10 Cara Buat Apartemen Terkesan Mewah Tanpa Dana Melimpah

Furniterus - Membuat apartemen minimalis agar tampak mewah memang butuh trik. Luas apartemen, furniture, dan berbagai anggaran hanyalah segelintir di antara sekian banyak hal yang wajib dipertimbangkan. Kamu pun masih harus menentukan desain yang tepat—elegan, high-end namun tidak berlebihan. Asal tahu caranya, kamu bisa mewujudkan impianmu punya apartemen mewah tanpa harus mengeluarkan dana besar kok. Coba beberapa cara mudah berikut ini, yuk!

Sumber: webbird.com

1. Pemilihan warna

Memilih warna cat ruangan memang gampang-gampang susah. Jika kamu ingin menampilkan kesan mewah, ada beberapa warna yang dapat langsung menyulap apartemen minimalismu, lho!

Ada dua tipe corak warna yang bisa kamu pilih, yaitu bold dan dramatis, atau netral dan lembut. Keduanya bisa menciptakan tampilan sederhana namun mewah. Kamu hanya perlu menyesuaikan corak pilihanmu dengan karakter yang ingin kamu bangun.

Warna putih dipadukan dengan furnitur kayu akan memberi ilusi lapang, mewah, serta elegan. Cara lainnya yang bisa kamu coba adalah memilih dekorasi atau aksesori berwarna hitam di dalam ruangan.

Artikel Lainnya: 7 Tips Memilih Cat Tembok untuk Apartemenmu

2. Aksesoris

Selain warna cat, aksesoris ruangan juga merupakan elemen dekorasi yang paling tricky. Ada hunian yang memiliki aksesoris terbatas, sehingga nampak kosong. Ada pula hunian yang justru setiap sudutnya tidak lepas dari aksesoris, yang tentu menambah budget dekorasi. Keduanya harus diseimbangkan, yaitu dengan memilih aksesoris bernuansa keemasan.

Sumber: rent.com

Nuansa keemasan akan langsung menghidangkan suasana elegan di apartemen minimalismu. Eits, tapi jangan sampai terlalu banyak aksen emas dalam satu ruangan ya! Jika kamu meletakkan bingkai foto, lampu, dan hiasan meja berwarna emas sekaligus di ruangan yang sama, tentu akan menyakitkan matamu. Bahkan, dekorasi ruangan nampak jadi murahan dan menghilangkan kenyamanan. Tidak mau hal ini sampai terjadi kan? Guna menyiasatinya, kamu bisa memadukan dengan aksesori berwarna silver, nikel, atau krom yang coraknya lebih lembut tanpa mengurangi kesan mewah.

3. Cermin

Sumber: pinterest.com

Selain membuat ruangan terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya, kehadiran cermin juga menimbulkan kesan mewah, lho. Kamu bisa memilih cermin dengan berbagai bentuk, ukuran, dan gaya yang sesuai selera serta budget-mu.

4. Jendela bertirai

Tirai merupakan salah satu dekorasi yang paling mudah ditambahkan untuk hadirkan kesan mewah. Dengan berbagai variasi jenis dan harga, pilihlah tirai dengan kualitas terbaik. Sebaiknya hindari tirai berbahan tipis atau transparan walau harganya memang jauh lebih terjangkau. Pilihan yang salah akan membuat kesan mewah menjadi sirna seketika.

Sumber: pinterest.com

Kamu bisa pilih jenis tirai yang terbuat dari material sutra, katun, atau linen. Jika kurang suka tirai jenis drapery, tirai bambu atau kayu bisa menjadi alternatif. Dengan tirai ini, pastikan nuansa apartemenmu tampak didesain secara matang.

Setelahnya, gantung tirai sedekat mungkin dengan plafon untuk menciptakan ilusi ruangan tinggi nan mewah. Sebaliknya, jika tirai digantung tepat di atas jendela, ruangan akan terkesan kurang menarik dan biasa saja.

5. Karya seni

Elemen seperti karya seni juga bisa membuat ruangan terlihat mewah. Kamu perlu menciptakan focal point dengan menggantung karya seni berukuran besar pada salah satu bagian dinding di ruang tamu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan meja dan kursi berbentuk unik, hiasan bergaya vintage peninggalan keluarga, atau lukisan dan poster kanvas berukuran besar di ruang keluarga. Psst, kamu bisa mendapatkan lukisan atau karya seni lainnya dengan harga miring di toko barang-barang bekas!

Jika ingin lebih menekan budget lagi, kamu juga bisa berkreasi dan membuat sendiri kok. Susun hiasan-hiasan dinding kecil menjadi pajangan yang unik. Hasil kerajinan sendiri tentu akan lebih otentik juga, bukan? Trik ini akan menciptakan fokus ruangan yang mengagumkan. Pada intinya, hindari ruangan monoton dengan menampilkan elemen-elemen berbentuk/bersiluet unik yang menarik.

6. Bunga segar

Sumber: mercegost.com

Apartemen bisa terlihat mewah dan semakin menawan dengan menambahkan bunga segar. Untuk berhemat, kamu bisa memilih bunga yang mampu bertahan cukup lama di dalam ruangan.

7. Statement chair

Jika kurang menyukai bunga, kamu bisa menggunakan statement chair untuk menonjolkan karakter pada ruangan. Statement chair ini bisa berupa kursi dengan bentuk, warna, maupun corak yang unik.

8. Pencahayaan

Pencahayaan memiliki peran yang signifikan untuk meningkatkan nuansa elegan. Pastikan setiap area memiliki pencahayaan yang berkarakter kuat. Jatuhkan pilihan pada lampu gantung atau lampu lantai dengan desain yang tidak biasa. Lampu dengan bentuk unik akan menambah kesan mewah karena bisa berperan ganda, yaitu sebagai karya seni.

Sumber: homedesigning.com

Tidak berhenti di situ, kamu pun bisa menambahkan beberapa sumber pencahayaan sekaligus dalam satu ruangan. Selain menghindari efek suram, sumber pencahayaan lampu yang variatif pun dapat menambah kesan klasik dan elegan.

9. Pemanfaatan tekstil

Satu hal penting pada ruang tamu yang mewah adalah pilihan elemen yang ada di dalamnya. Kamu bisa menyesuaikan tampilan ruang dengan menggunakan tekstil yang antik dan berkesan unik pada bantal sofa. Kamu juga dapat memanfaatkan material tekstil unik lainnya sebagai dekorasi.

10. Statement chair

Sumber: decordove.com

Apartemen mewah selalu tampil chic serta rapi. Oleh karenanya, jangan sampai ruangan terlihat berantakan dan harus selalu tertata dengan baik. Kamu bisa mulai dengan membuang sampah, kardus, dan segala elemen yang dirasa mengganggu estetika ruangan. Selain itu, cobalah minimalisir aksesori, dan pertahankan yang benar-benar penting saja. Ruangan yang sederhana akan memungkinkan setiap elemen yang ada terkesan mewah.

Artikel Lainnya: Desain Interior Apartemen ala Milenial: Super Cozy tapi Budget Terjangkau

Nah, demikianlah 10 cara yang bisa kamu coba untuk mendekorasi apartemen mungilmu agar mewah tanpa menguras kantong. Bagaimana, cukup sederhana dan mudah diaplikasikan, bukan? Semoga artikel ini memberi inspirasi baru dalam mempercantik hunian impianmu ya! Apabila kamu punya trik lain yang tidak kalah unik dan mudah, silakan berbagi di kolom komentar ya.

Ga mau ketinggalan kan pastinya di tips and trik lainnya dari kami Furniterus, terus stay tuned ya dan terus semangat mengisi apartemen mu biar tambah nyaman!

Project Pilihan Untukmu

Artikel Lainnya

8 Desain Interior Rumah yang Kamu Wajib Tahu

10 Cara Buat Apartemen Terkesan Mewah Tanpa Dana Melimpah

8 Inspirasi Dapur Cantik yang Hemat Ruang di Apartemenmu

6 Model Keramik Dapur yang Disukai Generasi Muda

Tips Desain Kamar Tidur Anak yang Digunakan Bersama agar Nyaman

Yuk, Intip 5 Dekorasi Kamar Studio yang Cocok untuk Milenial di Perkotaan

5 Model Rak Piring Gantung Untuk Dapur Lebih Rapih dan Bersih

Prinsip Menata Peralatan Dapur agar Nyaman Saat Memasak

Sebelum Memasang, Ketahui Plus Minus Lantai Parket

Tips Memilih Kaca Kamar Mandi sebagai Partisi yang Keren

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !