Desain Kamar Anak Penuh Petualangan yang Memotivasi Kreativitas

Furniterus - Kamar anak adalah milik pribadi anak, tempat mereka menerima kehangatan dan kenyamanan, sambil termotivasi untuk terus mengembangkan kreativitas. Seringkali orang tua memakai “kedaulatannya” untuk menentukan desain kamar tidur bagi anak. Mereka merasa paling mengetahui kebutuhan anaknya. Namun, mari kembali ke prinsip dasar desain. Desain yang baik diciptakan untuk mewadahi kebutuhan yang berbeda dari tiap pribadi yang unik. Begitu juga kamar, desainnya harus disesuaikan dengan keunikan kebutuhan dan sifat setiap anak. Antisipasi terhadap tumbuh kembang anak juga perlu dipertimbangkan dan diikutsertakan agar desain yang tercipta bisa terus bertumbuh sesuai pertumbuhan usia dan kematangan pribadi anak.

kamar anak
Desain Kamar Penuh Petualangan yang Memotivasi Kreativitas (Sumber: Architecturaldigest.com)

Seperti apa desain kamar anak penuh petualangan yang memotivasi kreativitas? Mari lihat beberapa tips dan contoh desain berikut ini!

1. Usia dan Perkembangan Anak Mempengaruhi Desain Kamar Tidur

Kamar untuk anak kecil (early childhood) usia 1-6 tahun didesain berbeda dengan kamar untuk anak besar (late childhood) usia 6-12 tahun.

Pertimbangan keamanan sangat penting diikutsertakan dalam desain kamar untuk anak kecil. Sedangkan untuk anak besar, perkembangan kreativitas bisa dijadikan unsur desain yang utama.

Kamar Tidur Set
Usia dan Perkembangan Anak Mempengaruhi Desain Kamar Tidur (Sumber: housebeautiful.com)

2. Karakter adalah Kunci Utama Desain Kamar Tidur

Selain karena perbedaan jenis kelamin, mendesain kamar yang menyenangkan memang penuh tantangan karena melibatkan karakter yang berbeda-beda. Kebutuhan kamar untuk yang hobi membaca buku  dan menggambar, sangat berbeda dengan si super aktif yang senang melompat dan berolahraga.

Kamar Anak
Karakter adalah Kunci Utama Desain Kamar (Sumber: housebeautiful.com)

3. Warna dan Bentuk, Elemen Penting untuk Desain Kamar Anak

Dinding, lantai, plafond, dan perabotan aneka warna serta bentuk bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan warna dan bentuk sejak dini. Selain itu, bentuk beraneka warna dapat memicu kreativitas sekaligus menjadi estetika desain.

Warna Cat Kamar
Warna dan Bentuk, Elemen Penting untuk Menginspirasi dan Memotivasi Anak (Sumber: housebeautiful.com)

4. Kamar yang Tertata Rapi Melatih Kebiasaan Baik

Sejak dini, anak bisa diajarkan kebiasaan baik, termasuk menata kamarnya sendiri supaya senantiasa bersih dan rapi. Sediakan kabinet dan area untuk meletakkan benda-benda keperluannya. Ajarkan anak untuk selalu merapikan setiap barang yang selesai dipakai kembali ke tempatnya.

Kamar Tidur Set
Kamar yang Tertata Rapi Melatih Kebiasaan Baik (Sumber: housebeautiful.com)

Artikel lainnya: Desain Lemari Pakaian yang Cocok untuk Kamar Tidurmu

5. Sediakan Area untuk Kreativitas Anak

Walau sudah dilarang untuk mengotori dinding, keinginan untuk mencorat-coret sangatlah menggoda. Sebenarnya, yang diperlukan hanyalah area untuk penyaluran bakatnya. Sekalian saja jadikan dinding sebagai area penyaluran bakat menggambar anak. Atau, sediakan kertas gambar berukuran besar dan tempelkan di dinding, lemari bagian samping, atau di pintu lemari. Agar anak tidak menggambar “asal-asalan”, sediakan pula area untuk memajang hasil karyanya. Informasikan kepada anak bahwa setiap gambar yang baik akan dipajang menjadi “wall art” dekorasi kamarnya.

Kamar Anak
Sediakan Area untuk Kreativitas Anak (Sumber: elledecor.com)

Atau, jika merakit robot adalah hobinya, sediakan area khusus untuk menyimpan dan memajang koleksinya. Menghargai kreativitas anak akan mengajarkan anak bangga pada dirinya dan selalu berusaha melakukan yang terbaik.

6. Kamar adalah “Base Camp” Anak

Bagi anak, kamarnya menjadi area mungil yang sangat pribadi. Area yang melindungi dan memberi kenyamanan, sekaligus tempatnya berkreativitas dan mengeksplorasi bakatnya. Berikan kepercayaan kepada anak untuk ikut mengatur dan merapikan kamarnya. Di dalam kamarnya, anak bisa belajar disiplin dan bertanggung jawab.

Ranjang Bunk Bed
Kamar adalah “Base Camp” Anak (Sumber: apartementtherapy.com)

Artikel lainnya: Tips Desain Kamar Tidur Anak yang Digunakan Bersama agar Nyaman

7. Libatkan Anak dalam Perancangan Kamarnya

Sebagai owner, kebutuhan anak sudah pasti yang utama. Tapi, pendapat dan keinginan anak, walau masih labil, juga tetap perlu dipertimbangkan. Cara pandang anak dan orang tua memang berbeda. Anak punya imajinasi yang lebih bebas dan keinginan yang lebih polos. Keinginan itu seringkali terpengaruh film atau idola yang mereka sukai. Jadi, sangat penting untuk mendiskusikan desain yang diinginkan anak. Orang tua berperan mengarahkan dan menggabungkan pendapat dan keinginan anak dengan kebutuhannya sambil tetap berorientasi ke masa depan.

Kamar Tidur Multifungsi
Libatkan Anak dalam Perancangan Kamarnya (Sumber: apartementtherapy.com)

Desain yang matang dan terencana dengan baik menciptakan kamar tidur anak yang sempurna untuk memulai hari begitu membuka mata.

Nantikan artikel-artikel lainnya untuk mendapatkan berbagai ide desain yang sempurna. Lihat juga koleksi desain interior, lemari pakaian, dan kitchen set Furniterus dan konsultasikan desain idaman yang bisa di-custom sesuai keinginan dan kebutuhan.

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

5 Alasan Milenial Membeli Apartemen Dibandingkan Rumah

7 Tips Membuat Ruang Tamu Sederhana yang Mudah Diterapkan

7 Hiasan Dinding Kamar Sesuai dengan Kepribadianmu

8 Desain Rumah Minimalis ini Masih jadi Tren di 2018, lho!

5 Tips Mempercantik Dinding dengan Dekorasi Piring Hias

7 Cara Mudah Menata Ruang Tamu Idaman

Tren Desain Interior 2020 untuk Rumah Kaum Urban yang Dinamis

Tips Desain Kamar Tidur Anak yang Digunakan Bersama agar Nyaman

Dekorasi Ruang Tamu yang Nyaman untuk Apartemenmu

6 Pilihan Desain Mini Bar Minimalis yang Kamu Banget

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !