Dekorasi Apartemen Studio agar Sesuai Tipe Penyewa

Furniterus - Dekorasi apartemen studio, baik untuk pemakaian pribadi atau pun untuk investasi dan disewakan kembali, perlu mendapat perhatian khusus. Bagi sebagian orang, ukurannya yang mungil bisa menjadi kendala desain. Padahal, kepiawaian mencari solusi cerdik dan menghadirkan desain terbaik akan membuat dekorasi apartemen studio terasa sangat nyaman dan homey.

Sumber: trend4homy.com

Apartemen tipe ini, biasanya digemari kaum urban yang masih single, pasangan muda yang baru menikah, para karyawan super sibuk yang hanya membutuhkan tempat bernaung, atau pun para mahasiswa/i perantauan.

Nah, dengan berbagai tipe penyewa, bagaimana sang pemilik perlu mendekor apartemennya agar bisa sesuai dan membuat penyewanya merasa nyaman? Beberapa tips berikut dapat membantu mencari solusinya.

1. Dekorasi Apartemen Studio untuk Semua Usia

Dekorasi yang cocok untuk semua usia dapat didukung dengan permainan garis, bentuk, dan warna mulai dari lantai, dinding, plafon, dan perabotan di dalam ruang. Manfaatkan warna netral yang cenderung harmonis dengan elemen lainnya. Warna putih, krem, atau abu-abu lebih mudah dipadukan dengan warna lain agar bisa menampilkan kesan ruang lebih luas, lebih segar, dan nyaman.

Sumber: canadian-art.com

Sebuah apartemen studio harus mampu menampung berbagai kegiatan sekaligus dalam sebuah ruang mungil. Maksimalkan manfaat setiap perabotan yang ada. Meja makan dapat dimultifungsikan sebagai pembatas ruang untuk memperjelas area ruang makan dan dapur serta membedakannya dengan ruang keluarga.

Manfaatkan cermin besar untuk menciptakan efek ruang lebih luas secara visual. Sentuhan warna alami coklat kayu dan biru turquoise yang menyegarkan, membuat ruang tampak lebih hidup dan nyaman.

2. Dekorasi Apartemen Studio Minimalis Modern

Keputusan untuk tinggal di apartemen cenderung didorong gaya hidup modern yang serba praktis dan dinamis. Bagi pemilik yang ingin tinggal di studionya, desain dan dekorasinya pasti disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan, dan seleranya. Tapi, jika studio itu ingin disewakan, tentulah dekorasinya harus digeneralisasi, sesuai target penyewa yang diinginkan.

Sumber: decoraiso.com

Jika memang targetnya untuk penyewa muda, desainnya harus disesuaikan dengan selera kawula muda. Jika tidak ada batasan kalangan penyewa, pilihan gaya minimalis modern sangatlah tepat karena mampu memenuhi fungsi secara maksimal dan cocok untuk semua usia.

3. Dekorasi Apartemen Studio yang Keren

Sebuah desain bisa dikategorikan keren jika mampu mewadahi semua kebutuhan secara cerdik dengan inovasi terunik. Tantangan mungilnya ukuran apartemen studio, biasanya diselesaikan dengan ruang yang mampu menampung berbagai kegiatan sekaligus, dan perabotan multifungsi yang bisa menjadi area penyimpanan.

Sumber: behance.net

Kabinet yang disusun di area pintu masuk menjadi ruang penyimpanan, sekaligus menyerupai ‘gapura’. Dispersi cahaya di dinding, menerangi area pintu masuk dengan cahaya kuning yang menciptakan kesan hangat dan nyaman.

Area kamar tidur dengan ranjang yang menempati sebagian besar luas ruang, dimultifungsikan sebagai ruang keluarga. Bangku sekaligus area penyimpanan, diletakkan di bagian bawah dipan. Jika bangku ditarik, pinggiran dipan dapat dijadikan meja makan.

Artikel Lainnya: Ingin Tinggal Nyaman di Apartemen Studio? Ini Tips Jitunya

4. Dekorasi Apartemen Studio Konsep Open-Plan

Konsep open-plan atau ruang terbuka cocok diterapkan untuk apartemen studio. Minimalisasi bahkan ‘pemusnahan’ dinding tembok masif sebagai pembatas ruang, memungkinkan terbentuknya ruang yang lebih luas. Manfaatkan partisi fungsional untuk menciptakan batasan ruang dan memperjelas fungsi ruang, sambil tetap mempertahankan kesan ruang yang lega.

Sumber: goodnewsarchitecture.com

Kabinet dan lemari gantung dapur dibuat rapat ke dinding untuk menghemat ruang, memperbanyak area penyimpanan, sekaligus struktur untuk lemari gantung.  Kitchen island difungsikan sebagai pembatas area dapur dan ruang makan. Karpet menjadi penanda area ruang keluarga.

5. Dekorasi Apartemen Studio yang Mungil Tapi Lengkap

Mungil tapi lengkap. Apartemen studio harus mampu menampung kelengkapan layaknya hunian lain. Ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar tidur, dan kamar mandi, semuanya harus ada dan didesain sebaik mungkin.

Sumber: luvlydecora.com

Ukurannya bisa jadi lebih mungil, tapi kepiawaian mendesain, memilih, dan memilah hal-hal yang dibutuhkan agar dapat hidup layak dan nyaman menjadi kunci dekorasi apartemen studio agar menarik penyewa.

Ketika membuka pintu, suasana ruang yang lega dan tertata rapi, akan membuat penyewa ingin masuk melihat-lihat. Begitu sadar bahwa Si Mungil ini lengkap dan desainnya fungsional, hanya tinggal kemampuan membayar harga sewa yang menjadi pertimbangannya.

Sumber: imagenesmy.com

Agar sesuai tipe penyewa dan menarik orang lain untuk menyewa, berpura-puralah menjadi penyewa. Dekorasi apartemen studio seperti apa yang diharapkan? Wujudkanlah dalam desain yang nyata, pastilah apartemen sewa akan banyak peminatnya.

Artikel Lainnya: Dekorasi Apartemen Terasa Membosankan? Ini Solusi Cerdiknya!

Nantikan artikel-artikel lainnya untuk mendapatkan berbagai ide desain yang sempurna. Lihat juga koleksi lemari pakaian dan kitchen set Furniterus dan konsultasikan desain idaman yang bisa di-custom sesuai keinginan dan kebutuhan untuk mendapatkan kenyamanan maksimal.

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Ruangan Lebih Luas? Intip 7 Inspirasi Partisi Ruang Tamu yang Bisa Bikin Rumah Makin Nyaman

8 Gambar Wallpaper Kekinian yang Cocok untuk Ruangan Sempit

7 Tips Memilih Furniture Apartemen yang Hemat Ruang

7 Cara Mudah Merapikan Lemari Pakaian agar Enak Dilihat

Dekorasi Apartemen dan Rumah, Apa Sih Bedanya?

9 Desain Kamar Apartemen Studio Terpopuler di 2018

Mau Tinggal Nyaman di Apartemen? Simak 6 Rahasianya

7 Tips Desain Interior Rumah Minimalis yang Tak Lekang oleh Waktu

6 Model Keramik Dapur yang Disukai Generasi Muda

Rangkaian Ide Desain Plafon Minimalis 2018

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !