Dekorasi Apartemen dan Rumah, Apa Sih Bedanya?

Pertanyaan ini mungkin tebersit dalam benak saat memilih model dekorasi rumah atau apartemen. Dekorasi apartemen dan rumah, sebenarnya sama tuntutannya. Sama-sama dituntut untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang nyaman dan fungsional bagi penghuninya. Namun, sempitnya lahan dan makin tingginya harga perumahan terutama di kota-kota besar, mendorong menjamurnya pembangunan apartemen. Sejalan dengan semua faktor itu, dekorasi rumah dan dekorasi apartemen dipicu untuk terus berkembang seiring dinamisasi kehidupan kaum urban. Lalu, di mana letak perbedaan dekorasi rumah dan apartemen? Dan bagaimana penerapan desainnya? Mari kita telusuri lebih jauh lagi dalam artikel ini!

Sumber: rapi-rumahku.blogspot.com

Dekorasi apartemen dan rumah terus berkembang seiring perkembangan zaman. Aktivitas yang semakin padat dan kebutuhan mobilitas yang cekatan, mendorong para desainer menciptakan berbagai kreasi desain yang mendukungnya. Mulai dari dekorasi yang simple, minimalis, sampai multifungsi. Kebutuhan penghuni apartemen yang notabene sama seperti penghuni rumah harus ditampung dalam ruang apartemen yang cenderung lebih kecil daripada rumah. Kebutuhan view, sirkulasi udara, pencahayaan, dan akses antar ruang juga harus didesain dengan seksama serta disesuaikan dengan keadaan apartemen.

1. Jumlah Ruang yang Perlu Dekorasi

Dekorasi rumah perlu memikirkan ruang-ruang pendukung, seperti: ruang olahraga, taman, teras, garasi, bahkan kolam renang pribadi, yang memang diperuntukkan hanya bagi penghuni rumah dan tamunya. Keterbatasan lahan apartemen seringkali tidak memungkinkan untuk mengikutsertakan ruang-ruang ini ke dalam area milik pribadi. Pengelola apartemen sudah menyediakannya sebagai bagian dari sarana dan prasarana yang menarik minat pembeli apartemen.

Memang tidak tertutup kemungkinan untuk memiliki fasilitas ini di dalam apartemen, namun dimensi dan jenisnya berbeda. Misalnya, ruang olahraga apartemen sebaiknya memiliki sebuah alat fitness yang multifungsi, taman dalam apartemen bisa berupa mini courtyard ataupun tanaman minimalis dalam pot, sedangkan fungsi teras bisa digantikan keberadaan balkon. Nah, di sinilah peran dekorasi sangat penting. Dekorasi yang tepat dapat memanipulasi ruang dan membuatnya terasa lebih lega dan nyaman tanpa mengurangi fungsinya.

Sumber: rapi-rumahku.blogspot.com

Optimalisasi fungsi dan kenyamanan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan saat mendekor rumah maupun apartemen. Selain itu, segi investasi juga perlu dipikirkan untuk orientasi masa depan. Rumah atau apartemen dengan dekorasi yang nyaman dan keren, pastilah bernilai jual tinggi, terlepas dari lokasinya.

2. Luas Area

Luas apartemen mulai tipe Studio dengan luas sekitar 18m2 hingga tipe Classic Six yang luasnya sekitar 57m2 memang tidak bisa dibandingkan dengan luas rumah yang bisa ratusan meter persegi. Di sinilah pentingnya peran dekorasi. Kecerdikan dalam memanipulasi ruang dapat memberikan kesan ruang yang jauh lebih luas dan tetap nyaman.

Sumber: tatafurniture.wordpress.com

Pemanfaatan murphy bed bisa menjadi salah satu solusi menyiasati sempitnya ruang apartemen, terutama apartemen seluas 10m2 yang sekarang sedang tren di Amerika karena semakin sempit dan mahalnya lahan. Tak terbayang ruang yang sesempit itu akan terasa seperti di penjara, tanpa dekorasi yang tepat.

3. Kemudahan dan Kebebasan Merenovasi

Rumah bisa dibangun dan direnovasi sesuai dengan desain yang kita inginkan dan karakter penghuni rumah. Sayangnya tidak demikian dengan apartemen, penghuni tidak bisa mengubah bentuk dan juga desain yang sudah ada sesuai dengan keinginan, terutama yang menyangkut struktur bangunan karena mempengaruhi kekuatan keseluruhan gedung. Keterbatasan ‘gerak’ renovasi apartemen inilah yang menuntut kecerdikan dalam mendekor apartemen, agar sesuai dengan kebutuhan dan karakter penghuninya.

Sumber: artikel.rumah123.com

Lukisan mural bisa menjadi solusi cerdik yang keren untuk menyiasati dekorasi apartemen di tengah keterbatasan ruang. Lukisan mural juga meningkatkan nilai investasi sekaligus sarana mengekspresikan karakter pemiliknya.

Artikel Lainnya: Mau Biaya Renovasi Rumah yang Sesuai Budget? Ini 5 Caranya!

4.Dekorasi yang Mudah Perawatannya

Ukuran apartemen yang mungil, ternyata juga menawarkan keuntungan bagi pemiliknya, terutama segi kemudahan perawatan. Tidak terlalu banyak area yang perlu dibersihkan dalam ruangan yang tidak terlalu luas ini.

Sumber: interiordesign.id

Penggunaan furniture yang cerdik, selain menghemat biaya dan berfungsi maksimal juga memudahkan perawatan. Furniture minimalis dengan ekspos kaki-kaki meja dan kursi serta tampilan clean and simple, tampak ringan, dan memberi kesan lega. Walaupun ruangannya sempit, namun tetap harus memberi aura positif dan kenyamanan optimal bagi penghuninya.

5. Inovatif dalam Keterbatasan Ruang

Mencari kesempatan dalam kesempitan, peribahasa ini tepat diterapkan sebagai konsep dekorasi apartemen. Dekorasi yang inovatif dapat mengubah keterkungkungan menjadi kenyamanan. Berbagai ide kreatif yang unik dan keren justru tercipta di dalam keterbatasan.

Sumber: pinterest.com

Secara harafiah, rumah dapat membentuk dua, tiga, bahkan empat lantai. Namun, tidak demikian dengan apartemen. Untuk menciptakan kesan ruang bertingkat, konsep mezzanine bisa diterapkan pada ruang apartemen dengan ketinggian lantai lebih dari 3 m. Mezzanine bisa difungsikan sebagai kamar tidur yang cukup luas dan terjaga privasinya. Atau bisa juga sebagai ruang baca dan area bersantai. Mengikutsertakan mezzanine dalam ruang pastilah seru, seolah-olah memiliki dua atau bahkan tiga lantai dalam sebuah ruang.

6. Dekorasi yang Tepat untuk Memaksimalkan Setiap Sudut Ruang

Keterbatasan lahan dan mahalnya harga sebuah apartemen menjadi alasan betapa berharga setiap jengkalnya. Tidak ada ruang yang boleh tersia-sia. Setiap sudut ruang sangat berharga. Tempatkan furniture yang minimalis dan multifungsi untuk memaksimalkan setiap sudut ruang.

Sumber: ruchidesigns.com

Tempatkan rak rendah di bawah jendela, lapisi atasnya dengan jok tipis, jadikan sebagai tempat bersantai dan membaca buku sambil melihat pemandangan. Fungsikan anak tangga sebagai rak dan kitchen island sekaligus sebagai meja makan.

7. Dekorasi Pintu dan Jendela

Pada prinsipnya, keberadaan pintu dan jendela di rumah dan di apartemen sama-sama untuk view, sirkulasi udara, dan pencahayaan alami. Posisi, ukuran, dan bentuk jendela di rumah bisa ditentukan sejak awal desain dan bisa diubah jika memerlukan renovasi. Sayangnya, jendela apartemen sudah ada didesain oleh pihak pengelola dan tidak boleh diubah letak maupun ukurannya karena akan berpengaruh pada keseluruhan façade bangunan.

Letak perbedaan lain pada segi keamanannya. Pintu dan jendela di rumah seringkali perlu diberi teralis agar aman dari kemalingan. Sedangkan, pada apartemen yang biasanya mulai dihuni sejak lantai 3 ke atas, peran teralis lebih diperlukan untuk menjaga keamanan penghuni, terutama yang mempunyai anak kecil, agar tidak jatuh dari jendela. Keberadaan teralis tidak diperlukan lagi jika pihak pengelola sudah memikirkan ketinggian jendela dan keamanannya sejak awal desain gedung.

Sumber: homestylediary.com

Dekorasi jendela apartemen memang dibatasi, tapi bukan berarti terbatas. Berbagai pilihan tirai dan gorden bisa menjadi pilihan dekorasi yang fungsional sekaligus mempercantik ruang. Bayangan tirai yang terkena cahaya matahari membentuk siluet keren yang menghidupkan suasana dalam apartemen.

8. Pembatas Ruang sebagai Dekorasi

Pembatas ruang biasanya berupa tembok. Padahal ada berbagai pilihan pembatas ruang yang menjadikan ruang terasa  lega dan lebih hidup. Pembatas ruang memang berfungsi untuk menjelaskan batasan ruang yang berbeda fungsinya. Pembatas ruang juga membedakan area publik dan area pribadi. Namun, pembatas ruang yang berupa tembok akan menghabiskan cukup banyak tempat dan membuat ruang terasa lebih padat.

Sumber: homestylediary.com

Manfaatkan pembatas ruang yang lebih fleksibel, seperti tirai, ataupun dinding kaca yang tembus pandang untuk memberikan kejelasan batasan dan fungsi ruang tanpa menimbulkan kesan sempit pada ruangan.

Sumber: lesprivate.org

Kami dari Furniterus berharap setiap ide dekorasi ini dapat memancing ide-ide kreatif lainnya. Jika ada komentar atau saran lainnya, kami menerimanya dengan sangat terbuka. Nantikan dan pantau terus update terbaru serta artikel-artikel menarik lainnya! Salam Furniterus!

Artikel Lainnya: 5 Kesalahan Dekorasi Rumah Minimalis yang Kerap Dilakukan Pemiliknya

Artikel Lainnya

7 Inspirasi Desain Ruang Kerja Rumah untuk Kamu yang Produktif

Sebelum Memasang, Ketahui Plus Minus Lantai Parket

Yuk, Intip 5 Dekorasi Kamar Studio yang Cocok untuk Milenial di Perkotaan

Tips Jitu Menghemat Biaya Listrik di Apartemen

Kamar Anak Perempuan Dengan Desain Apik yang Bikin Jatuh Hati

Karpet Bulu, Tips Memilih dan Cara Perawatannya

Tren Desain Interior 2020 untuk Rumah Kaum Urban yang Dinamis

Tips Mempercantik Ruang dengan Wallpaper

7 Cara Memaksimalkan Taman Minimalis Depan Rumah Berlahan Sempit

7 Tips Cerdas Desain Kamar Tidur Anak Jangka Panjang

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !