7 Desain Dapur Bersih yang Bisa Jadi Pusat Perhatian

FURNITERUS.com – Hunian di Indonesia biasanya memiliki dua jenis dapur, yaitu dapur kotor dan dapur bersih. Apa sih perbedaannya? Dapur bersih biasanya berada di dekat ruang tamu atau ruang eluarga. Tujuannya supaya pemilik rumah bisa bercakap-cakap dengan anggota keluarga atau tamu sambil menyiapkan hidangan dan cemilan. Dapur bersih hanya digunakan untuk menghangatkan makanan, membuatkan minuman, atau menyiapkan makanan yang sudah datang. Sementara itu, dapur kotor digunakan untuk mengolah bahan mentah menjadi makanan yang siap dimakan.

Nah bagi kamu yang ingin membuat desain dapur bersih, tentu perlu inspirasi agar dapur yang dibuat bisa terlihat menarik dan fungsional. Ini dia inspirasinya.

1. Dapur monokrom


Sumber: unsplash.com

Bingung mencari ide yang pas untuk membuat dapur bersih? Warna monokrom yang minimalis nggak akan pernah salah. Warna monokrom yang terdiri dari putih, hitam, dan abu-abu selalu berhasil membuat tampilan dapur lebih modern dan kekinian. Dengan mengaplikasikan warna monokrom, dapur pun akan terlihat lebih mewah, walaupun luasnya cukup terbatas. Agar tidak terlihat terlalu kaku tambahkan beberapa hiasan seperti tanaman di beberapa sudutnya.

2. Dapur bersih yang menyatu dengan ruang makan


Sumber: unsplash.com

Tidak punya ruang lebih untuk membuat dapur bersih? Gabungkan saja ruang makan yang ada di rumah dengan dapur. Penggabungan dari dua ruangan ini bisa menghemat tempat bagi kamu yang memiliki luas ruangan terbatas. Penyatuan kedua ruangan ini juga bisa membuat kegiatan memasak lebih efektif karena bisa langsung dihidangkan. Selain dengan ruang makan, kamu juga bisa menyatukan dapur dengan ruang keluarga lho.

3. Dapur bersih dengan rak terbuka


Sumber: unsplash.com

Penggunaan rak terbuka pada dapur akan menciptakan kesan dapur yang bersih dan luas. Dibandingkan dengan menggunakan rak tertutup, penggunaan rak terbuka juga bisa membuat dapur terlihat rapi sekaligus memberikan dekorasi yang unik pada dapur. Rak terbuka juga akan memudahkan kamu dalam mencari berbagai keperluan memasak karena semua bisa terlihat dengan jelas. Tambahkan beberapa hiasan seperti tanaman kecil atau koleksi buku memasak agar rak terbuka tampil lebih menarik.

4. Dapur ala skandinavian


Sumber: unsplash.com

Desain skandinavian sangat dekat dengan kesan yang natural dan alami. Salah satu ciri khas dari desain ini adalah pengaplikasikan kayu yang mendominasi ruangan. Kamu bisa menggunakan kayu sebagai pelapis lantai atau kabinet dapur untuk memberikan tampilan skandinavian yang khas. Padukan unsur kayu yang natural ini dengan warna putih untuk memberikan kesan bersih dan luas pada dapur. Perpaduan keduayan akan menciptakan kesan hangat, rapi, dan sederhana. Pada dapur skandinavian, kamu tidak perlu menambahkan berbagai aksesoris untuk mendapatkan tampilan yang cantik.

5. Dapur bersih dengan aksen marmer


Sumber: unsplash.com

Sudah bukan rahasia jika marmer mampu memberikan tampilan mewah pada berbagai ruangan rumah. Material dan motif marmer yang unik akan menciptakan kesan mewah jika diaplikasikan pada dapur. Kamu bisa mengaplikasikan motif marmer pada dinding dapur atau countertop. Agar kesan mewah lebih terasa, usahakan untuk tidak menambahkan terlalu banyak aksesoris pada dapur yang telah dilapisi marmer.

6. Dapur mewah dengan aksen emas


Sumber: unsplash.com

Ingin memberikan aksen mewah pada dapur? Kamu bisa menerapkan warna emas sebagai aksen di dapur. Berikan sentuhan warna emas pada dinding lemari penyimpanan atau pada lampu gantung. Kamu juga bisa memajang beberapa perabotan dapur berwarna emas seperti pada microwave, panci, gelas, piring, spatula, dan sebagainya. Padukan warna emas dengan hitam atau abu-abu untuk memberikan kesan elegan pada dapur.

7. Dapur rustic


Sumber: unsplash.com

Kayu merupakan material alami yang mampu menghadirkan kesan natural dan eksklusif pada setiap tampilan ruangan, termasuk dapur. Untuk menampilkan dapur dengan kesan rustic, unsur kayu merupakan elemen yang paling penting untuk kamu tambahkan. Unsur kayu pada kabinet dapur atau bahkan kursi yang digunakan akan menghangatkan atmosfer dapur secara keseluruhan. Pilihlah kayu yang terlihat raw tanpa finishing untuk menonjolkan kesan rustic pada dapur.

Menarik banget kan ide di atas? Karena terlihat dari ruangan lain di rumah, desain dapur bersih harus kamu perhatikan dengan baik agar serasi dengan keseluruhan rumah. Desain yang menarik bisa membuat siapa saja terkagum saat berkunjung ke rumahmu lho.

Artikel Lainnya: 7 Tipe Dapur yang Wajib Kamu Tahu

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Jadikan Dapurmu lebih Apik dengan 9 Ide Rak Piring Praktis Berikut ini!

6 Trik Karpet Ruang Tamu untuk Buat Ruangan Lebih Hangat

Desain Kursi Tamu Menawan yang Bikin Hati Tamu Tertawan

7 Ide Ruang Keluarga Minimalis untuk Momen Berkumpul Makin Seru

Tips Memilih Kaca Kamar Mandi sebagai Partisi yang Keren

Desain Kamar Mandi Minimalis untuk Apartemen

7 Ide Memilih Plafon Kamar untuk Tidur Lebih Nyenyak

Desain Teras Rumah Mungil yang Nyaman dan Menawan

Desain Ruangan Minimalis untuk Apartemen Kaum Urban

7 Model Tangga Minimalis yang Dapat Menambah Estetika Rumah

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !