Dekorasi Apartemen Pasangan Muda yang Cozy dan Homey

Hunian menjadi kebutuhan utama pasangan yang baru menikah untuk memulai hidup baru yang mandiri. Namun, biaya sering menjadi kendala bagi pasangan muda untuk mendapat hunian yang layak. Kini, dengan alasan pertimbangan biaya, fasilitas, kemudahan akses, dan keamanan, pasangan muda kaum urban lebih memilih tinggal di apartemen.

Memang, ukuran apartemen cenderung lebih sempit dari rumah, tapi mungilnya ruang justru menambah kehangatan pasangan muda. Dengan dekorasi yang tepat, apartemen bisa disulap menjadi hunian dengan suasana dan kenyamanan sesuai impian.

Sumber: home-designing.com

Seperti apa dekorasi apartemen pasangan muda yang menghidupkan dan menghangatkan suasana? Mari lihat beberapa contoh desain yang sudah terwujud. Dijamin pasti jadi ingin mendekor apartemen seperti ini agar tinggal lebih nyaman bersama pasangan.

1. Dekorasi Apartemen Pasangan Muda yang Cozy dan Breezy

Tampilan ruang yang segar, lega, dan terang didapat dari penataan perabotan dengan cerdik. Sebenarnya hanya perlu menerapkan aturan dasar desain untuk membuat apartemen tertata rapi dan nyaman. Skema warna yang ringan dan menyegarkan ditampilkan warna putih yang berpadu dengan coklat kayu alami.

Sumber: freshome.com

Posisikan area kamar tidur di dekat jendela. Area ini paling baik untuk mendapat sinar matahari yang menyehatkan, sekaligus area dengan view terbaik untuk dinikmati berdua. Sekat antara kamar dan ruang lainnya tidak perlu tertutup dan masif. Rak sederhana multifungsi untuk menyimpan buku, pajangan, foto, bahkan vas bunga, menjadi partisi bermanfaat yang membuat ruang terasa lega. Jika diperlukan, pilihlah meja makan yang expandable untuk menampung lebih banyak saat diperlukan.

2. Dekorasi Apartemen Pasangan Muda Bergaya Hipster yang Colorful

Gaya hipster yang dikenal senang mengekspresikan dirinya dengan cara yang unik alias nyentrik, ternyata cukup keren dijadikan acuan desain interior apartemen untuk pasangan muda.

Permainan warna yang seolah meniadakan kaidah warna two-tone yang sering dijadikan acuan untuk menciptakan ruang apartemen yang terlihat lega, justru mencerahkan dan membuat ruang tampak lebih hidup dan memiliki cerita tersendiri.

Sumber: modernoctopus.com

Walau cukup banyak perpaduan warna yang diterapkan, namun kaidah warna senada tetap dipertahankan. Lantai kayu hanya memakai satu warna, yaitu coklat kayu parket. Bersama dengan plafon dak beton warna abu-abu, keduanya menciptakan penyatuan ruang secara visual. Karpet menjadi trik cerdik untuk menciptakan kejelasan area pada tiap fungsi ruang yang berbeda. Karpet hijau menjadi penanda area ruang makan bergaya retro, senada dengan kursi hijau muda dan biru muda di atasnya.

Sofa yang menyita luas ruang terbesar menjadi focal point ruang keluarga beralaskan karpet abu-abu yang senada dengan dinding yang menjadi latar sofa.

3. Gaya Urban Industrial untuk Dekorasi Apartemen Pasangan Muda yang Dinamis

Di tengah keterbatasan biaya yang biasanya dihadapi pasangan muda, gaya urban industrial bisa menjadi pilihan yang cukup ekonomis untuk menghadirkan kenyamanan, sekaligus menepis kemonotonan desain. Cat putih untuk keseluruhan dinding dan plafon selain biayanya paling murah dan pengerjaannya mudah, pilihan warna ini memantulkan cahaya, membuat ruang lebih terang, dan terkesan lebih lega.

Sumber: modernoctopus.com

Instalasi pipa, listrik, dan ducting AC bisa menjadi elemen dekorasi yang unik, sekaligus memudahkan pengawasan dan perawatannya. Elemen dekorasi bergaya ekletik berpadu dengan fungsi, horizontal blinds pada jendela, kursi retro warna jingga, meja dengan roda, dan lampu pajang yang unik. Semua elemen berpadu menciptakan ruang yang cozy, tampil apa adanya, dan pastinya berfungsi optimal.

Artikel Lainnya: Kitchen Set Mini Untuk Mempercantik Dapur Mungil Kaum Urban

4. Permainan Pola dan Warna Pada Dekorasi Apartemen Pasangan Muda

Jangan takut untuk memadupadankan warna-warna cerah pada ruangan, apalagi sebagai pasangan muda yang penuh jiwa petualangan. Memang, cara paling aman dalam memilih warna adalah mengikuti kaidah two-tone atau maksimal three-tone.  Namun, tidak ada larangan dalam memanfaatkan warna untuk mengekpresikan jiwa.

Sumber: modernoctopus.com

Jika masih takut-takut menuangkan aneka warna dalam elemen yang luas, seperti dinding atau plafon, mulailah dari benda-benda yang mungil, seperti cushion. Apalagi jika status apartemen masih berupa sewa dan terikat perjanjian tentang cat dinding dan plafon. Manfaatkan elemen bergerak untuk menghidupkan suasana dan membuat apartemen terlihat lebih menarik. Lukisan abstrak geometris dapat dijadikan point of interest di dinding serba putih. Tambahkan juga tanaman agar suasana semakin hidup dan asri.

5. Dekorasi Apartemen Pasangan Muda dengan Konsep Loft

Jika cukup beruntung mendapatkan apartemen dengan konsep loft, manfaatkanlah dengan optimal. Tempatkan kamar tidur dan ruang kerja di bagian atas. Selain hemat tempat, pasti privacy-nya lebih terjaga dan jauh dari distraksi yang tidak diinginkan pasangan muda.

Sumber: homeworlddesign.com

Tipe loft yang biasa tingginya sekitar 4 m, seolah memiliki 2 lantai. Lantai 1 bisa dimanfaatkan untuk area sosial, seperti ruang tamu, dapur, ruang makan, dan kamar mandi. Lantai atas didedikasikan untuk area kamar tidur dan ruang kerja yang sifatnya lebih pribadi. Sebuah tangga minimalis dapat menghubungkan kedua lantai. Bisa juga multifungsikan anak tangga menjadi rak-rak penyimpanan.

Apapun gaya arsitektur yang dipilih para pasangan muda untuk mendekorasi apartemen, pastikan sesuai dengan kepribadian, kebutuhan, dan dapat ditinggali berdua dengan nyaman. Jika memerlukan bantuan, berkonsultasilah dengan Furniterus yang senantiasa menghadirkan ide desain sempurna untuk kenyamanan maksimal. Lihat juga koleksi lemari pakaian dan kitchen set Furniterus yang bisa di-custom sesuai keinginan dan kebutuhan.

Artikel Lainnya: Dekorasi Apartemen Studio agar Sesuai Tipe Penyewa