Manis dan Fungsional, Ini 6 Desain Ruangan Dapur Terbaik

Furniterus - Desain ruangan dapur. Tak hanya untuk memasak, fungsi dapur pun kini telah berkembang sebagai jantung rumah yang didesain mengikuti tren dan gaya hidup. Terlepas dari apakah kamu hobi memasak atau tidak, memiliki dapur yang cantik dan keren pasti menjadi impian banyak orang. Selain memperhatikan desain dapur secara keseluruhan, pemilihan dekorasi dan juga storage di dapur penting untuk dipertimbangkan sebaik-baiknya agar fungsi dapur bisa maksimal. Nah masih bingung cara membuat desain ruangan dapur yang kamu banget? Yuk, lihat saja langsung inspirasi berikut ini.

1. Ruangan dapur minimalis dengan tema monokrom

Ruangan dapur minimalis dengan tema monokrom
Monokrom (Sumber: stylemotivation.com)

Suka dengan desain modern? Inspirasi desain dapur dengan tema minimalis berwarna monokrom ini bisa kamu tiru. Warna monokrom memang menjadi warna aman yang selalu cocok digunakan pada berbagai jenis ruangan. Untuk dapur, kamu bisa menggunakan meja marmer dengan kitchen set hitam sebagai warna utama. Warna putih marmer dengan polanya yang unik akan memberikan kesan mewah pada dapur. Tambahkan beberapa tanaman hias agar tidak terlihat terlalu kaku.

2. Digabung dengan area makan

Digabung dengan area makan
Gabung dengan area makan (Sumber: stylemotivation.com)

Punya rumah dengan luas terbatas atau tinggal di apartemen? Desain dapur yang digabung dengan meja makan ini bisa jadi inspirasi kamu. Letakkan saja meja kecil di dekat dapur sebagai tempat makan yang manis. Kamu juga bisa lho menggunakan bar stool di kitchen island sebagai tempat makan yang praktis. Dengan begitu, kamu pun bisa menghemat tempat secara lebih maksimal. Makanan yang telah selesai dimasak pun bisa langsung disantap di area makan.

3. Ruangan dapur serba putih

Ruangan dapur serba putih
Serba putih (Sumber: mydomaine.com)

Dapur memang kerap dianggap sebagai area yang kotor. Tak heran sebab kegiatan memasak membuat minyak atau saus terciprat ke seluruh ruangan. Ditambah lagi sampah dari bahan-bahan masakan yang jatuh di lantai. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang menghindari warna putih untuk dapur. Padahal dengan mengaplikasikan warna putih, dapur bisa lebih terkesan bersih dan luas lho. Warna putih bisa kamu dapatkan dari marmer, warna cat, kabinet, hingga peralatan memasak. Asal rajin dibersihkan, dapur serba putih akan tampil mewah dan elegan.

4. Ruangan dapur serba kayu

Ruangan dapur serba kayu
Serba kayu (Sumber: naturalbuildingblog.com)

Suka dengan unsur natural? Ruangan dapur yang didominasi dengan furniture kayu ini bisa membuat dapur terlihat lebih natual dan luas. Apalagi jika kamu ingin tetap mempertahankan warna natural kayu yang elegan dan menawan. Warna kayu natural akan membuat suasana dapur lebih dekat dengan alam dan tampak semakin hidup. Suasana seperti ini pastinya akan membantu dalam menciptakan mood yang baik untuk memasak. Hasilnya, akan banyak hidangan yang lezat tersaji di meja makan. Agar kayu tetap awet perhatikan cara perawatannya yang benar agar tidak mudah lapuk atau terserang rayap ya.

Cek Juga: Katalog Model Kitchen Set Skandinavia Furniterus

5. Dominasi warna abu-abu

Dominasi warna abu-abu
Serba abu-abu (Sumber: home-designing.com)

Warna abu-abu juga bisa memberikan kesan elegan dan mewah pada dapur berkonsep minimalis atau modern. Tak perlu diaplikasikan pada keseluruhan ruang, sedikit aksen abu-abu pada dapur dapat menciptakan kesan modern dan tidak mudah kotor. Kamu bisa memasukkan warna abu-abu pada berbagai elemen dapur seperti keramik di area backsplash, lampu, karpet, hingga peralatan lainnya. Warna abu-abu termasuk warna aman yang cocok diaplikasikan pada berbagai gaya desain lho. Tertarik mencoba?

6. Lengkap dengan kitchen island

Lengkap dengan kitchen island
Kitchen island (Sumber: homedit.com)

Mau membuat tampilan dapur terkesan lebih mewah? Cobalah menggunakan kitchen island sebagai tempat untuk meletakkan kompor dan bak cuci piring sekaligus. Untuk ruangan dapur berukuran kecil, kamu bisa menggunakan kitchen island yang berukuran tidak terlalu besar sehingga tidak membatasi ruang gerakmu di dalam dapur. Ruang di bawah kitchen island juga bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan berbagai keperluan memasak lho. Memasak bersama keluarga pun akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan saat menggunakan kitchen island.

Ada banyak desain ruangan dapur menarik yang bisa kamu aplikasikan untuk rumah. Dari ide di atas, inspirasi mana yang paling sesuai dengan selera kamu? Berbagai ide tadi juga cocok diaplikasikan pada dapur berukuran kecil maupun besar lho. Sudah siap mewujudkan dapur impianmu sendiri?

Artikel Lainnya: 7 Tipe Dapur yang Wajib Kamu Tahu

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Kayu Jati Belanda: Material Menawan yang Tak Lekang oleh Waktu

7 Dekorasi Stylish Supaya Kamar Tidak Bosan

5 Jenis Material Pembuat Furnitur Berbahan Dasar Kayu

7 Desain Dapur Minimalis Modern yang Elegan dan Nyaman

Cara Menentukan Letak Kitchen Sink yang Tepat dan Cara Memilihnya

Kerja Lebih Produktif dengan 6 Trik Menata Ruang Kerja Mini

5 Sistem Cahaya Ruangan yang Tepat untuk Hunian Kamu

7 Desain Dapur Bersih yang Bisa Jadi Pusat Perhatian

7 Cara Membuat Ruang Keluarga Nyaman untuk Berkumpul Bersama Keluarga

8 Desain Meja Makan sebagai Primadona di Ruang Makan

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !