Cara Menciptakan Desain Ruang Keluarga Penuh Kehangatan

Kesibukan gaya hidup modern dan kehadiran teknologi membuat kita menghabiskan lebih banyak waktu bersama gadget dibanding bersama keluarga. Tren ini menjadi tantangan untuk menciptakan desain yang “menyatukan keluarga”. Inilah sebabnya sebagai bagian penting sebuah rumah dan pusat kegiatan seluruh keluarga, desain ruang keluarga penuh kehangatan perlu diciptakan untuk merangkul kebutuhan seluruh anggota keluarga.

Sumber: decoist.com

Elemen apa saja yang perlu diikutsertakan dalam desain ruang keluarga? Bagaimana cara mengatur, memposisikan, dan menyatukan setiap elemen itu? Dan gaya desain ruang keluarga seperti apa yang bisa menciptakan kehangatan dalam ruang keluarga? Mari intip 7 kiat desain ruang keluarga yang inspiratif berikut ini!

1. Desain Ruang Keluarga Dimulai dari Mengenal Karakter dan Kebutuhan Keluarga

Ruang keluarga mencerminkan karakter keluarga yang tinggal di dalamnya. Menciptakan ruang keluarga sebenarnya seperti menuangkan identitas setiap anggota keluarga ke dalam sebuah desain ruang. Ini berarti, desain ruang keluarga yang sempurna diawali dengan mengenali karakter dan kebutuhan keluarga.

Sumber: decoist.com

Ruang keluarga bukan hanya tempat keluarga duduk sambil menonton TV dan bercengkerama. Anggota keluarga dapat melakukan kegiatan positif lain yang bisa mempererat kebersamaan. Bermain olahraga kesukaan seperti bilyard ataupun membaca buku sambil duduk santai di sofa lounge panjang dengan dinding sebagai sandarannya, dapat dilakukan di ruang keluarga. Ini cara terbaik menciptakan lebih banyak kesempatan untuk menyatukan keluarga.

2. Desain Ruang Keluarga yang Nyaman untuk Setiap Anggota Keluarga

Libatkan setiap anggota keluarga saat merancang ruang keluarga. Inilah awal kehangatan dalam ruang keluarga. Dengan cara ini, setiap anggota keluarga dapat memiliki ‘spot’ khusus dalam ruang keluarga, sambil berkumpul bersama.

https://furniterus.com/wp-content/uploads/2018/07/Furni4-gbr-color-palettes-HGTV-400×300.jpeg

Sumber: hgtv.com

Ayah bisa duduk di sofa panjang, membaca koran atau menonton TV sambil beristirahat. Ibu menjahit atau membacakan buku untuk anak di sofa tanpa lengan. Anak-anak bisa duduk lesehan sambil bermain di bantal lantai atau bean bag di atas karpet. Keindahan tanaman pelengkap interior bisa menambah kesejukan dan kenyamanan dalam ruang keluarga.

3. Desain Ruang Keluarga dengan Interior yang Stylish dan Fresh

Menciptakan ruang keluarga penuh kehangatan tidak melulu menggunakan bahan-bahan alami ataupun warna-warna harmonis. Desain interior ruang keluarga dengan warna-warna cerah dan kontras dapat membuat suasana kebersamaan terasa lebih hidup.

Sumber: mydesigning.ru

Variasi elemen dengan warna turquoise mencerahkan dan menghidupkan ruang keluarga dalam beragam corak. Sofa panjang, sofa berlengan, dan gorden dengan bahan pelapis yang bermotif sama, dipadukan bersama gorden di sisi lain, karpet, dan bantal sofa bermotif garis warna turquoise, abu-abu, dan putih. Coffee table minimalis dipadukan dengan kursi besi klasik. Jendela di sekeliling ruang keluarga dan cermin panjang yang disandarkan di dekat kolom, memberikan cahaya alami yang ikut memantulkan cerahnya warna turquiose.

4. Desain Ruang Keluarga dengan Posisi Duduk yang Nyaman

Kualitas ruang keluarga akan baik jika posisi duduk ditempatkan sedemikian rupa untuk memperkuat kontak mata dan interaksi. Jika ada TV, pastikan TV tidak menjadi focal point. Posisi duduk harus selalu memikirkan esensi desain ruang keluarga sebagai area keluarga berkumpul, bercerita, dan bertukar pendapat.

Sumber: decoist.com

Sebisa mungkin, posisikan tempat duduk favorit tiap anggota keluarga dengan posisi melingkar atau bentuk U. Sepasang sofa untuk ayah ibu dan sofa bench yang bersandar di dinding, diposisikan dengan ottoman sebagai pusatnya. Posisi seperti ini memfokuskan kebersamaan dan menciptakan ruang keluarga penuh kehangatan.

5. Desain Ruang Keluarga yang Mungil

Banyak yang mengira, sempitnya ruang berarti keterbatasan dalam mendesain. Padahal, desain yang baik seharusnya bisa memberikan kenyamanan optimal dalam keterbatasan ruang. Ruang keluarga yang mungil justru memberi keuntungan karena berarti kedekatan area untuk berkumpul.

Sumber: decoist.com

Ruang keluarga tidak harus berupa sebuah ruang khusus. Ruang keluarga seyogyanya adalah ruang tempat semua anggota keluarga bisa berkumpul bersama walau sedang melakukan berbagai kegiatan berbeda. Konsep open-plan bisa diterapkan dalam rumah mungil dan apartemen. Saat ayah sedang menonton pertandingan sepak bola dan ibu sedang menjahit, anak-anak bisa belajar di meja makan yang difungsikan juga sebagai meja belajar.

Artikel Lainnya:  Buat Apartemen Luar Biasa dengan 8 Desain Ruang Tamu Multifungsi ini!

6. Desain Ruang Keluarga dengan Warna yang Keren dan Elegan

Warna sangat berpengaruh dalam penciptaan suasana dalam sebuah ruang. Elemen visual ini dapat memberikan kesan cerah, hangat, dan menyenangkan dalam ruang keluarga. Warna tidak hanya didapat dari warna cat. Benda-benda yang akan ditempatkan dalam ruang, termasuk buku, lampu meja, bingkai, dan sarung bantal ikut berpengaruh terhadap kenyamanan ruang secara keseluruhan.

Sumber: decoist.com

Jika dinding didominasi warna-warna kontras, sebaiknya jangan menggunakan lebih dari dua warna lain. Untuk ruang dengan dominasi warna-warna monokromatis dan harmonis, elemen dengan warna kontras bisa menjadi aksen dalam ruang. Warna alami coklat kayu meja makan, ottoman dengan rangka kaki silang, dan warna-warni sarung cushion bisa menjadi aksen dalam ruang serba abu-abu.

7. Desain Ruang Keluarga dengan Tata Cahaya yang Tepat

Kualitas kenyamanan sebuah ruang bisa didapat dari tata cahaya yang tepat. Tata cahaya bukan hanya dari lampu saja. Cahaya dari jendela dan dinding kaca berperan sangat penting dan memberi efek signifikan dalam penciptaan suasana ruang terutama di siang hari.

Sumber: builder.bg

Desain ruang keluarga yang simple dan elegan, sofa biru sebagai focal point dengan aksen warna biru doff-nya, semakin cantik berkat pencahayaan alami dari jendela yang menerangi ruang apartemen serba putih. Ekspos instalasi listrik dan lampu bohlam gantung menjadi dekorasi industrial yang ikut berpartisipasi memberi kenyamanan, terlebih lagi di malam hari.

Sumber: archdaily.com

Ide dalam menciptakan ruang keluarga penuh kehangatan seharusnya tidak terbatas. Ingatlah bahwa rumah dibangun untuk keluarga. Setiap ruang yang ada dalam rumah diperuntukkan bagi seluruh keluarga, baik pribadi maupun ruang bersama. Ruang keluarga tidak harus berupa sebuah ruang khusus, beberapa ruang yang digabungkan fungsi dan aliran ruangnya juga bisa dijadikan ruang keluarga. Yang penting adalah kebersamaannya.

Semoga artikel ini mengingatkan konsep awal terbentuknya ruang keluarga dan memberikan inspirasi desain ruang keluarga. Mari ciptakan desain ruang keluarga penuh kehangatan yang merangkul dan mendekatkan kebersamaan seluruh anggota keluarga!

Artikel  Lainnya: Buat Apartemen Luar Biasa dengan 8 Desain Ruang Tamu Multifungsi ini!

Nantikan dan pantau terus update serta artikel-artikel inspiratif Furniterus terbaru. Kami sangat terbuka menerima komentar, saran atau bahkan ide-ide kreatif lainnya. Selamat berkarya!