Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Kekinian yang Pas untuk Rumah Mungil

Furniterus - v style="height:20px" aria-hidden="true" class="wp-block-spacer">

Ruangan apa yang akan pertama kali kamu jumpai saat membuka pintu depan rumah? Pasti ruang tamu kan? Maka dari itu, ruang tamu harus ditata dengan baik agar siapa pun yang berkunjung ke rumahmu bisa nyaman dan betah saat berkunjung. Namun dengan semakin terbatasnya ukuran rumah, saat ini banyak ruang tamu yang hanya memiliki luas terbatas atau bahkan berfungsi ganda sebagai ruang keluarga. Untuk itu, dekorasi ruang tamu minimalis harus didesain dengan fungsional agar ruang yang ada bisa dimaksimalkan dengan baik. Mau lihat inspirasinya? Yuk, simak!

1. Warna natural

Warna natural (Sumber: homedsn.co)

Salah satu aspek paling penting dalam menata ruang tamu minimalis adalah pemilihan warna yang tepat. Agar ruangan terkesan lebih luas dan tidak sumpek kamu bisa memilih warna putih yang menonjolkan kesan bersih. Selain putih, kamu juga bisa memilih warna yang terang dan memberikan suasana ceria. Pemilihan warna ini tidak boleh diabaikan karena akan mempengaruhi seluruh suasana di ruang tamu. Warna-warna natural ini juga tak hanya harus kamu aplikasikan sebagai cat dinding, tetapi juga warna sofa, karpet, atau unsur dekorasi lainnya.

2. Sofa sesuai ukuran ruangan

Sofa sesuai ukuran ruangan (Sumber: homeboxy.info)

Sofa merupakan salah satu furnitur wajib yang harus kamu punya di ruang tamu. Nah dalam pemilihan sofa yang tepat untuk ruang tamu minimalis ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar tidak membuat ruangan terasa semakin sempit. Pilihlah warna sofa yang senada dengan dinding ruang tamu. Jangan sampai ada perbedaan yang kontras antara sofa dan dinding. Selain itu, karena ukuran ruangan yang terbatas, ukuran sofa juga harus mengikuti ukuran ruangan. Kamu bisa menggunakan sofa satu dudukan atau dua dudukan. Lengkapi dengan bantal-bantal sofa kecil agar ruangan terasa semakin nyaman.

3. Hias dinding dengan cermin

Kaca pada dinding (Sumber: pinterest.com)

Cermin selalu menjadi trik sederhana yang bisa membuat ruangan terkesan lebih luas. Tak hanya sebagai aksen dekorasi, cermin juga bisa menunjukkan kesan elegan. Cermin pun bisa menjadi obyek penataan dinding ruangan yang menarik. Untuk jenis atau desain cermin, kamu bisa menyesuaikan dengan gaya rumah yang kamu miliki, mulai dari minimalis, klasik, hingga modern.

Artikel Lainnya: 5 Tips Mempercantik Dinding dengan Dekorasi Piring Hias

4. Frameless cabinet atau rak kaca

Rak minimalis (Sumber: pinterest.ru)

Apabila kamu menggabungkan fungsi ruang tamu dengan ruang keluarga, maka kamu perlu tempat yang pas untuk menyimpan berbagai kebutuhan. Kabinet atau lemari yang tepat sangat penting untuk membuat ruang tamu tetap rapi. Selain itu, kamu juga bisa mengisi kabinet dengan berbagai hiasan atau aksesoris menarik yang bisa menambah keindahan ruang. Untuk ruang tamu kecil, sangat disarankan untuk kamu menggunakan frameless cabinet atau rak kaca. Kabinet tanpa pintu ini akan membuat ruangan terkesan lebih lega. Kamu pun bisa memajang berbagai koleksi yang bisa menjadi dekorasi menarik di ruang tamu.

5. Lebih nyaman dengan karpet

Nyaman dengan karpet (Sumber: pinterest.com)

Ruang tamu harus dibuat senyaman mungkin agar tamu yang berkunjung bisa betah saat berkunjung di rumah kamu. Karpet bisa menjadi daya tarik utama karena motif dan bahannya yang beragam. Biasanya, karpet digunakan sebagai alas meja yang digunakan. Untuk bahannya, kamu bisa menggunakan karpet dengan bahan yang mudah dibersihkan agar kamu tidak perlu repot saat karpet terkena tumpahan minuman atau makanan.

6. Alami dengan indoor plants

Tanaman indoor (Sumber: pinterest.com)

Untuk memberikan suasana yang sejuk dan asri di dalam rumah, kamu bisa menambahkan satu atau dua buah tanaman hias di dalam pot kecil yang ditata rapi di sudut ruang tamu. Kamu juga bisa menambahkan bunga hias di atas meja minimalis yang diletakkan di bawah cermin dinding. Tak hanya menghadirkan kesan alami, tanaman atau bunga hias yang diletakkan di dalam ruangan akan membuat pandangan kamu menjadi lebih segar dan nyaman.

7. Tirai bermotif polos

Tirai (Sumber: atzine.com)

Tahukah kamu jika kehadiran tirai bisa menambah kenyamanan pada ruang? Untuk ruang tamu minimalis, kamu bisa memilih tipe tirai yang sheer, pocket, draperies, atau eyelet dengan motif polos. Tak hanya membantu membatasi sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan, tirai bermotif polos juga akan menambah kehangatan serta keindahan ruangan.

Selain memperhatikan dekorasi ruang tamu minimalis yang tepat, jumlah barang yang ditempatkan pada ruang tamu juga harus kamu pertimbangkan dengan baik agar tidak terlalu penuh atau terlalu sedikit.

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

8 Desain Meja Makan sebagai Primadona di Ruang Makan

Perhatikan! Ini 7 Cara Perawatan AC agar Dapat Digunakan Lebih Awet di Apartemen

Dekorasi Apartemen Penyewa yang Digemari dengan Harga Sewa Tinggi

4 Inspirasi Lampu LED untuk Desain Lemari Masa Kini dan Manfaatnya

Hindari 5 Kesalahan Tata Ruang Rumah yang Sering Dilakukan Ini

7 Model Tangga Minimalis yang Dapat Menambah Estetika Rumah

Jangan Salah! Ini Cara Memilih Warna Lampu Rumah yang Tepat

Ketahui Ragam Material dan Desain Kitchen Sink Sebelum Membeli

Furniture Paketan vs Furniture Satuan: Mana yang Lebih Baik?

Akali Keterbatasan Ruang dengan 6 Ide Pembatas Ruangan

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !