7 Ide Dapur Cantik Sederhana untuk Rumah Mungil

Furniterus - Dapur cantik sederhana. Punya dapur dengan ukuran terbatas? Menata dapur yang sempit memang sulit karena kamu tidak memiliki ruang bergerak yang cukup. Namun, memiliki dapur kecil tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan dapur yang cantik lho. Dengan menerapkan beberapa trik untuk mengakalinya melalui desain yang tepat, dapur dengan luas terbatas juga akan terasa nyaman seperti dapur berukuran besar. Mau tahu seperti apa triknya? Yuk, pilih ide dan inspirasi dapur cantik sederhana yang paling pas dengan ukuran dapur serta karakter kamu ya.

1. Dapur cantik sederhana berbentuk U

Dapur berbentuk U
Sumber: houzz.com

Cara pertama membuat dapur cantik sederhana yang nyaman adalah dengan menggunakan kabinet berbentuk U. Bentuk kabinet seperti ini akan memberikan kamu ruang gerak yang lebih bebas di bagian tengah saat akan memasak dan menyimpan makanan. Dapur berbentuk U juga bisa memberikan kamu ruang penyimpanan yang lebih sehingga mengurangi risiko dapur yang berantakan.

Kamu pun tidak perlu melangkah jauh saat sedang memasak atau menyiapkan makanan karena seluruh peralatan yang kamu butuhkan berada di sekitar kamu. Cukup membalikkan badan ke kanan dan kiri saja, kamu sudah bisa menjangkau semua barang yang dibutuhkan.

2. Dapur cantik sederhana minimalis

dapur cantik sederhana minimalis
Minimalis (Sumber: improvenet.com)

Hampir sebagian besar rumah berukuran kecil menggunakan desain minimalis. Desain minimalis memang cocok digunakan pada berbagai ruangan mungil termasuk pada dapur. Kunci dari desain minimalis adalah penggunaan jumlah perabotan yang secukupnya dan model kabinet yang sederhana. Tanpa kehadiran banyak furniture yang rumit dan berlebihan, dapur mungil di rumahmu pun akan terasa lebih lega, bersih, dan tetap cantik.

3. Dapur skandinavian

dapur cantik sederhana skandinavian
Skandinavian (Sumber: home-designing.com)

Salah satu desain kekinian yang sangat digemari untuk berbagai gaya dan bentuk rumah adalah tema skandinavian. Bagi kamu penyuka warna netral, desain yang satu ini sangat pas untuk kamu aplikasikan. Desain skandinavian sangat erat kaitannya dengan unsur natural dan alami. Ciri khas dari interior skandinavian adalah warna netral yang ditambahkan dengan sentuhan elemen kayu.

Skandinavian biasanya mengedepakan gaya sederhana yang menjurus ke minimalis. Furniture yang digunakan pun memiliki bentuk yang ramping dengan dominasi warna putih atau kayu. Cocok banget untuk dapur cantik sederhana kamu.

Cek Juga: Katalog Mode Kitchen Set Skandinavia Furniterus

4. Dapur dengan rak terbuka

Dapur dengan rak terbuka
Rak terbuka (Sumber: houzz.com)

Penggunaan kabinet tertutup pada dapur akan membuatnya terkesan sempit dan sesak. Nah untuk menciptakan suasana yang lebih lega dan lapang, kamu bisa mengganti kabinet tertututp dengan rak dinding terbuka. Dengan menggunakan rak terbuka, ruangan pun akan terasa lebih lapang dan luas. Selain itu, ada keuntungan lain dari menggunakan rak terbuka yaitu kamu bisa menghindari perabotan dari kelembapan dan menghemat waktu saat mencari benda yang dibutuhkan. Kamu pun bisa memajang beberapa perabotan dengan tampilan yang cantik sebagai dekorasi lho.

5. Dapur dengan jendela

Dapur dengan jendela
Jendela besar (Sumber: homedit.com)

Fungsi utama dari jendela adalah sebagai sirkulasi udara dan tempat masuknya cahaya alami dari matahari. Jendela pada dapur yang berukuran kecil juga bisa membuatnya terasa lebih besar dan luas. Dapur dengan jendela akan terlihat lebih terang berkat cahaya matahari dan pandanganmu juga menjadi lebih luas ke bagian luar rumah. Tak hanya itu, kamu pun bisa membuka jendela saat memasak untuk membuang bau masakan agar tidak terkurung di dalam rumah. tambahkan juga lampu penerangan tambahan untuk kegiatan memasak di malam hari ya.

6. Dapur dengan cermin backsplash

Dapur dengan cermin backsplash
Cermin backsplash (Sumber: lookboxliving.com)

Sudah bukan rahasia lagi jika cermin bisa menyulap ruangan yang kecil menjadi lebih luas karena pantulannya. Untuk dapur, kamu bisa menggunakan cermin sebagai material backsplash yang efisien. Cermin ini akan memantulkan bayangan dari ruang sekitarnya sehingga dapur yang sempit pun bisa terasa lebih luas. Tak perlu khawatir meletakkan cermin di area dapur, cermin bisa dengan mudah kamu bersihkan dari minyak dan bahan makanan lain yang terciprat saat memasak.

7. Dapur cantik sederhana bawah tangga

dapur cantik sederhana dengan cermin backsplash
Bawah tangga (Sumber: homecrux.com)

Tak punya area yang cukup untuk membangun dapur cantik? Kamu bisa memanfaatkan area kosong di bawah tangga untuk diubah menjadi dapur yang fungsional. Walaupun sederhana, dapur di bawah tangga juga bisa tampil cantik dengan pemilihan kabinet dan warna yang natural. Tambahkan pencahayaan yang cukup agar dapur tidak terkesan gelap dan kotor.

Ide dapur cantik sederhana mana yang paling menarik perhatian kamu? Jangan lupa untuk menyesuaikan gaya dapur dengan ukuran ruangan dan desain keseluruhan rumah ya.

Artikel Lainnya: 7 Tipe Dapur Yang Wajib Kamu Tahu !

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Ide Taman Minimalis untuk Apartemen di Jakarta

8 Desain Interior Rumah yang Kamu Wajib Tahu

6 Desain Kitchen Set Kayu untuk Dapur Elegan

Interior Apartemen untuk Keluarga Muda yang Dinamis

4 Momen Paling Tepat Membeli Furniture Apartemen

6 Trik Karpet Ruang Tamu untuk Buat Ruangan Lebih Hangat

Cara Memilih Cat Kamar Tidur yang Tepat

Lampu Gantung Kekinian yang Minimalis dan Modern

7 Desain Dapur Unik Buat Memasak Lebih Nyaman

7 Inspirasi Dapur Bawah Tangga yang Hemat Ruang

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !