7 Desain Dapur Minimalis 3×3 yang Rapi dan Fungsional

Furniterus - Desain dapur minimalis 3×3. Perkembangan gaya hidup minimalis ternyata berpengaruh kepada konsep hunian saat ini. Hunian pun tak lagi hanya mementingkan estetika, tetapi juga fungsi dan kebutuhan hidup dari penghuninya. Setiap ruangan rumah didesain agar dapat berfungsi maksimal dan seimbang dengan para penghuninya, termasuk dapur. Semakin banyak dapur yang didesain compact, namun memenuhi seluruh kebutuhan memasak. Walaupun dibangun di luas yang minim, dapur berukuran kecil tetap bisa fungsional dan rapi dengan perancangan yang tepat. Nah, bagi Anda yang memiliki luas dapur berukuran 3×3, berikut adalah inspirasi desain dapur minimalis 3×3 yang dapat diaplikasikan.

1. Desain dapur minimalis 3×3 dekat dengan jendela

dapur dekat dengan jendela

Dapur minimalis dekat dengan jendela (Sumber: pinterest.com)

Dengan ukuran yang cukup mungil yaitu 3×3 meter, tentu dapur memerlukan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik agar tidak terasa sumpek. Untuk mengurangi bau tidak sedap dan bau masakan dari dapur yang mengendap, pastikan Anda memasang jendela yang cukup besar dekat dengan area memasak. Buka jendela selama proses memasak dan setelah memasak agar aromanya tidak tersebar ke seluruh penjuru rumah.

2. Desain dapur minimalis 3×3 dengan material natural

Desain dapur minimalis 3x3 natural

Dapur minimalis natural (Sumber: pinterest.com)

Luas ruangan yang terbatas bukan berarti ruangan tersebut akan terasa membosankan dan sempit. Dapur berukuran 3×3 juga bisa terasa hangat dengan aksen natural. Anda bisa memilih material seperti kayu, marmer, batu bata, batu alam dan sebagainya yang bisa membuat dapur terasa lebih sejuk dan alami. Pola dari material yang natural akan membuat dapur lebih lembut dan tidak terkesan berlebihan. Dapur pun akan terlihat lebih mewah dan menarik, lho.

3. Ruang gerak yang optimal

Dapur minimalis dengan ruang gerak optimal

Dapur minimalis dengan ruang gerak optimal (Sumber: thespruce.com)

Untuk dapur berukuran mungil, membuat ruang gerak gerak yang baik sangat penting agar aktivitas Anda di dapur dapat berjalan dengan nyaman. Apabila Anda ingin menggabungkan dapur dengan ruang makan, sebaiknya gunakan meja makan bundar untuk mempermudah ruang gerak pada dapur. Pilih meja makan dengan ukuran yang medium. Agar cukup menampung empat orang, Anda bisa menggunakan meja makan dengan diameter sekitar 93 sentimeter.

Cek Juga: Katalog Model Kitchen Set Minimalis Modern Furniterus

4. Desain dapur minimalis 3×3 dengan skylight

Desain dapur minimalis 3x3 dengan skylight

Dapur minimalis dengan skylight (Sumber: pinterest.ca)

Pencahayaan menjadi elemen yang sangat penting untuk membuat ruangan terkesan lebih luas. Apabila tidak ada ruang yang bisa dibuat menjadi jendela, Anda juga bisa menyiasatinya dengan membuat skylight di langit-langit dapur. Dengan begitu, pencahayaan yang masuk pun bisa lebih maksimal. Tak hanya membuat ruangan terasa terang, pencahayaan alami yang baik akan mengurangi kelembapan pada dapur dan membunuh bakteri. Anda pun bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu menggunakan pencahayaan tambahan di siang hari.

5. Aksen warna yang ceria

Dapur 3x3 dengan warna ceria

Dapur 3×3 dengan warna ceria (Sumber: ruangarsitek.id)

Dapur mungil juga bisa tampil ceria dengan memberikan sentuhan warna cerah. Memang menggunakan warna netral bisa memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Namun, Anda tetap bisa memberikan aksen warna yang lebih berani agar ruangan tampil lebih menarik dan jauh dari kesan membosankan. Anda bisa menambahkan aksen keceriaan ini melalui hiasan dinding serta dekorasi ruangan lainnya. Jangan terlalu banyak menggunakan warna yang berbeda agar ruangan tetap terlihat manis.

6. Warna monokrom

Dapur 3x3 monokrom

Dapur 3×3 monokrom (Sumber: airtasker.com)

Warna monokrom biasanya terdiri dari warna hitam, putih, dan sentuhan abu-abu. Penggunaan warna monokrom ini memang cocok untuk digabungkan untuk berbagai gaya ruangan. Warna ini juga cocok diaplikasikan pada ruangan mungil, termasuk dapur berukuran 3×3 meter milik Anda. Tak hanya fungsional, dapur mungil Anda pun akan tampil menarik secara visual. Sesuaikan warna mana yang ingin Anda jadikan sebagai dominan tergantung pada pencahayaan yang ada. Jika pencahayaan yang dimiliki dapur baik, warna hitam bisa Anda jadikan warna yang dominan. Namun jika tidak, sebaiknya pilih warna putih sebagai warna dominan.

7. Dapur berbentuk “U”

Dapur U

Dapur minimalis U (Sumber: pinterest.com)

Layout yang paling pas untuk dapur berukuran 3×3 adalah membentuk seperti huruf “U”. Dengan mengaplikasikan layout ini, Anda bisa menambahkan lebih banyak instalasi di dalam dapur. Seluruh sudut yang ada di dapur pun bisa dimanfaatkan secara lebih maksimal.

Bagaimana, desain dapur minimalis 3×3 juga bisa terlihat menarik dan rapi dengan pemilihan warna serta layout yang tepat ‘kan?

Artikel Lainnya:Mungil tapi Nyaman, Ini 6 Desain Dapur Minimalis 2×2 yang Bisa Ditiru

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Dekorasi Apartemen Terasa Membosankan? Ini Solusi Cerdiknya!

7 Cara Mudah Merapikan Lemari Pakaian agar Enak Dilihat

Tips Memilih Kaca Kamar Mandi sebagai Partisi yang Keren

Desain Interior Kamar Tidur Apartemen Bergaya Minimalis

7 Desain Kamar Mandi Minimalis yang Kekinian dan Menenangkan

7 Jenis Keramik Lantai untuk Ubah Suasana Apartemenmu

Cara Menentukan Letak Kitchen Sink yang Tepat dan Cara Memilihnya

5 Ide Lemari Dapur Minimalis yang Praktis nan Unik

Tipe Kitchen Sink yang Tepat Untuk Kebutuhanmu

7 Tipe Plafon yang Bisa Membuat Rumah Lebih Nyaman

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !