Rangkaian Ide Desain Plafon Minimalis 2018

Plafon minimalis seharusnya diposisikan sebagai elemen penting pembentuk ruang, karena sebuah ruang tidak terbentuk hanya dari dinding dan lantai saja. Namun, seringkali fokus desain untuk plafon terbengkalai bahkan terlupakan, seolah plafon bukan unsur yang penting.

Coba bayangkan, jika rumah tidak ada plafon, hanya rangka atap yang tidak di-finishing dengan baik. Padahal, sama seperti langit biru dengan gumpalan awan seputih kapas yang mencerahkan hari, atau langit senja kemerahan yang meneduhkan hati, desain plafon yang tepat akan memberikan kenyamanan untuk ruang.

Sumber: pinterest.com

Itulah sebabnya, desain plafon perlu dipikirkan serius agar dapat bekerjasama dengan elemen lain untuk mengoptimalkan fungsi ruang. Nah, mari intip 9 desain plafon minimalis dengan berbagai variasi yang inspiratif!

Artikel Lainnya: 7 Tipe Plafon yang Bisa Membuat Rumah Lebih Nyaman

1. Plafon Minimalis Modern yang Kekinian

Desain minimalis modern memang menjadi tren terkini, namun bagaimana cara penerapan yang tepat agar desain yang kita miliki tetap unik dan menunjukkan ciri khas tersendiri? Bahan gypsum cocok diaplikasikan untuk gaya arsitektur minimalis modern. Bahan ini mudah divariasi, pengerjaannya pun mudah dan cepat, dan hasil akhir permukaannya rapi seperti tanpa sambungan. Selain itu, anti jamur dan awet. Sayangnya, tidak tahan air. Jadi, pastikan tidak ada instalasi air ataupun dak yang bocor di atasnya.

Sumber: home-designing.com

Desain plafon menggunakan gypsum mudah divariasi, permukaan datar, bertingkat, atau variasi plafon gantung dengan posisi lampu langsung ataupun lampu pantul. Penggabungan bentuk geometris sederhana yang cenderung luas dengan dominasi garis, akan menciptakan gaya minimalis modern yang sederhana namun tetap bergaya.

2. Plafon Minimalis Serba Putih untuk Tampilan Clean and Simple

Dominasi warna putih yang diaplikasikan pada plafon yang datar, akan memberikan tampilan clean and simple. Ruang terasa lebih luas dan furniture terlihat lebih menonjol. Selain itu, keindahan cahaya lampu dapat terpantul menerangi seluruh ruang.

Sumber: home-designing.com

Tampilan plafon sederhana yang putih dan elegan, bersama dinding dan lantai yang juga serba putih, dengan anggunnya menonjolkan tempat tidur beserta nakasnya menjadi primadona di ruang tidur. Desainnya memang sederhana dengan warna monokrom hitam putih, namun tampil sangat menawan.

3. Plafon Minimalis dengan Permainan Bentuk Geometri

Permainan bentuk geometri sederhana dengan kombinasi yang unik bisa tampil modern dan keren. Komposisinya tidak harus simetris. Keindahan justru muncul dari kreativitas yang terkadang abstrak, ataupun perpaduan dengan simetris. Malahan, desain plafon seperti ini membuat ruang jadi tidak membosankan dan dapat memancing inspirasi kreatif.

Sumber: home-designing.com

Bentuk plafon seperti lipatan kertas origami, seimbang dengan garis-garis asimetris lantai dan dinding. Walau tampaknya rumit, namun dominasi warna putih membuat ruang tampak minimalis dan elegan. Malahan, dengan perhitungan yang tepat, variasi bentuk geometris bisa dimanfaatkan sebagai peredam suara dan menciptakan pantulan cahaya yang indah.

4. Plafon Minimalis dengan Aksen Lubang yang Keren

Variasi lubang pada plafon memiliki banyak manfaat, sirkulasi udara menjadi lancar dan suhu ruang terasa lebih sejuk. Selain itu, ruang menjadi unik dan tidak monoton karena ada lubang-lubang yang memberi kebebasan pandangan ke atap yang divariasikan dengan tinggi plafon yang ideal.

Sumber: home-designing.com

Posisi lubang-lubang di plafon mengarahkan alur secara visual ke arah tempat tidur. Di pagi hari, lubang itu menjadi tempat masuk cahaya matahari yang menyehatkan. Di malam hari, keindahan kerlap-kerlip bintang dapat disaksikan sambil beristirahat di tempat tidur dan menghantarkan ke mimpi yang indah.

Artikel Lainnya: Cara Menciptakan Desain Ruang Keluarga Penuh Kehangatan

5. Plafon Minimalis Bergaya Futuristik

Bagi penyuka sci-fi, plafon minimalis bergaya futuristik pasti menggugah imajinasi. Permainan kurva dan tinggi rendah plafon dapat menghadirkan desain yang menarik dan terasa nyaman.

Sumber: moldfun.net

Bahan dan bentuk plafon yang berkesinambungan dengan dinding, seolah membuat ruang terasa seperti kabin pesawat luar angkasa. Dominasi garis horizontal pada plafon saling menyeimbangkan dengan garis vertikal di dinding, dan membuat kesan desain minimalis sangat terasa. Warna coklat muda yang alami membuat ruang terasa nyaman, apalagi disandingkan dengan dinding bata ekspos warna abu-abu.

6. Plafon Minimalis Bergaya Rustic dengan Ekspos Struktur

Desain plafon tidak harus menyembunyikan rangka atap atau struktur di atasnya, apalagi jika bahan struktur yang digunakan dapat diekspos keindahannya. Justru rangka atap dapat dijadikan plafon yang indah dan membuat ruang terasa lebih nyaman, bahkan terlihat elegan.

Sumber: moldfun.net

Secara alami, karena kebutuhan struktur, permainan balok kayu dapat memberikan keindahan yang fungsional. Warna, tekstur, serta keindahan urat kayu, secara sederhana, menciptakan karakter desain interior yang istimewa, bergaya rustic sekaligus minimalis, menghadirkan kehangatan dan kenyamanan yang alami.

7. Plafon Minimalis Bergaya Industrial dengan Ekspos Instalasi

Kabel, instalasi listrik, dan instalasi pipa yang ada di bawah dak atau digantung di rangka atap, ternyata dapat diekspos dan membuat plafon tampil bergaya. Selaraskan kebutuhan struktur dengan instalasi yang diperlukan, manfaatkan setiap kabel, pipa, dan ducting AC untuk menciptakan plafon yang unik dan keren.

Sumber: decoracao-salas.com

Selain keren, plafon minimalis yang mengekspos instalasi sebagai elemen dekorasi interior, akan menciptakan gaya industrial dengan kemudahan pengawasan dan pemeliharaannya.

8.  Plafon Minimalis Model Bertingkat Sebagai Batasan Visual Ruang Open-Plan

Konsep open-plan dimanfaatkan untuk menciptakan ruang yang terasa lebih luas. Namun, setiap fungsi ruang di dalamnya harus tetap jelas. Di sinilah peran plafon sangat penting. Permainan tinggi rendah ataupun bentuk dan pencahayaan dapat menciptakan batasan ruang secara visual.

Sumber: alexieileen.com

Plafon di area ruang keluarga sengaja dibuat lebih tinggi dengan pencahayaan tidak langsung dari lampu kuning, untuk menciptakan suasana cozy. Sedangkan di area ruang makan, plafon dibuat lebih rendah agar tidak terjadi ketimpangan saat menempatkan lampu gantung di atas meja makan, sekaligus memberikan jarak yang tepat antara pencahayaan dari skylight di plafon dengan dapur di bawahnya.

9. Plafond Minimalis dengan Tata Lampu yang Memukau

Keindahan plafon minimalis dapat dioptimalkan dengan penempatan lampu di antara garis-garis plafon. Perpaduan bentuk dan tata cahaya lampu ini memperkuat kesan garis yang kental dengan suasana minimalis, sekaligus menunjukkan betapa pentingnya peran plafon dalam menciptakan keindahan dan kenyamanan.

Sumber: moldfun.net

Sebuah ruang tercipta secara utuh dengan kehadiran setiap elemen pembentuknya. Lantai, dinding, plafon, dan furniture yang ada di dalam sebuah ruang, harus didesain secara utuh dan tidak terpisah satu sama lain. Tidak ada elemen yang lebih penting dari elemen lainnya. Semuanya saling bekerjasama untuk mengoptimalkan fungsi ruang.

Artikel Lainnya: Tata Lampu yang Tepat agar Ruang Lebih Berkesan

Sumber: theosunsetbay.com

Jadi, ingatlah untuk selalu mendesain ruang secara utuh. Manfaatkan setiap elemen pembentuk ruang, termasuk plafon, untuk menciptakan ruang yang nyaman dengan fungsi yang optimal. Berkonsultasilah dengan kami untuk tips dan ide-ide desain terbaru. Furniterus akan memberikan solusi terbaik dan mewujudkan impian Anda.