6 Trik Desain Dapur Minimalis Kecil Agar Tetap Nyaman

Furniterus - Memasak di dapur yang bersih dan tertata dengan cantik tentu menjadi impian semua orang, apalagi untuk kamu yang memiliki hobi memasak. Dulu, dapur memang hanya sebuah tempat untuk memasak, meletakkan peralatan dapur atau tempat makan. Namun sekarang, dapur memiliki fungsi yang lebih dari sekadar tempat memasak saja. Sama seperti ruang lainnya dalam hunian, kini dapur menjadi tempat yang membutuhkan penataan tersendiri.

Untuk kamu yang memiliki dapur dengan area yang kecil tentu membutuhkan ide desain yang pintar dan unik agar dapur tetap menarik dan nyaman untuk memasak, meskipun dengan ukuran yang terbatas. Desain dapur minimalis kecil di sini adalah tentang bagaimana dapur dapat menjadi hal yang krusial dalam mobilisasimu saat memasak. Nah seperti apa sih, trik desain dapur minimalis kecil agar tetap nyaman? Yuk, simak ulasannya!

1. Berikan penataan yang tepat

 

Sumber: idealhome.co.uk

Mendesain dapur kecil harus dimulai dengan mengeksplorasi penataan dan dekorasi yang tepat. Kamu dapat mempertimbangkan dekorasi dapur berbentuk L. Penataan dalam desain dapur minimalis ini terdiri dari dua buah counter yang tersusun seperti sudut siku-siku. Cara ini akan memudahkan mobilisasi saat kamu sedang memasak di dapur. Tidak hanya itu, desain dapur seperti ini juga dapat digunakan oleh lebih dari satu orang dalam satu waktu.

Untuk aktivitas memasak yang lebih maksimal, menyenangkan, dan memungkinkan kamu untuk lebih banyak berinteraksi, desain dapur dengan tata ruang berbentuk L ditambah dengan kehadiran kitchen island di bagian tengah adalah cara yang paling tepat.

2. Buat daftar prioritasi peralatan memasak

 

Sumber: tastingtable.com

Dalam memasak tentu ada beberapa peralatan masak yang wajib digunakan dan ada juga beberapa yang hanya akan kamu gunakan sesekali. Jika kamu memiliki dapur dengan ruang yang kecil, mulailah untuk mengatur peralatan masak dari yang sering digunakan hingga yang jarang digunakan.

Peralatan dapur dasar seperti sendok garpu, pisau, spatula, piring, gelas, dan cangkir, harus diletakkan di tempat atau kabinet yang mudah untuk dijangkau. Penting juga untuk kamu mengetahui berbagai macam fungsi dan jenis pisau yang ada pada satu set pisau. Sehingga pada desain dapur kecil, kamu bisa menyusun pisau apa yang dapat digunakan untuk memotong daging, buah, dan sebagainya. Selanjutnya kamu bisa menentukan, mana pisau yang bisa diletakkan di meja counter dan mana yang bisa disimpan.

Artikel Lainnya: 12 Perlengkapan Dapur Wajib Untuk Apartemenmu

3. Pilih furniture dengan ukuran yang ramping

 

Sumber: elledecor.com

Untuk memberikan kesan minimalis pada desain dapur minimalis mu, gunakanlah furniture yang pas, seperti meja dan kursi makan yang terbuat dari bahan ringan dan ramping. Cara ini dapat membantu desain dapur kecil tidak terlihat terlalu ramai dengan keterbatasan ruang yang ada.

Kamu juga dianjurkan untuk menggunakan furniture dan kitchen set dengan bahan utama stainless steel. Hal ini disebabkan stainless steel mempunyai sifat yang netral, awet, dan tahan lama. Banyak pula yang menggunakan kabinet berbahan dasar kayu untuk dapur berukuran kecil. Motif alami dari permukaan kayu pada umumnya sangat cocok dengan konsep dapur minimalis. Penggunaan table top dapur berbahan marmer atau granit juga cukup populer untuk menambahkan kesan mewah dan elegan pada dapur kecilmu.

4. Gunakan rak terbuka atau vertical space

 

Sumber: pinterest.com

Agar dapur kecilmu terlihat lebih luas, kamu bisa menggunakan open shelving atau rak dinding terbuka yang dapat menyimpan berbagai peralatan dapur. Rak terbuka ini terbukti berhasil memberikan ilusi ruangan yang lebih besar sekaligus bisa mempercantik dapurmu.

Selain rak terbuka, kamu juga bisa menambahkan vertical space untuk desain dapur minimalis mu dengan memberikan rak yang menggantung pada dinding. Tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk menata peralatan dapur, vertical space juga dapat memberikan ruangan yang lebih besar di lantai dan membuat kamu lebih nyaman bergerak melakukan aktivitas memasak di dapur.

5. Atur pencahayaan dengan cerdas

 

Sumber: pinterest.com

Kunci dari suksesnya mendesain dapur kecil adalah kesederhanaan. Nah, kesederhanaan dalam desain dapur minimalis salah satunya dapat diraih melalui penataan pencahayaan ruang yang tepat. Kamu tidak perlu memaksakan untuk memasang chandelier di dapur atau lampu gantung dengan motif abstrak. Kamu hanya membutuhkan lampu gantung di langit-langit dapur yang sederhana namun dengan watt yang cukup terang sehingga pekerjaan masak-memasak di rumah tidak terganggu.

Hindari jendela pada dapur kecil, karena jendela dapat membuat ruangan terlihat semakin sempit. Kamu bisa mensiasatinya dengan penerangan di bagian atap. Konsep langit-langit kaca juga merupakan solusi yang menarik untuk dapur kecil. Jika kamu ingin menambahkan penerangan pada dinding, usahakan untuk menyembunyikannya sehingga dapur tetap terlihat lapang.

6. Tambahkan aksen hijau dengan tanaman kecil

 

Sumber: pinterest.com

Mungkin cara ini terdengar mustahil, bagaimana caranya di ruangan dapur yang sempit kamu malah menambahkan tanaman. Eits jangan salah, aksen hijau dari tumbuhan ini dapat membuat desain dapur kecil terlihat lebih menarik dan membuatnya lebih segar dan fresh, lho. Kamu bisa mencoba membuat kitchen plants dengan menanam tanaman herbal seperi lavender, oregano, parsley, atau tanaman lainnya. Letakkan tanaman di dekat jendela dapur agar tanaman tersebut tetap bisa mendapatkan cahaya matahari yang baik.

Lihat Juga: Kitchen Set Minimalis dari Furniterus

Kira-kira trik desain dapur minimalis kecil mana yang akan kamu coba? Kamu tidak perlu mengaplikasikan semuanya kok. Cobalah yang sesuai dengan selera, kebutuhan, serta budget yang kamu punya ya. Karena sama seperti ruangan lainnya di dalam rumah, dapur juga membutuhkan perhatian yang lebih agar dapat berfungsi dengan maksimal. So, jangan anggap remeh penataan dapur kecilmu ya. Keluarga yang sehat juga datangnya dari dapur, lho. Ayo terus update ya untuk post-post terbaru kami yang selalu kami tulis setiap harinya hanya di blog Furniterus. Selamat berkreasi! 🙂

Project Pilihan Untukmu

Artikel Lainnya

Keramik Dinding Minimalis untuk Backsplash Kitchen Set

6 Trik Karpet Ruang Tamu untuk Buat Ruangan Lebih Hangat

Tips Pemilihan Lighting Lampu Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak

8 Gambar Wallpaper Kekinian yang Cocok untuk Ruangan Sempit

Meja Makan Minimalis Keren yang Hemat Ruang

7 Tips Desain Interior Rumah Minimalis yang Tak Lekang oleh Waktu

Mau Biaya Renovasi Rumah yang Sesuai Budget? Ini 5 Caranya!

5 Alasan Milenial Membeli Apartemen Dibandingkan Rumah

Lantai Vinyl, Pilihan Material Selain Keramik untuk Desain yang Unik

Ingin Sewa Apartemen? Simak Dulu Tipsnya!

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !