7 Desain Keramik Dapur yang Unik dan Keren untuk Dapur Kamu

Keramik dapur pastinya harus fungsional, aman, tahan api, tahan banting, dan mudah dibersihkan. Kesan interior yang ditampilkannya juga harus bisa memberikan kenyamanan bagi ‘sang juru masak’ dan anggota keluarga lainnya. Sebagai elemen desain pembentuk ruang, keramik dapur saling berpengaruh dengan elemen lain, seperti dinding, plafond, furniture serta fixture dapur. Semuanya saling melengkapi dalam menciptakan desain interior dapur secara keseluruhan.

Sumber: impressiveinteriordesign.com

Memang umumnya, desain keramik dapur berpola garis kotak-kotak dengan alasan agar mudah dibersihkan dan tampak rapi. Namun, pola seperti itu tidak harus membosankan. Ada pilihan desain lain yang bisa membuat desainnya menjadi unik dan keren. Mari intip inspirasinya!

1. Tips Memilih Keramik Dapur

Karakter dapur memang unik dan memerlukan perhatian khusus saat memilih bahan, tekstur, warna, dan pola desainnya. Kegiatan memasak, mengharuskan keramik dapur yang tahan uap, tahan panas, bahkan tahan api. Adanya percikan minyak, berarti mempersempit terhadap pilihan jenis  yang mudah dibersihkan. Tetesan air saat mencuci bahan masakan dan peralatan dapur, juga membatasi pilihan terhadap jenis yang tahan air dan tidak mudah lembap dan lapuk.

Sumber: stylemotivation.com

Wah, sepertinya sulit sekali memilih keramik dapur yang tepat! Tapi, tidak perlu khawatir. Persaingan penjualan malah menguntungkan konsumen karena produsen terus berlomba untuk menghadirkan kualitas keramik dapur terbaik dengan spesifikasi yang tepat. Di toko bangunan, hanya perlu ‘berwisata’ di bagian keramik dapur, dan Anda akan menemukan banyak model yang tinggal dipilih sesuai gaya desain yang diinginkan.

Artikel Lainnya: 8 Inspirasi Dapur Cantik yang Hemat Ruang di Apartemenmu

2. Pilihan Bahan dan Tekstur Keramik Dapur 

Kemajuan teknologi terutama inovasi bahan bangunan, memberi banyak pilihan bahan yang bisa mendukung fungsi dapur. Keramik lantai ubin, kayu keras, laminasi, vynil, dan bahan khusus menyerupai gabus, kini hadir dengan karakteristik yang dibutuhkan untuk dapur. Pastikan jenis dan kualitas keramik sesuai kebutuhan intensitas pemakaian atau seberapa sering dapur itu digunakan.

Sumber: apartmentgeeks.net

Lapisan permukaan mengkilap, memang lebih tahan noda dan mudah dibersihkan. Tapi, ini tidak berarti keramik dapur harus selalu licin dan mengkilap. Jika ingin memanfaatkan keramik bertekstur ataupun jenis selain keramik, pastikan spesifikasinya sesuai kebutuhan dan posisikan di area yang tepat, atau bisa juga dikombinasikan dengan bahan jenis lain.

3. Perpaduan Warna Keramik Dapur

Warna harus bisa menginspirasi ide-ide menu masakan sehari-hari, bahkan kreasi resep baru yang unik, lezat, dan sedap dipandang mata. Pilihan dan perpaduan warna yang tepat, akan memberi semangat untuk memasak dan mengunggah selera untuk menikmatinya.

Sumber: home-designing.com

Memang, sudah bukan rahasia lagi, warna terang bisa membantu penciptaan kesan luas dan bersih secara visual, sekaligus memantulkan cahaya agar dapur lebih terang. Ingat, peran cahaya untuk dapur sangat penting karena banyak pekerjaan yang membutuhkan ketelitian yang harus dikerjakan di dalamnya.

Namun, tidak berarti tidak bisa mengaplikasikan warna gelap untuk dapur. Dapatkan perpaduan yang seimbang warna gelap terang dari elemen dapur lainnya.

Sumber: geokitchens.com

Padukan warna-warna kontras untuk tampilan dapur yang lebih hidup, menarik, dan mencirikan gaya hidup pemiliknya. Manfaatkan juga keramik bermotif dan bergambar untuk kesan dapur yang unik dan keren.

4. Pola Keramik Dapur

Sesuaikan pola dan ukuran keramik dengan ukuran ruang dapur dan tema yang ingin ditampilkan. Keramik berukuran besar dengan motif garis-garis yang diposisikan secara tepat, akan membuat ruang dapur terkesan luas. Nat antar keramik yang berpotensi menjadi tempat berkumpulnya noda dan air juga berkurang.

Sumber: home-designing.com

Padukan keramik dengan ukuran,warna, dan motif yang berbeda untuk menciptakan pola sesuai tema dan gaya yang diinginkan.

5. Desain Keramik Dapur yang Sesuai Gaya Hidup

Pastinya, desain yang tercipta harus memberikan kesan bersih dan nyaman. Itulah sebabnya, sebelum merancang, kenalilah kebiasaan cara memasak, intensitas pemakaian, dan gaya hidup pemiliknya. Memang sang juru masak yang biasanya menentukan desain keramik dapur yang diidamkannya, namun kenyamanan anggota keluarga lainnya juga harus dipertimbangkan.

Sumber: geokitchens.com

Gaya art deco, minimalis, retro, industrial, mid-century, rustic, ataupun gaya klasik. Apapun pilihan temanya, desain keramik dapur harus menjamin fungsi dapur secara keseluruhan. Jangan sekedar keinginan visual semata dan tidak memikirkan segi kenyamanan dan fungsinya!

Sumber: geokitchens.com

Menciptakan desain keramik dapur yang unik dan keren berarti memadukan berbagai elemen pembentuknya, mulai dari jenis, ukuran, warna, motif, dan polanya. Satu hal yang harus dipastikan, perpaduan semuanya itu ditujukan untuk kenyamanan memasak di dapur.

Artikel Lainnya: 5 Cara Memilih Keramik Sesuai Kebutuhan dan Fungsi Ruangan

Jadi, berimajinasilah, bayangkan, dan rancang desain yang Anda idamkan. Hubungi dan berkonsultasilah dengan kami. Furniterus akan memberikan solusi terbaik dan mewujudkannya untuk Anda.

Artikel Lainnya

Tips Desain Kamar Tidur Anak yang Digunakan Bersama agar Nyaman

7 Inspirasi Desain Ruang Kerja Rumah untuk Kamu yang Produktif

6 Hiasan Kaligrafi Arab yang Dekoratif dan Menenangkan

Dapur Minimalis Sederhana yang Homey dan Disukai Kaum Muda

7 Cara Membuat Ruang Keluarga Nyaman untuk Berkumpul Bersama Keluarga

Lampu Gantung Kekinian yang Minimalis dan Modern

7 Tips Desain Interior Rumah Minimalis yang Tak Lekang oleh Waktu

10 Inspirasi Model Rak Piring Cantik untuk Kitchen Set Minimalis

Top Table Kitchen Set untuk Dapur Menawan yang Berkualitas

Mau Tinggal Nyaman di Apartemen? Simak 6 Rahasianya

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !