Anti Bosan dengan 6 Hiasan Dapur Cantik Sederhana

Furniterus - Hiasan dapur cantik. Bosan dengan tampilan dapur yang itu-itu saja? Ingin memberikan kesegaran baru pada dapur? Untuk dapur, lebih mengoptimalkan segi fungsional memang penting agar kegiatan memasak tidak terganggu oleh ornamen yang kurang penting. Namun, sentuhan estetik atau hiasan dapur juga dibutuhkan lho agar dapur tidak terlihat monoton dan membosankan. Ada berbagai hiasan dapur yang bisa kamu pilih sesuai dengan gaya desain dapur dan selera.  Mau tahu hiasan apa saja yang cocok digunakan untuk mempercantik dapur? Yuk, lihat beberapa referensinya berikut ini.

1. Aneka tanaman

hiasan dapur aneka tanaman

Sumber: realsimple.com

Meletakkan tanaman di dapur memiliki beragam manfaat lho. Selain mempercantik dapur, hiasan tanaman juga bisa membuat udara dapur terasa lebih segar dan mengurangi aroma tak sedap di dapur. Kamu juga bisa menanam berbagai bahan masakan di dapur menggunakan pot kecil. Namun, ada hal penting nih yang harus diperhatikan sebelum memilih tanaman untuk dapur.

Pemilihan tanaman untuk dapur pada dasarnya sama seperti memilih tanaman untuk di dalam ruangan (indoor). Namun tidak sembarang tanaman indoor yang bisa hidup di ruangan hangat dan kering seperti dapur. Beberapa tanaman yang bisa kamu pilih antara lain sirih gading, anggrek, lidah mertua, pakis, atau air plant. Pastikan kamu rutin menyiram tanaman dan letakkan di dekat jendela karena tanaman tetap membutuhkan sinar matahari langsung.

2. Buku masakan

hiasan dapur buku masakan

Sumber: pinterest.com

Suka mencoba resep baru dengan melihat-lihat di buku resep masakan? Nah, pajang saja semua koleksi buku masakan kamu di rak dinding yang cantik. Buku masakan ini bisa menjadi dekorasi yang menarik lho bagi dapur. Kamu pun tak perlu repot saat ingin mencari ide masakan karena bisa langsung mengambil koleksi buku masak di dapur. Susun buku masakan dengan apik agar terlihat rapi dan dekoratif.

3. Papan tulis hitam

hiasan dapur papan tulis hitam

Sumber: noordinaryhomestead.com

Punya banyak daftar belanjaan atau ingin menulis daftar masakan setiap harinya agar tidak lupa? Kamu bisa membeli blackboard atau papan tulis hitam untuk mencatat seluruh keperluan memasak. Selain fungsional, papan tulis hitam ini bisa menjadi dekorasi yang menambah kesan minimalis juga mempercantik tampilan dapur. Selain catatan, kamu juga bisa menuliskan berbagai kata mutiara favoritmu di papan tulis menggunakan kapur.

Artikel Lainnya: 6 Desain Kitchen Set Kayu untuk Dapur Elegan

4. Mengubah tampilan dapur dengan wallpaper

Mengubah tampilan dapur dengan wallpaper

Sumber: kixp.net

Ingin mengubah tampilan dapur secara instan? Nggak perlu mengecat ulang dapur kamu, pilih saja wallpaper untuk menghias dapur. Penggunaan wallpaper bisa langsung mengubah suasana dapur dengan cepat. Selain itu, wallpaper juga memiliki beragam motif dan warna yang bisa disesuaikan dengan gaya dapur dan selera kamu.

Namun karena wallpaper berbahan dasar kertas, sebaiknya aplikasikan pada area dapur yang kering. Kamu bisa mengaplikasikan wallpaper pada salah satu dinding dapur, di area backsplash, rak piring, atau di area penyimpanan terbuka.

5. Lampu dapur sebagai focal point ruangan

Lampu sebagai focal point ruangan

Sumber: pinterest.com

Pencahayaan sangat menentukan suasana dan mood dari sebuah ruangan, termasuk pada dapur. Ada banyak sekali ragam dan desain lampu hias yang bisa kamu aplikasikan pada dapur. Mulai dari lampu gantung, lampu hias, lampu pada backsplash, lampu sorot, chandelier, dan sebagainya. Pilihlah desain lampu dan warna yang sesuai dengan gaya dapur.

6. Rak penyimpanan terbuka

Rak penyimpanan terbuka

Sumber: theanastasiaco.com

Menata rapi peralatan dan perlengkapan dapur di rak penyimpanan terbuka juga bisa menjadi elemen dekorasi tersendiri yang unik dan personal lho. Kamu bisa memilih benda-benda dekorasi apa saja yang ingin kamu pajang dengan tetap menyesuaikannya dengan cat dinding dapur agar terlihat seperti kesatuan yang harmonis dan tertata dengan cantik.

Dengan menggunakan rak penyimpanan terbuka, semua perlengkapan dapur, peralatan makan, serta bahan-bahan masakan bisa terlihat jelas dan memudahkan kamu untuk mengambilnya dengan cepat. Untuk lebih memudahkan, kelompokkan dan tata berdasarkan fungsinya agar tetap memiliki tampilan yang teratur.

Psst, sebaiknya jangan terlalu banyak menambahkan berbagai hiasan dapur agar ruangan tidak terkesan penuh dan sumpek. Terlalu banyak hiasan juga akan menyulitkan kamu saat memasak. Sebaiknya pilih yang paling sesuai dengan luas dan kebutuhan dapur. Sudah siap mendekorasi dapur kamu?

Artikel Lainnya: Manis dan Fungsional, Ini 6 Desain Ruangan Dapur Terbaik

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Model Rumah Minimalis Terkini di Berbagai Belahan Dunia yang Cocok Diaplikasikan di Indonesia

7 Desain Sofa Minimalis yang Membuat Tampilan Hunian Semakin Kece

Perhatikan! Ini 7 Cara Perawatan AC agar Dapat Digunakan Lebih Awet di Apartemen

Teras Rumah Minimalis yang Simpel, Keren, dan Fungsional

5 Jenis Material Pembuat Furnitur Berbahan Dasar Kayu

5 Cara Memilih Keramik Sesuai Kebutuhan dan Fungsi Ruangan

7 Desain Dapur Bersih yang Bisa Jadi Pusat Perhatian

Jadikan Dapurmu lebih Apik dengan 9 Ide Rak Piring Praktis Berikut ini!

6 Inspirasi Desain Dapur Kotor Bikin Betah Memasak

7 Tips Desain Ruang Makan Kece dan Instagramable dengan Cara Ini

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !