pagi dan siang hari. Lalu, gunakan pencahayaan buatan dari lampu pada malam hari, yang sifatnya direct dan indirect.

6. Terlalu banyak hiasan dinding

Kesalahan Dekorasi Rumah
Sumber: architecturaldigest.com

Tak lengkap rasanya jika tidak menghias rumah dengan jam dinding, lukisan, atau hiasan lainnya. Pengaturan letak hiasan dinding dapat memberikan kesan yang berbeda-beda pada ruangan. Hiasan dinding yang dipajang dengan benar dan simetris akan membuatnya terlihat rapi dan rumah terlihat lebih menarik. Menggantungnya dalam susunan acak dapat memberikan kesan yang lebih dinamis dan kreatif. Kedua cara ini sama-sama bisa mempercantik dekorasi rumah kamu . Namun, jangan sampai kamu menggantungkan terlalu banyak pajangan karena akan membuat dekorasi terlihat berantakan dan mengganggu pemandangan.

7. Kabel yang berantakan

Kesalahan Dekorasi Rumah
Sumber: shopee.co.id

Kabel, kawat, atau colokan yang berserakan akan membuat ruangan terkesan kotor dan berantakan. Kesalahan dekorasi yang satu ini kerap menjadi masalah karena sering dibiarkan. Belilah satu tempat fungsional yang bisa digunakan untuk menyembunyikan berbagai kabel-kabel. Kamu juga bisa menyembunyikan kabel di balik lemari, atau merapikannya menggunakan pengikat kabel.

Artikel Lainnya: Dekorasi Rumah dan Apartemen, Apa Sih Bedanya?

Apakah kamu pernah melakukan salah satu kesalahan dekorasi rumah di atas? Jadikan kesalahan tadi sebagai pembelajaran ya. Ayo mulai rapikan rumahmu!

Artikel Lainnya

Tips Mempercantik Ruang dengan Wallpaper

Ubah Tampilan Dapur dengan Model Kitchen Set Terbaru 2019

Pasangan Baru? Ini 8 Perabotan Rumah Tangga Wajib Ada di Hunian Kamu

Hindari 5 Kesalahan Tata Ruang Rumah yang Sering Dilakukan Ini

Keramik Dinding Dapur: Jenis Material dan Variasi Desain

9 Desain Kamar Apartemen Studio Terpopuler di 2018

6 Ide Dekorasi Tahun Baru Cantik untuk Pesta di Rumah

9 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terasa lebih Luas

Apartemen 2 Kamar Ingin Terasa Nyaman? Simak Caranya!

Ketahui Ragam Material dan Desain Kitchen Sink Sebelum Membeli

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !