Dekorasi Ruang Tamu yang Nyaman untuk Apartemenmu

Dekorasi ruang tamu di apartemen, walaupun ukurannya mungil, tetap harus dirancang sebaik mungkin karena sangat berpengaruh terhadap penciptaan suasana interior apartemen secara keseluruhan. Pemilihan warna, sofa, meja, kabinet, karpet, wallpaper, gorden, lampu gantung, dan elemen dekorasi lainnya harus dipilih hati-hati untuk memberikan kenyamanan. Mari simak inspirasi dekorasi ruang tamu yang nyaman untuk apartemen Anda!

Sumber: designmybedding.com

1. Dekorasi Ruang Tamu dengan Perpaduan Warna

Perpaduan warna berperan sangat penting dalam dekorasi ruang tamu karena menjadi hal pertama yang memberikan kesan saat awal memasuki sebuah ruang. Perpaduan warna didapat dari elemen ruang mulai dari lantai, dinding, dan plafon dengan elemen pengisi ruang berupa furniture ,dan elemen dekor seperti lampu, hiasan dinding, dan bahan fabrik.

Sumber: homeklondike.site

Perpaduan unik gaya arsitektur dan detail interior yang terkesan brutal dan kontroversial ini, malah menciptakan gaya baru yang sesuai dengan kepribadian pemiliknya. Ruang tamu memberi kebebasan untuk bereksplorasi dengan berbagai gaya. Minimalis, modern, pop-art, gaya etnis, dan industrial, semuanya menyatu dengan mengesankan.

2. Dekorasi Ruang Tamu untuk Apartemen Mungil

Walaupun mungil, setiap ruang harus didekor dengan gaya. Teknik dekorasi yang tepat akan mengoptimalkan fungsi ruang dan menimbulkan aura positif yang memberi kenyamanan. Pengaplikasian warna netral yang cerah mampu menambah kesegaran dan menjadikan ruang mungil terlihat lebih lapang.

Sumber: interiordesign.id

Apartemen mungil tipe studio bergaya skandinavian yang didominasi sentuhan warna putih akan terlihat lebih luas. Cermin juga dapat dimanfaatkan untuk menambah kesan luas secara visual. Di kusen jendela bagian bawah dipasang rak gantung untuk meletakkan cangkir dan pot kecil berisi tanaman rambat yang dibentuk melingkar. Meja kopi yang ramping dengan pot bening berhiaskan bunga hortensia mempercantik dekorasi ruang tamu yang mungil ini, berdiri semampai di atas karpet motif geometris dengan garis-garis lembut yang diposisikan tegak lurus dengan lantai kayu, menambah kesan luas sekaligus menjadi penanda area ruang tamu.

3. Dekorasi Ruang Tamu dengan Hiasan Dinding

Suasana menyerupai galeri dapat dihadirkan di ruang tamu apartemen dengan mengekspos koleksi kesayangan. Unsur budaya yang kental dapat dipadukan dengan elemen modern untuk menciptakan keseimbangan dan jembatan antara etnik dan modernisasi. Dekorasi ruang tamu dengan hiasan dinding tampil unik, mempesona, dan elegan, sekaligus menunjukkan kecerdasan wawasan pemiliknya.

Sumber: ranahproject.com

Kegemaran pemilik apartemen yang gemar mengoleksi furniture dan hiasan etnik menciptakan dekorasi ruang tamu yang berkarakter. Kehadiran pola geometris seni oriental menjadi penyeimbang ukiran etnik jawa. Kedua budaya yang unik ini tampil serasi dan beriringan dalam memberikan kenyamanan.

4. Dekorasi Ruang Tamu dengan Kabinet Dinding

Peran kabinet dinding, terutama di apartemen mungil, sangat penting untuk menghemat ruang, memberikan tampilan ruang yang lebih rapi, dan terkesan cerdik dalam menata ruang.

Sumber: arsindociptakarya.com

Ruang tamu sekaligus ruang keluarga di apartemen terasa nyaman dengan penataan kabinet yang rapi. Buku, majalah, dan hiasan yang tertata apik menjadi solusi untuk menjadikan ruang yang sempit terasa luas. Ukuran jendela yang besar tidak hanya memberi pencahayaan maksimal namun juga efek visual yang dapat memberi kelegaan dari indahnya pemandangan yang dihadirkan.

Sumber: trendir.com

Kabinet yang ditanam rata dengan dinding tampak lebih rapi dan terkesan elegan karena terencana dengan baik. Selain itu, tidak menghalangi sirkulasi pergerakan. 5 baris sederhana dengan action figure  mempertegas tampilan garis horizontal, bersama dengan lampu di setiap baris kabinet menciptakan satu kesatuan visual estetika minimalis.

5. Dekorasi Ruang Tamu dengan Gorden Minimalis

Desain gorden membawa pengaruh signifikan terhadap tampilan ruang secara menyeluruh. Pilihan bahan, warna, motif, dan ukuran yang berbeda akan menciptakan kesan berbeda untuk interior.

Sumber: decoist.com

Gorden minimalis putih yang melindungi jendela besar, tampil kontras dengan ruang tamu serba hitam. Keduanya juga saling menyeimbangi dalam menciptakan kesan minimalis yang nyaman. Warna hitam yang elegan menjadi penanda area ruang tamu. Warna putih yang mempesona membuat penyatuan ruang tamu dengan ruang lainnya, membuat ruang terkesan tidak terlalu berat, sekaligus memantulkan cahaya untuk menerangi ruang.

Artikel Lainnya: Tips Menarik Buat Kamu Penyuka Gorden Minimalis

6. Dekorasi Ruang Tamu dengan Wallpaper

Wallpaper menjadi solusi tampilan ruang tamu yang menawan, hemat biaya, dan tahan lama. Berbagai pilihan motif dan bahan wallpaper dapat dipilih sesuai selera dan gaya yang diinginkan.

Sumber: clipgoo.com

Motif bunga dengan warna ungu yang cantik menambah kesegaran di ruang tamu yang mungil, menampilkan sentuhan seni, menghadirkan kealamian bersama lantai parket dengan gradasi warna coklat. Pola pikir dan cara pengerjaannya sederhana namun memberi efek kenyamanan yang nyata.

7. Dekorasi Ruang Tamu dengan Partisi yang Unik

Di apartemen dengan ruang terpisah secara visual ataupun secara fisik, sangat penting untuk menciptakan kesatuan dalam dekorasi ruang. Secara visual, keseragaman diciptakan oleh permainan warna. Secara fisik, pemisahan fungsi bisa didapat dari partisi yang unik yang tetap menjaga keharmonisan dan konsistensi ruang secara keseluruhan.

Sumber: cotemaison.fr

Secara visual, dinding bata ekspos menjadi penanda area ruang tamu. Lantai parket yang senada menjadi penyatu area ruang tamu dan kamar tidur. Secara fisik, partisi cerdik yang juga bisa dimanfaatkan sebagai kabinet, menjadi pemisah fungsi penerima tamu dan privasi kamar tidur.

Artikel Lainnya: Ruangan Lebih Luas? Intip 7 Inspirasi Partisi Ruang Tamu yang Bisa Bikin Rumah Makin Nyaman

Sumber: goles.us

Dekorasi ruang tamu untuk apartemen tidak terlepas dari tujuan utamanya untuk memberi kenyamanan dalam pemenuhan fungsinya. Setiap elemen dekorasi yang dimanfaatkan harus menciptakan keseimbangan dengan ruang lainnya.

Mari ciptakan dekorasi ruang tamu yang nyaman untuk apartemen kamu. Jika mengalami kesulitan, berkonsultasilah dengan Furniterus. Kami akan memberikan solusi desain terbaik dan menghadirkan berbagai artikel dengan tips-tips bermanfaat untuk kamu.