Cara Menata Dapur yang Tepat dan Nyaman

Furniterus -

Malas memasak, kendala ini kini menghantui kaum urban. Di tengah kesibukan aktivitas kehidupan modern yang menuntut semuanya serba teratur dan cepat, kegiatan memasak kian ditinggalkan karena memakan waktu dan merepotkan. Memang, kegiatan memasak membutuhkan waktu, mulai dari mempersiapkan bahan masakan, menyediakan tempat penyimpanannya, tempat mengolah, hingga membersihkan dapur.

Menata Dapur
Menata Dapur Agar Terasa Nyaman (Sumber: schueller.de)

Tetapi sebenarnya, semua “kerepotan” yang harus dihadapi di dapur, dapat diminimalisir dengan penataan dapur yang tepat. Jika setiap peralatan yang akan digunakan untuk memasak ditata dengan teratur dan rapi, pasti tidak ada waktu terbuang untuk mencari-carinya dan kegiatan memasak jadi lebih menyenangkan. Bagaimana cara menata dapur yang tepat agar rapi dan suasana memasak terasa nyaman? Ini tipsnya!

1. Perhatikan Kebiasaan Memasak Saat Menata Dapur

Memang secara umum, kebiasaan memasak setiap orang hampir sama. Mengambil bahan masakan, mencucinya, memotong, mengolah, menyajikan, dan membersihkan semua peralatan. Namun ada kebiasaan khusus yang harus diperhatikan secara detail. Juru masak bertangan kidal akan lebih nyaman berada di dapur yang perlengkapannya berada di sebelah kiri. Juru masak bertubuh pendek, tentu merasa nyaman jika semua perlengkapan dapur yang sering dipakai berada dalam jangkauannya.

Menata Dapur
Kebiasaan Memasak dan Cara Menata Dapur (Sumber: schueller.de)

Ada lagi yang lebih sering menggunakan panci daripada wajan. Sebaiknya, panci berada lebih dekat ke kompor daripada wajan. Letakkan peralatan dapur yang jarang dipakai atau yang mudah pecah dan ingin dihindarkan dari jangkauan anak-anak di lemari gantung atau kitchen set bagian atas. Hal-hal detail seperti ini harus jelas sebelum perancangan dapur dimulai dan harus diakomodir agar kegiatan memasak hemat waktu dan nyaman.

2. Kelompokkan Peralatan Dapur Sesuai Jenis, Ukuran, dan Warnanya

Selain mempermudah pencarian saat hendak digunakan, mengelompokkan peralatan dapur sesuai jenis dan ukuran secara otomatis menciptakan estetika dapur.

Piring makan, piring kue, mangkuk, gelas, dan cangkir yang diletakkan berdekatan akan mempermudah juru masak saat akan memilih penggunaannya.

Menata Dapur
Pengelompokan Peralatan Memudahkan Menata Dapur (Sumber: archiexpo.fr)

Letakkan ukuran terbesar di bagian paling bawah, urutkan dari besar ke kecil. Lebih apik lagi jika koleksi dining ware dengan motif dan warna yang sama diletakkan satu susun.

Lakukan pengelompokkan pada semua peralatan dapur yang dimiliki agar mobilitas lebih efisien dan dapur tertata rapi.

3. Manfaatkan Pintu Kabinet Dapur Sebagai Penyimpanan

Sebaiknya, wajan dan panci berukuran besar diletakkan di paling bawah agar lebih mudah diambil. Susun wajan dan panci dari paling besar ke kecil agar rapi dan hemat ruang karena ukuran kecil dapat masuk ke ukuran yang lebih besar.

Menata Dapur
Menata Dapur dengan Memanfaatkan Pintu Kabinet (Sumber: schueller.de)

Kabinet dapur akan lebih optimal pemanfaatannya dengan menyediakan tempat di pintu kabinet untuk menyimpan tutup panci. Selain itu, menyimpan tutup panci dekat dengan pancinya akan memudahkan pencarian.

4. Optimalkan Pemakaian Ruang di Bawah  Sink

Menata Dapur
Cerdas Menata Dapur (Sumber: ljndawson.org)

Pipa pembuangan sink yang berkelok-kelok berpotensi terbuang. Siasati sebagai area penyimpanan perlengkapan pembersih dapur. Spons cuci piring, lap, sikat, dan sabun cuci, dapat diletakkan di ruang ini.

5. Pull Out Swivel Storage untuk Kabinet Sudut 

Menata Dapur
Menata Sudut Dapur (Sumber: sublimegroup.com.au)

Dapur tipe L dan tipe U biasanya bermasalah dengan kabinet di bagian sudut. Seringkali bagian sudut dibiarkan terbengkalai dan kosong karena dirasa sulit mengambil barang yang tersimpan di dalamnya. Manfaatkan pull out swivel storage yang dapat mengisi ruang “mati”dengan optimal.

6. Perbanyak Laci Dalam Kabinet agar Dapur Tertata Rapi  

Kitchen set bagian bawah mudah diakses. Buatlah laci-laci sesuai pengelompokan alat dapur. Ukurlah tinggi peralatan dapur yang akan disimpan di dalamnya. Sesuaikan dengan modul-modul estetika. Penerapannya begini, tinggi kitchen set bawah standarnya 75 cm, jadi buatlah modul dengan tinggi laci berkelipatan 5 cm. Misalnya modul 10-15-20-30. Laci paling atas untuk sendok, garpu, sumpit, dan pisau. Laci di bawahnya untuk piring dan mangkuk, berikutnya untuk gelas, dan paling bawah untuk panci.

Menata Dapur
Kabinet yang Rapi Memudahkan Penataan Dapur (Sumber: archiexpo.fr)

Laci juga tidak perlu tersusun ke bawah. Bisa juga ke samping agar mudah mengambilnya tanpa perlu membungkuk atau jongkok. Tempatkan peralatan yang paling sering dipakai di laci paling atas.

7. Buatlah Sekat di Dalam Laci  Saat Menata Dapur

Sekat-sekat pembatas yang dibuat di dalam laci, terutama tempat menyimpan perkakas dapur berukuran kecil, akan mempermudah akses dan menghemat waktu karena mudah mencarinya. Sama seperti membuat modul untuk ukuran laci agar sesuai dengan estetika kitchen set secara keseluruhan, buatlah sekat pembatas dalam laci sesuai kebutuhan ukuran perkakas yang akan disimpan di dalamnya.

Menata Dapur
Laci Kabinet untuk Menata Dapur (Sumber: archiexpo.fr)

Misalnya, pada laci penyimpanan sendok, garpu, dan sumpit, pakailah ukuran sendok dan garpu kecil sebagai patokan. Buatlah sekat dengan ukuran satu setengah kali ukuran sendok dan garpu kecil untuk sendok dan garpu biasa, dan dua kali untuk ukuran sumpit.

Atau beli saja sekat yang sudah jadi yang banyak dijual di pasaran. Namun, tetap saja, pilih sesuai kebutuhan serta banyaknya jenis dan jumlah peralatan yang akan disimpan. Ingat pula untuk mengukur ukuran bagian dalam laci sebelum membeli sekat yang sudah jadi.

8. Manfaatkan Dinding dan Backsplash untuk Menata Dapur

Selain mengoptimalkan kitchen set agar dapur tertata rapi, dinding dapur dan backsplash juga dapat menjadi area penyimpanan sekaligus elemen estetika yang mencirikan “kehidupan” yang berlangsung di dalam dapur.

Menata Dapur
Dinding Dapur yang Tertata Rapi (Sumber: czmcam.org)

Segera cuci wajan dan panci setelah selesai digunakan. Keringkan agar tidak ada bercak tanda air di permukaannya. Gantung di dinding menggunakan railing stainless steel dengan kaitan yang mudah digeser sesuai ukuran peralatan yang digantung. Atau peg board dengan gantungan yang bisa dipindah-pindah sesuai kebutuhan. Kilau wajan aluminium dan legamnya bahan teflon dapat disusun dan dijadikan elemen warna yang estetis. Atau, susunan panci dari ukuran kecil ke besar dapat dijadikan gradasi elemen visual.

Artikel Lainnya: Prinsip Menata Peralatan Dapur agar Nyaman Saat Memasak

9. Toples Bumbu Membuat Dapur Terlihat Apik  

Warna-warni bumbu dapur, lada putih yang coklat kekuningan, legamnya lada hitam, pala, cengkeh, dan kembang lawang dengan warna coklat gelap yang apik, oregano, dan aneka bumbu lainnya, hingga merahnya bubuk cabe, dapat dijadikan elemen estetika dapur. Tidak hanya membuat dapur tertata rapi dan mudah diakses saat dibutuhkan, deretan toples bening berisi bumbu aneka warna, membuat dapur tampak lebih dinamis.

Menata Dapur
Menata Dapur dengan Menyenangkan (Sumber: cheercrank.com)

Bagaimana pun cara dan desain yang dipilih untuk menata dapur, satu hal yang perlu diingat, dapur adalah “jantung rumah” yang menyediakan berbagai kelezatan, membuat pepatah “dari perut, jatuh ke hati” menjadi kenyataan. Tatanan dapur setiap rumah pastilah unik sesuai kebiasaan sang juru masak. Jadi, pastikan penataan dapur yang senyaman mungkin lewat desain yang otentik. Konsultasikan kebutuhan desain dapur Anda bersama Furniterus. Berbagai desain interior, kitchen set hingga lemari pakaian yang bisa di-custom akan dihadirkan sesuai kebutuhan dan keinginan customer.  

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Kamar Mandi Terasa Sumpek? Terapkan 7 Cara Menata Kamar Mandi Kecil Ini

7 Ide Desain Kitchen Set Minibar untuk Milenial

7 Motif Keramik Kamar Mandi yang Cocok untuk Milenial

7 Cara Mudah Merapikan Lemari Pakaian agar Enak Dilihat

6 Variasi Tipe Ukiran Tradisional yang Bisa Kamu Aplikasikan pada Rumah

10 Desain Dapur Minimalis yang bisa Menjadi Inspirasimu

6 Cara Merawat Wallpaper agar Kecantikannya Tetap Terjaga

Tips Menata Apartemen Studio agar Ruang Tampak Luas

7 Ide Memilih Plafon Kamar untuk Tidur Lebih Nyenyak

7 Dekorasi Kamar Minimalis dan Elegan yang Cocok untuk Kaum Millenial

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !