Desain Kursi Tamu Menawan yang Bikin Hati Tamu Tertawan

Furniterus - Kursi tamu yang tepat akan menunjang penampilan ruang tamu secara keseluruhan, membuat tamu merasa nyaman, namun tetap mawas diri dan menyadari keberadaannya sebagai seorang tamu yang dihargai dan menghargai tuan rumah.

Ruang tamu, sebagai ruang awal memasuki sebuah rumah, menjadi bagian penting yang menunjukkan identitas pemiliknya. Begitu pula kursi tamu, elemen yang menempati porsi terbesar di ruang tamu ini, berperan sangat penting dalam menciptakan suasana dan kesan yang diinginkan.

Sumber: housebeautiful.com

Memang, sepertinya memilih kursi tamu itu hal yang mudah. Pilih saja yang nyaman dan terlihat keren. Namun, segi desain interior dan gaya arsitektur secara keseluruhan tetap harus diperhatikan. Kemudahan perawatannya pun juga.

Nah, berikut ini beberapa tips dan trik untuk memilih kursi tamu menawan yang bikin hati tamu tertawan.

1. Sesuaikan model kursi tamu dengan konsep arsitektur rumah

Walau memang sah-sah saja memilih model sesuai keinginan dan suasana hati saat memilih, namun penyesuaian dengan konsep arsitektur dan interior rumah secara keseluruhan akan lebih bijaksana. Jika konsep minimalis yang diusung, akan tampak timpang jika kursi yang dipilih bermodel klasik.

Sumber: elledecor.com

Jika memang benar-benar menginginkan kursi klasik itu menjadi bagian ruang tamu, kursi itu bisa dijadikan focal point yang menarik, dan tidak menjadi anomali yang membuat ruang tampak aneh. Kesesuaian warna atau adanya kesesuaian garis dan motif dapat menjadi jembatan untuk memadukannya dengan elemen lainnya.

Sumber: elledecor.com

Atau, jika menginginkan tampilan kontras, pastikan ada keseimbangan antara bagian yang kontras dan harmonis. Jangan sampai terlalu banyak yang kontras, desain yang bertabrakan, dan membuat ruang terasa sumpek.

2. Perhatikan ukuran ruang dan ukuran kursi tamu

Sebelum memilih, pastikan untuk mengingat ukuran ruang tamu. Ukuran ruang tamu bukan hanya panjang dan lebarnya saja, karena tidak keseluruhan ruang bisa dipakai untuk meletakkan kursi. Perhatikan pula letak pintu dan jendela, hubungan atau akses ke ruang lain, dan jarak kursi dengan meja dan perabotan lainnya. Area inilah yang bisa dijadikan patokan ukuran dan model kursi.

Sumber: elledecor.com

Jika ternyata areanya sempit, model minimalis dengan kaki-kaki terbuka bisa membuat ruang terasa lebih lega. Sebaliknya, jika areanya masih luas, sofa tanpa kaki berdimensi besar akan dapat mengisi ruang dengan baik. Tapi, tetap harus diingat gaya arsitektur yang sudah sejak awal menjadi bagian dari desain rumah secara keseluruhan.

3. Pemilihan material kursi tamu

Material juga berperan penting dalam menghadirkan suasana dalam ruang. Material kayu menghadirkan kealamian. Logam untuk kesan modern. Perpaduan keduanya untuk kesan minimalis, kontemporer, dan klasik.

Sumber: elledecor.com

Sebaiknya, setiap material yang ada dapat ditampilkan apa adanya. Maksudnya, menampilkan karakter dan keunikan tiap bahan. Garis-garis urat kayu yang indah dengan kesan natural yang hangat dan elegan, atau kilaunya bahan logam yang glamor.

Keunikan karakter setiap bahan dapat menciptakan keindahan yang berbeda dan menawan hati. Lagi pula, bukanlah itu alasan pemilihan bahan? Misalnya, mengapa memilih kayu jati? Karena kuat dan tekstur urat kayunya bagus. Nah, karakter itu jangan ditutupi, malah harus diperlihatkan dan dimanfaatkan dengan optimal.

4. Warna kursi tamu yang tepat

Warna, elemen desain yang paling eye catchy. Saat memasuki ruang, warna yang akan menarik perhatian lebih dulu. Itulah sebabnya, penting sekali memilih warna yang tepat.

Kursi kayu dengan kesan natural tetap perlu pemilihan finishing plitur, bening atau dengan tambahan warna, dan doff atau glossy, tampilannya akan berbeda. Bisa juga menggunakan cat kayu aneka warna untuk tampilan ruang yang lebih dinamis.

Sumber: elledecor.com

Warna sofa, bantalan sofa atau kursi, dan ornamen lainnya juga harus saling menyesuaikan dan disesuaikan dengan warna ruang, mulai dari lantai, dinding, dan plafon. Jika lebih menyukai tampilan netral yang senada, cushion dapat menjadi elemen pencerah ruang yang dapat diganti warnanya untuk occasion tertentu. Warna hijau dan merah di saat Natal, emas dan merah saat Chinese New Year, atau hijau dan ungu saat Lebaran.

Sumber: wattpad.com

Kursi dan sofa dengan warna netral, seperti varian putih, krem, beige, dan abu-abu lebih mudah dipadukan dengan warna lain, termasuk warna kontras. Namun, warna-warna kontras tetap bisa dijadikan pilihan warna terutama untuk tampilan gaya pop art.

Sebenarnya, batas antara warna yang padu, warna yang monoton, dan warna yang norak sangat tipis. Warna-warna netral memang memikat pencinta gaya minimalis, namun terkesan membosankan bagi penyuka warna-warna cerah dan kontras. Dan sebaliknya, warna-warna cerah bisa dianggap terlalu norak bagi penyuka warna netral.

Sumber: roomstyleideas.com

Di sinilah kepiawaian memadukan bentuk, dimensi, dan warna diperlukan. Bukan tidak mungkin, di antara warna netral diselipkan sebuah elemen warna kontras untuk memberikan aksen ruang. Dan di antara warna-warna kontras diletakkan warna netral untuk menciptakan keseimbangan.

Artikel Lainnya: Cat Ruang Tamu yang Menawan: Kontras atau Harmonis?

5. Perhatikan pencahayaan dalam ruang untuk tampilan kursi tamu yang semakin apik

Ada beberapa bahan yang rentan panas matahari. Warnanya akan memudar jika terus-menerus terpapar panas matahari terutama sore hari. Untuk bahan seperti ini, perhatikan penempatannya dalam ruang agar bisa mempercantik ruang tamu lebih lama.

Sumber: jaymo.me

Cahaya bisa dimanfaatkan untuk memfokuskan perhatian kepada kursi yang dijadikan focal point. Kursi tamu akan tampil lebih memikat dengan warna-warna yang tampil lebih indah di bawah terangnya cahaya alami di siang hari dan sorotan cahaya lampu di malam hari.

Selain itu, cahaya membuat ruang terasa lebih lapang karena ruang lebih terang, apalagi bila didukung warna ruang yang dapat memantulkan cahaya sampai ke pojok-pojok ruang.

6. Kursi tamu dengan kenyamanan maksimal

Tingkat kenyamanan saat memilih kursi, tergantung tujuan dari keberadaan ruang tamu. Ada orang yang tidak suka menerima tamu terlalu lama. Maka, dipilihlah kursi yang kurang nyaman jika diduduki terlalu lama.

Ada lagi yang memfungsikan ruang tamu sekaligus untuk ruang keluarga atau ruang membaca dan bersantai. Mereka akan memilih kursi atau sofa paling nyaman. Atau akan memilih kursi dengan varian berbeda, yang nyaman untuk diduduki anggota keluarga dan yang kurang nyaman atau dengan model lebih formal.

Sumber: livingspaces.com

Apapun pilihannya, pastikan setiap kursi berpadu saling menyeimbangkan dan tidak membuat ruang terasa timpang. Ada tips sederhana untuk mendapatkan kursi yang nyaman. Duduklah selama 10 detik, bangun, lalu duduk kembali dengan posisi yang sama selama 5-10 menit. Jika tidak ingin berpindah posisi dan merasa tidak ada perbedaan dengan saat pertama kali duduk, berarti kursi bisa dijadikan kandidat untuk dibawa pulang. Pastikan pula harganya sesuai dengan bahan, kualitas, dan kondisi keuangan. Jangan sampai sudah dibeli, tapi merasa sayang untuk diduduki karena takut kursi yang mahal menjadi rusak.

Sumber: livingspaces.com

Inilah beberapa tips dan trik memilih desain kursi tamu yang bisa bikin hati tamu tertawan. Jika masih membutuhkan bantuan, berkonsultasilah dengan Furniterus. Nantikan pula artikel lainnya untuk mendapatkan berbagai ide desain yang sempurna. Lihat juga koleksi lemari pakaian dan kitchen set idaman yang bisa di-custom sesuai keinginan dan kebutuhan.

Artikel Lainnya: Kenapa Kursi Minimalis Bisa Membuat Dekorasi Lebih Mudah?

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

7 Trik Membuat Kamar Terlihat Luas dengan Karpet

9 Tren Desain Interior Rumah 2018

Keramik Dinding Minimalis untuk Backsplash Kitchen Set

Keramik Granit, Si Bahan Ambigu yang Memukau dan Terjangkau

Prinsip Desain Interior dan Penerapannya Bagi Orang Awam

Ide Taman Minimalis untuk Apartemen di Jakarta

Prinsip Menata Peralatan Dapur agar Nyaman Saat Memasak

Mau Tinggal Nyaman di Apartemen? Simak 6 Rahasianya

8 Gambar Wallpaper Kekinian yang Cocok untuk Ruangan Sempit

Tips Mempercantik Ruang dengan Wallpaper

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !