Mungil tapi Nyaman, Ini 6 Desain Dapur Minimalis 2×2 yang Bisa Ditiru

Furniterus - Desain dapur minimalis 2×2. Keterbatasan lahan dan mahalnya harga tanah saat ini membuat ukuran rumah di wilayah perkotaan semakin mungil. Hal ini pun berakibat pada ukuran ruang-ruang utama di dalam rumah yang menjadi sangat terbatas, seperti kamar tidur hingga dapur. Namun, ukuran yang kecil tak menutup kemungkinan bagi Anda untuk memiliki dapur yang cantik. Salah satu desain yang bisa diaplikasikan adalah desain dapur minimalis 2×2. Desain minimalis dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Desain minimalis lebih memfokuskan kepada fungsi dan tidak menggunakan dekorasi yang berlebihan. Penasaran seperti apa desain dapur yang cocok untuk ruangan mungil berukuran 2×2? Ini dia!

1. Desain dapur minimalis 2×2 minimalis ala Skandinavian

desain dapur minimalis 2x2 Minimalis Skandinavian

Minimalis Skandinavian (Sumber: pinterest.com)

Suka dengan unsur natural? Desain dapur minimalis ala Skandinavian yang satu ini pas banget untuk Anda. Skandinavian identik dengan unsur-unsur yang dekat dengan alam seperti kayu, tanaman, dan penggunaan warna-warna netral. Mirip dengan konsep minimalis, Skandinavian adalah desain yang lebih mementingkan fungsi. Tidak ada dekorasi berlebihan pada desain Skandinavian. Maka dari itu, desain ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada dapur berukuran mungil karena akan memberikan kesan yang lebih luas dan cerah pada dapur.

2. Desain dapur minimalis 2×2 desain industrial

desain dapur minimalis 2x2 Gaya industrial

Gaya industrial (Sumber: pinterest.com)

Industrial menjadi desain yang semakin banyak digemari untuk diaplikasikan pada kafe, hingga dapur rumah. Desain industrial biasanya terkesan maskulin karena menggunakan warna-warna yang gelap. Selain itu, gaya industrial juga biasanya menggunakan material ekspos seperti penggunaan dinding batu bata, dinding beton, dan sebagainya. Material kayu dan besi juga menjadi karakteristik dari desain industrial. Untuk lampu, Anda bisa menggunakan jenis kap menggantung dengan kabel yang panjang.

3. Desain dapur minimalis 2×2 dominasi abu-abu

desain dapur minimalis 2x2 Dapur abu-abu

Warna dapur abu-abu (Sumber: pinterest.com)

Dapur yang menggunakan warna abu-abu akan membuat tampilannya terlihat modern dan elegan. Warna ini juga bisa memberikan tampilan dapur yang bersih dan rapi. Bagi Anda yang tidak ingin dapur terkesan monoton dan dingin dengan warna putih, sentuhan warna abu-abu sangat pas untuk memberikan aksen menarik pada dapur. Anda dapat menghadirkan warna ini di beberapa elemen dapur seperti dinding, lemari penyimpanan, keramik, atau area backsplash.

Baca Juga: Katalog Model Kitchen Set Modern Minimalis Furniterus

4. Dapur memanjang

Dapur memanjang

Dapur memanjang (Sumber: architecturaldigest.com)

Desain dapur berukuran 2×2 tentu memiliki luas ruang gerak yang sangat terbatas. Nah, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat desain dapur memanjang untuk menempatkan berbagai perabot di dalamnya. Tempatkan rak penyimpanan dan kompor di bagian sudut terjauh dari pintu. Agar terkesan lebih luas, gunakan warna-warna cerah seperti putih sebagai warna utama. Jangan lupa hadirkan jendela mungil sebagai tempat masuknya cahaya matahari dan ventilasi ruangan.

5. Dapur mungil dengan meja dan kursi bar

Meja dan kursi bar

Meja dan kursi bar (Sumber: home-designing.com)

Bagi Anda yang baru saja menikah atau masih tinggal sendiri, desain dapur mungil yang satu ini sangat pas untuk dipilih. Ide desain dapur ini menggabungkan antara ruang memasak dengan meja makan yang berkonsep bar dan menggunakan kursi tinggi untuk kursi bar. Menggabungkan dua fungsi ruang menjadi satu sangat efisien untuk menghemat kesuluruhan ruang yang ada pada hunian. Meja makan bar ini pun bisa Anda manfaatkan sebagai area tambahan untuk menyiapkan bahan memasak dan meletakkan hasil masakan yang sudah matang.

6. Maksimalkan ruang vertikal

Memaksimalkan ruang vertikal

Memaksimalkan ruang vertikal (Sumber: pinterest.com)

Panjang dan lebar dapur yang terbatas memaksa Anda untuk memaksimalkan ruang-ruang vertikal yang ada. Anda bisa menggunakan rak-rak dinding terbuka atau bahkan rak gantung yang menempel di langit-langit dapur. Walaupun mungil, dengan memanfaatkan area vertikal ruang gerak Anda di dalam dapur pun akan lebih lapang karena seluruh keperluan dapur tersimpan dengan rapi di dinding serta langit-langit ruangan. Gunakan kabinet dapur dengan laci penyimpanan yang cukup banyak untuk menyembunyikan berbagai perkakas dapur. Dengan begitu, dapur pun akan selalu tampil bersih dan rapi.

Siapa bilang Anda tidak bisa memiliki dapur cantik di luas yang mungil? Desain dapur minimalis 2×2 seperti di atas pun bisa tetap nyaman digunakan dengan penataan yang tepat. Sudah siap merombak dapur mungil Anda? Yuk, mulai sekarang!

Artikel Lainnya:7 Desain Dapur Minimalis Modern yang Elegan dan Nyaman

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Ketahui Ragam Material dan Desain Kitchen Sink Sebelum Membeli

5 Hiasan Kamar Tidur Esktra Nyaman dan Terjangkau

7 Inspirasi Dapur Bawah Tangga yang Hemat Ruang

8 Desain Meja Makan sebagai Primadona di Ruang Makan

7 Desain Kamar Mandi Modern yang Nyaman untuk Relaksasi

6 Cara Merawat Wallpaper agar Kecantikannya Tetap Terjaga

7 Desain Dapur Unik Buat Memasak Lebih Nyaman

Ingin Anak Nyaman Bermain? Praktikan 5 Tips Interior Ruang Bermain Anak yang Children-Friendly

7 Tips Cerdas Desain Kamar Tidur Anak Jangka Panjang

Langkah Cepat Membasmi Kutu Kasur agar Tidur Lebih Nyenyak

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !